Cara reset hp Samsung
Source : ohayo.co.id

Update, Cara Reset HP Samsung Paling Praktis Semua Tipe

Posted on

GihPhone.com – Samsung adalah vendor asal Korea Selatan yang mendapat julukan sebagai rajanya ponsel android, hal ini memang bukan tanpa alasan, pasalnya vendor ini juga terus memberikan inovasi serta berbagai jenis smartphone baru dipasaran dengan banyak versi, mulai dari harga paling murah hingga paling mahal tersedia.

Nah jika kalian kebetulan pengguna hp Samsung, yang namanya perangkat elektronik menjadi sesuatu yang wajar apabila mengalami masalah atau error, untuk itu pada kesempatan kali ini kita ingin berbagi informasi tentang cara reset hp Samsung J2 Prime, J1, J5, A10, J7 Prime, J4, Grand Prime, dan tipe hp Samsung lainnya kepada kalian semua.

Cara recovery mode hp samsung
Source : dewailmu.id

Kenapa Harus di Reset ?

Mungkin sudah banyak pengguna hp android mengenai cara reset smartphone ini. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengembalikan pengaturan atau setelan dari dalam ponsel seperti pada saat beli. Tidak hanya pengaturannya saja, namun performa yang dimiliki oleh perangkat tersebut bakal sangat ngebut dan lancar tanpa ada nambatan nantinya.

Biasanya, melakukan hard reset / factory reset ini dilakukan pada saat ada masalah pada hp Samsung kalian, mulai dari performanya yang lemot, banyak aplikasi yang crash, atau bahkan smartphone macet yang pastinya membuat kalian sangat bête, terlebih saat itu smartphone sangat dibutuhkan.

Beberapa masalah diatas bisa terjadi karena memang banyak faktor, namun yang paling banyak adalah karena adanya bug maupun virus yang menyebabkan masalah ini. Untuk itu dengan melakukan Factroy Reset atau Hard Reset tersebut, maka bisa menghapus semua sumber masalah tersebut dengan satu langkah saja.

Untuk cara reset hp Samsung yang kita bagikan dibawah ini berlaku untuk semua hp Samsung dri segala tipe, mulai Samsung J Seris, Samsung S Series, Samsung A Series, Samsung Galaxy Duos, hingga smartphone lawas Galaxy Grand Prime juga bisa diatasi.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Reset HP

Namun ada hal penting yang harus kalian pahami, dimana saat melakukan hard reset ini tidak hanya aplikasi maupun virus sumber masalah saja yang hilang. Namun sejumlah data kalian seperti foto, video, kontak, dokumen, music, dan lain sebagainya yang tersimpan di memori internal juga bakal ikut terhapus.

Solusinya ialah dengan melakukan backup data hp Samsung kalian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan hard reset tersebut, agar nantinya file penting kalian yang tersimpan didalam memori internal bisa terselematkan.

Untuk membackup file ini, kalia bisa memindahkannya kedalam microSD, hard disk, flash disk, maupun menggunakan penyimpanan Cloud yang dimiliki oleh Google. Dengan begini, maka data penting kalian pun bakal aman dan bisa diakses lagi setelah proses Factory Reset selesai.

Sekedar mengingatkan juga, jika kalia menyimpan data di hp Samsung ini kedalam microSD, jangan lupa untuk melepasnya dulu sebelum proses hard reset dilakukan. Meskipun proses ini hanya membersihkan memori internal saja, namun sebagai jaga-jaga siapa tahu nanti juga melakukan pembersihan didalam microSD juga nanti. Jika semua persiapan ini sudah selesai, langsung saja kita mulai cara melakukan hard reset tersebut dibawah ini.

      KETAHUI JUGA !!!

Cara Masuk ke Recovery Mode

  • Secara umumnya, untuk cara masuk kedalam Recovery Mode hp Samsung yakni
  • Matikan dulu smartphone Samsung kalian
  • Pada saat sudah mati, setelah itu silahkan tekan tombol Home + Power+ Volume Atas, setelah itu lepaskan jika logo Samsung sudah muncul
  • Tunggu beberapa saat, hingga menu Recovery Mode muncul
  • Seperti biasa, untuk melakukan navigasi kalian bisa menggunakan tombol volume atas dan bawah, dan menggunakan tombol Home atau Power untuk memilih

Cara Reset HP Samsung Dengan Recovery Mode

  • Setelah berhasil masuk kedalam menu Recovery Mode diatas, maka silahkan anda memilih menu Wipe Data/Factory Reset dan pilih Yes
  • Selanjutnya, tunggu proses Factory Reset hingga selesai, biasanya proses ini hanya menghabiskan waktu beberapa detik saja.
  • Jika proses ini berhasil, maka nantinya bakl muncul notifikasi –Set Factory Reset Done, Data Wipe Complete
  • Terakhir, silahkan pilih menu ‘Reboot System Now’ untuk mereset hp Samsung kalian nantinya dan menyelesaikan proses
  • Berbeda dengan Factory Reset tadi, untuk proses ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 10-15 menit. Hal ini cukup wajar, karena memang smartphone sedang menyusun data didalamnya
  • Jika sudah selesai, maka yang terakhir kalian bakal diminta melakukan sejumlah pengaturan dasar seperti tema, bahasa, waktu, dan lain sebagainya seperti yang kalian butuhkan nanti.
  • Selesai

Jika proses ini sukses, maka cara reset hp Samsung yang kalian lakukan diatas tadi sudah selesai, dan silahkan coba jalankan smartphone kalian, maka dijamin bakal mulus seperti pada saat pertama kali membelinya dahulu.

Perbedaan Factory Reset dengan Hard Reset

Factory Reset ataupun Hard Reset sebenarnya memiliki kesamaan dapat mengembalikan smartphone keposisi awal (seperti kali pertama beli baru). Namun, factory reset dan hard reset memiliki metode atau cara yang berbeda. Factory reset dapat dijalankan jikalau smartphone masih bisa digunakan, sementara hard reset digunakan jika smartphone blank tidak bekerja maka bisa dengan kombinasi tombol. Keduanya tentu memiliki plus dan minus bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Pastikan Baterai di Atas 80%

Untuk berjaga-jaga agar proses reset berhasil tidak mati ditengah jalan, pastikan kondisi baterai normal dan masih berada pada prosentase di atas 80%. Karena terkadang proses reset membutuhkan waktu cukup lama. Tergantung dari banyak data yang tersimpan dalam smartphone.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan yang bisa kita bagikan kali ini, semoga apa yang kita sampaikan diatas tadi bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian semua. Jangan lupa untuk membagikan (share) artikel ini bila perlu, agar nantinya juga bisa bermanfaat untuk orang lain. terimkasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *