Cara reset hp asus
Source : pandudroid.com

Update, Cara Reset HP Asus Paling Praktis Semua Tipe

Posted on

GihPhone.com – Asus adalah vendor smartphone asal Taiwan yang cukup sukses dipasaran, salah satunya Indonesia. Tidak beda jauh dengan vendor asal Tiongkok lainnya, dimana Asus juga menawarkan smartphone dengan harga relatif terjangkau namun memiliki spesifikasi mempuni untuk menemani aktifitas pengguna.

Nah dikesempatan yang baik ini, kami ingin memberikan ulasan menarik pada kalian semua tentang cara reset hp Asus. Biasanya hal ini dilakukan oleh pengguna smartphone di saat perangkat mereka mengalami masalah yang cukup mengganggu aktifitas.

Cara hard reset hp asus
Source : googleapis.com

Kenapa Harus di Reset ?

Pentingnya smartphone dalam kehidupan sehari-hari saat ini memang mau gak mau, pengguna harus bisa lebih bijak dalam menggunakannya. Merawatnya sebaik mungkin adalah salah satu cara agar usia dari perangkat tersebut bisa awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Khususnya bagi kalian yang gemar sekali browsing ataupun gonta-ganti aplikasi, rupanya hal ini memiliki efek yang tidak baik bagi keberlangsungan usia dari ponsel tersebut. Sebagus apapun hp Asus yang kalian beli, jika menerapkan hal tersebut maka ada masanya ponsel tersebut mengalami masalah nantinya.

Masalah yang seringkali dihadapi oleh sebagian besar smartphone termasuk hp Asus adalah, performa yang lelet, banyak aplikasi yang macet, atau mungkin smartphone cepat panas. Ada sejumlah alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, salah satunya adalah adanya sistem ataupun bug didalam smartphone.

Biasanya seseorang menyarankan untuk melakukan flash, namun sebaiknya anda tidak perlu melakukan hal tersebut dahulu, karena masalah ini bisa diatasi cukup dengan melakukan hard reset saja nantinya. Gimana caranya? Langsung simak dibawah ini.

Cara Hard Reset di HP Asus

Untuk cara reset hp Asus ini salah satunya kita bisa menggunakan metode hard reset atau Wipe Data dengan melalui Recovery Mode yang ada didalam hp Asus. Perlu di ingat, dengan melakukan hard reset ini maka secara otomatis semua data yang ada didalam smartphone bakalan hilang, dan nantinya semua settingan yang sebelumnya sudah kamu tentukan maka bakalan hilang juga, dan semua akan kembali menjadi setelan pabrik sama seperti kalian membeli ponsel baru.

Nah jika kalian tertarik untuk melakukan hard reset di hp Asus, maka pastikan sebelumnya jika semua data penting kalian sudah di backup kedalam memori card maupun flash disk, agar nantinya kalian tidak menyesal jika terjadi kehilangan file. Jika sudah siap, maka langsung saja kita lakukan caranya dibawah ini.

  • Langkah pertama, pastikan jika hp Asus kalian memiliki daya baterai yang mencukupi sebelum melakukan hard reset. Minimal baterai smartphone masih ada 80%, hal ini penting dilakukan agar nantinya smartphone tidak mati pada saat proses, karena bahaya dan bisa menyebabkan Bootloop
  • Setelah itu, untuk masuk kedalam Recovery Mode didalam hp Asus, caranya silahkan tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan, tahan selama beberapa detik hingga nantinya kalian masuk kedalam menu Recovery Mode
  • Selanjutnya silahkan pilih menu Wipe Data / Factory Reset. Untuk memindahkan kursor, silahkan menggunakan Volume Up Down, dan klik menu Home atau Power untuk memilih. Lakukan konfirmasi dengan memilih menu Yes – Delete All User Data
  • Tunggu hingga proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  • Jika sudah, selanjutnya silahkan coba melakukan Wipe Cache Partition guna membersihkan berbagai file sampah yang masih menempel pada hp Asus kalian
  • Setelah itu, silahkan reboot atau restart smartphone guna menyelesaikan semua tugas diatas tadi.
  • Selesai
      KETAHUI JUGA !!!

Cara Factory Reset di HP Asus

Selain menggunakan metode Hard Reset diatas tadi, ada cara reset hp Asus lainnya yakni dengan menggunakan Factory Reset. Sama seperti dengan hard reset tadi, tujuannya ialah dengan mengembalikan setelan dari hp Asus kembali menjadi standar pabrik. Cara ini memang sudah banyak dikenal, dan cara melakukannya pun gampang banget untuk diterapkan. Langsung simak caranya dibawah ini.

  • Silahkan buka menu setelan atau pengaturan didalam hp Asus kalian
  • Pilih menu Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Pilih menu Kembali ke Pengaturan Pabrik
  • Tunggu hingga prosesnya selesai

Gimana? Gampang banget bukan trik yang kita bagikan kali ini? cara diatas bisa kalian lakukan pertama kali sebelum mencoba Hard reset. Namun jika cara ini masih belum mengatasi masalah yang ada didalam hp Asus kalian, maka barulah kita melakukan hard reset untuk membersihkan berbagai masalah yang ada didalam smartphone. Tapi jika dengan melakukan cara diatas masih tidak mengatasi, maka kalian baru bisa menuju ket tukang service HP untuk melakukan tindakan flash nantinya.

Metode atau cara reset hp Asus diatas tadi ini bisa digunakan diberbagai jenis seri smartphone Asus yang ada dipasaran, mulai dari Zenfone 2, Zenfone 3, Zenfone 4, hingga seri Zenfone Go juga bisa menggunakan cara ini. jika nantinya ada sedikit perbedaan, kamungkinan perlu menyesuaikannya sedikit saja nanti.

Perbedaan Factory Reset dengan Hard Reset

Factory Reset ataupun Hard Reset sebenarnya memiliki kesamaan dapat mengembalikan smartphone keposisi awal (seperti kali pertama beli baru). Namun, factory reset dan hard reset memiliki metode atau cara yang berbeda. Factory reset dapat dijalankan jikalau smartphone masih bisa digunakan, sementara hard reset digunakan jika smartphone blank tidak bekerja maka bisa dengan kombinasi tombol. Keduanya tentu memiliki plus dan minus bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Nah mungkin cukup sekian dulu ya ulasan kita kali ini, semoga apa yang sudah kita bahas panjang lebar diatas tadi bisa bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain, agar nantinya juga bisa berguna bagi mereka, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *