Cara backup aplikasi ke google drive sebelum reset hp android
Source : hpsultan.com

Paling Aman, Inilah 5 Cara Backup Data Sebelum Reset HP

Posted on

GihPhone.com – Untuk cara backup data sebelum reset hp sebenarnya sangatlah mudah, namun bagi kalian pengguna baru smartphone maupun tablet android, tentu cara ini bisa dikatakan rumit atau membingungkan, terlebih bagi kalian yang memang takut untuk mengotak-atik ponsel pribadi.

Biasanya seseorang melakukan reset kepada smartphone maupun tablet miliknya apabila ponsel tersebut kinerjanya memang sudah tak secepat dahulu atau lemot, sering mengalami error pada sejumlah aplikasi didalamnya, baterai jadi boros, atau kesulitan membuka aplikasi tertentu karena mengalami crash.

Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa perlu melakukan backup data sebelum reset hp? Bagi kalian yang belum paham, hal in memang sangat penting dilakukan agar nantinya kita bisa mengembalikan atau melakuan restore ulang mengenai data aplikasi maupun pengaturan yang pernah kita buat secara lebih mudah.

Pastinya kalian tahu jika melakukan kustomisasi atau pengaturan didalam smartphone memakan waktu yang tidak sebentar, jadi kalau harus mengulangnya lagi dari awal sepertinya kalian tidak mau menghabiskan waktu untuk itu.

Cara backup data sebelum reset hp android

5 Cara Backup Data Sebelum Reset HP Yang Bisa Dicoba

Kami berasumsi, jika beberapa diantara anda pasti sudah menduga kami akan melakukan backup data dan root? Tentu tidak karena pada intinya kita akan menjelaskan untuk melakukan backup data dengan aman. Dan perlu di ingat, jika apa yang akan kita lakukan ini hanya untuk smartphone android yang belum memiliki akses root sebelumnya.

#1 Menggunakan Akun Google

Untuk cara backup data sebelum reset hp yang pertama kali ini kita akan memanfaatkan akun Google yang sudah ada didalam smartphone. ini merupakan sebuah fitur yang terdapat didalam semua jenis ponsel android, mulai dari ICS, Jelle Bean, hingga versi yang paling baru.

Perlu diketahui, jika akun Google yang terdapat didalam smartphone itu menyimpan banyak sekai data terhadap aplikasi apapun yang sudah anda install didalam smartphone. Dengan melakukan backup data ini, maka nantinya jika kalian melakukan login lagi dengan akun Google yang sama, maka semua data yang sebelumnya tersimpan bakal secara otomatis terinstall ulang lagi. Keren kan?

Untuk melakukan back up data dengan akun Google ini sangatlah mudah, silahkan buka menu Setting didalam hp android. Lalu buka menu Accounts >> pilih Google Account >> centang semua yang ingin di sinkronkan. Tunggu sejenak hingga semua data kita sudah berhasil di upload kedalam server Google. setelah itu klik menu setting >> backup & reset >> beri tanda centang pada Back up my data dan Automatic restore. Selesai

#2 Menggunakan Local Backup

Mengingat begitu pentingnya sebuah data, sekarang para vendor smartphone telah membekali fitur backup dan restore. Terlebih pencadangan ini menggunakan system cloud. Dimana dengan ini, akan lebih memduahkan para pengguna dalam pencadangan data yang penting. Besar kapasitas yang disediakan juga tidak sedikit, biasanya lebih dari dari 5GB.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, biasanya pengguna harus membuat akun terlebih dahulu pada smartphonenya. Setelah berhasil, maka bisa melakukan sincronisasi data baik kontak telepon, pesan, foto, video, dan catatan-catatan penting lainnya.

Langkah melakukan backup pun juga tidak terlalu sulit, namun letak tools ini berbeda-beda pada setiap smartphone. Biasanya pada Setting >> Aditional Setting >> dan cari Backup and Restore

Kelemahan menggunakan cara ini adalah, kalian harus hafal user dan password akun smartphone.

      KETAHUI JUGA !!!

Cara backup data android ke microsd
Source : kabargames.id

#3Menggunakan MicroSD

Meski smartphone sekarang sudah menyediakan kapasitas memori internal yang besar, namun pihak smartphone juga masih menyediakan slot microSD sebagai kapasitas tambahan jika dirasa masih kurang juga. Dengan adanya microSD ini bisa dimanfaatkan untuk mencadangan beberapa file yang kalian anggap penting. Untuk caranya pun pasti kalian sudah pada paham. Tinggal melakukan pemindahan file-file ke microSD.

Kelemahan menggunakan cara ini adalah, pencadangan yang dapat dilakukan hanya file-file saja. Sementera untuk pengaturan dan beberapa settingan aplikasi tidak dapat dibackup di sini.

#4 Menggunakan Laptop/PC

Sebenarnya cara backup data android ke laptop/PC ini sudah terbilang kuno alias cara lama. Meski demikian juga masih dapat digunakan. Untuk beberapa file-file penting seperti foto, video, musik, dan file penting lainnya dapat kalian backup pada laptop/PC.

Caranya tinggal colokkan smartphone ke laptop/PC menggunakan kabel data, dan pindahkan semua file-file tersebut.

#5 Menggunaka Aplikasi Helium

Untuk cara backup data sebelum reset hp selanjutnya kali ini kita akan membutuhkan bantuan aplikasi bernama Helium. Aplikasi keren ini mampu melakukan back up data, file, pengaturan, hingga data game kalian yang sudah ada sebelumnya tanpa melakukan root. Begini caranya

  • Download dan install aplikasi bernama Helium dari Play Store di smartphone muapun tablet android yang membutuhkan back up data.
  • Selanjutnya, download dan install juga aplikasi Helium didalam PC yang akan digunakan
  • Jika sudah, maka silahkan aktifkan mode USB Debugging yang terdapat didalam hp android
  • Sambungkan hp android dengan PC menggunakan kabel USB
  • Silahkan buka aplikasi Helium yang sudah terinstall didalam PC tadi
  • Pada saat didalam hp android muncul sebuah keterangan ‘Allow USB Debugging?’ setelah itu muncul RSA Key, maka silahkan tap tombol OK
  • Selanjutnya bakalan muncul keterangan ‘Hellium has been enabled on your android’. Dimana artinya untuk proses backup data tersebut sudah siap untuk dimulai, dan silahkan ikuti saja perintah yang akan ditunjukkan nantinya.
  • Selesai.

Cara Backup Data Android Paling Aman

Tips yang bisa dilakukan untuk urusan backup data agar lebih aman adalah, gunakan dua atau tiga dari 5 cara backup data android di atas. Ya, jangan hanya satu cara saja. Untuk berjaga-jaga jika setelah reset ternyata data tidak bisa dikembalikan.

Kalian bisa mengkombinasikan beberapa cara di atas, dan pastikan data sudah benar-benar terbackup.

Gimana? Cukup mudah bukan cara yang kita bagikan kali ini? oh iya sekedar informasi tambahan saja, sebaiknya kalian cabut dulu memori eksternal sebelum melakukan reset hp tersebut. Setelah proses reset tadi selesai, maka silahkan login lagi dengan menggunakan akun Gmail yang sama untuk mengembalikan sejumlah pengaturan penting nantinya.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan tentang cara backup data sebelum reset hp yang bisa kami bagikan kepada anda semua. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *