Cara reset hp lenovo

Update, Cara Reset HP Lenovo Paling Praktis Semua Tipe

Posted on

GihPhone.com – Lenovo adalah brand smartphone yang berasal dari Tiongkok, dimana brand satu ini namanya sudah sangat populer di pasaran global, salah satunya di Negara Indonesia. Maka tidak heran jika masyarakat yang menggunakan smartphone ini untuk menemani aktifitas mereka sehari-hari.

Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin berbagi informasi kepada kalian semua tentang cara reset hp Lenovo A1000, A6000, A319, A7000 dan tipe hp Lenovo lainnya yang perlu diketahui. Ingat, setiap vendor pastinya memiliki cara atau tehnik sendiri-sendiri dalam melakukan reset tersebut, tak terkecuali dengan hp Lenovo.

Cara hard reset hp Lenovo

Kenapa Harus di Reset ?

Ya meskipun sebagian besar caranya sama, namun ada beberapa bagian mungkin yang berbeda, dan hal itu terkadang membuat pengguna smartphone bingung untuk melakukannya. Melakukan reset pada hp Lenovo ini biasanya dilakukan sebagai langkah pertama untuk menyelesaikan berbagai masalah didalamnya, mulai dari smartphone lelet, aplikasi crash, atau baterai yang cepat panas atau boros.

Ada banyak kemungkinan penyebab dari masalah tersebut terjadi, untuk itu dengan melakukan reset ini nantinya diharapkan semua penyebab dari masalah tersebut bisa teratasi dan smartphone bisa berfungsi seperti sedia kala. Pentingnya perangkat smartphone dalam kehidupan sehari-hari inilah yang memaksa para pengguna melakukan hal tersebut agar nantinya tidak mengganggu aktifitas mereka.

Untuk melakukan reset hp Lenovo ini kita ada dua cara, yakni Factory Reset dan Hard Reset, dimana kedua cara ini bisa kalian lakukan secara bergantian apabila cara yang pertama gagal. Baiklah langsung saja kita mulai ulasanya dibawah ini.

Cara Reset Hp Lenovo Dengan Factory Reset

Metode reset yang satu ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan, pasalnya kita tinggal memanfaatkan sejumlah menu yang ada didalam menu setelan di hp Lenovo saja. Namun seperti biasa, sebelum kalian melakukan Factory Reset ini, ada baiknya melakukan backup data terlebih dahulu sebagai langkah antisispasi agar nantinya file penting tidak hilang. Jika sudah silahkan mulai caranya dibawah ini;

  • Langkah pertama, silahkan buka menu setelan / pengaturan didalam hp Lenovo kalian
  • Scroll kebawah dan cari menu ‘Buat Cadangan & Setel Ulang Perangkat’
  • Lalu pilih menu ‘Kembalikan ke pengaturan pabrik’
  • Selesai

Perlu di ingat ya, metode atau cara diatas ini dilakukan pada sistem operasi Android 5.1 Lolilpop, jika kemungkinan anda menggunakan OS terbaru kemungkinan caranya sedikit ada perbedaan, tinggal menyesuaikannya saja.

      KETAHUI JUGA !!!

Cara Reset HP Lenovo dengan Hard Reset

Factory Reset merupakan cara yang sangat mudah untuk mengembalikan performa dari smartphone, namun banyak yang mengatakan jika cara diatas tadi dirasa masih belum bisa maksimal hasilnya. Lalu solusi apa untuk melakukannya?

Untuk cara reser hp Lenovo selanjutnya kali ini kita akan menggunakan metode hard reset, dimana kita akan memanfaatkan menu Recovery Mode didalam hp Lenovo untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Nah sebelum melakukan metode yang satu ini, ada baiknya kalian melakukan backup data terlebih dahulu seperti biasa. Tapi jangan lupa untuk melepas memori eksternal microSD kalian ya, dikhawatirkan nanti memori kalian bakal ikut terkena reset dan semua data didalam memori akan hilang, tentu tidak mau kan hal ini terjadi? Jika persiapan sudah selesai, kini langsung saja kita mulai caranya dibawah ini.

  • Silahkan matikan dulu hp Lenovo kalian, karena untuk bisa masuk kedalam Recovery Mode
  • Jika sudah, silahkan tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan, tahan beberapa detik hingga nantinya muncul logo Lenovo, maka kalian bakal masuk kedalam menu Recovery Mode
  • Selanjutnya untuk proses melakukan hard reset, silahkan pilih ‘Wipe Data / Factory Reset’.
  • Untuk melakukan navigasi silahkan kalian gunakan tombol voume up / down, dan menggunakan tombol power untuk memilih
  • Lalu silahkan pilih menu Yes – Delete All User Data
  • Tunggu hingga proses Hard Reset di hp Lenovo kalian selesai
  • Jika sudah, maka silahkan lakukan ‘Wipe Cache Partition’ untuk membersihkan berbagai file sampah yang ada didalam hp Lenovo kalian agar nantinya tidak menyebabkan bug yang mengganggu
  • Selanjutnya silahkan Reboot atau Restart hp Lenovo kalian untuk menyelesaikan semua prosesnya tadi dan menjadikan smartphone kembali lancar seperti pada saat pertama kali membelinya
  • Selesai

Nah itu tadi tahap atau cara hard reset pada hp Lenovo yang bisa kalian coba terapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada didalamnya. Adapun jika masalah tersebut tidak teratasi, maka langkah terakhir kalian bisa melakukan Flash smartphone, namun hal ini perlu kalian bawa kepada tukang service HP saja nantinya.

Perbedaan Factory Reset dengan Hard Reset

Factory Reset ataupun Hard Reset sebenarnya memiliki kesamaan dapat mengembalikan smartphone keposisi awal (seperti kali pertama beli baru). Namun, factory reset dan hard reset memiliki metode atau cara yang berbeda. Factory reset dapat dijalankan jikalau smartphone masih bisa digunakan, sementara hard reset digunakan jika smartphone blank tidak bekerja maka bisa dengan kombinasi tombol. Keduanya tentu memiliki plus dan minus bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Kondisi Baterai Harus 80%

Oh iya perlu kita ingatkan kembali dan tak kalah penting, sebelum melakukan cara reset hp Lenovo diatas, pastikan jika baterai smartphone kalian masih mencukupi, minimal 80%. Hal ini sebagai antisipasi agar nantinya pada saat proses reset smartphone tidak mati, karena sangat berbahaya. Selain itu proses reset ini sendiri durasi waktunya tidak menentu, tergantung berapa banyak file didalam hp Lenovo kalian nantinya.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kita kali ini, semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa mengatasi masalah kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kalian agar nantinya juga bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *