Cara mengatasi google play store terhenti

Sukses, 5 Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Sendiri

Posted on

GihPhone.com – Bagi pengguna smartphone berbasis android, pastinya aplikasi Google Play Store ini menjadi hal yang paling penting dan wajib untuk dimilikinya. Pasalnya ini adalah toko aplikasi yang dikhususkan untuk pengguna hp android guna memudahkan mereka dalam mencari aplikasi maupun game yang dibutuhkan.

Pastinya dengan begitu, mereka tak ingin dong jika sampai ada masalah dengan aplikasi Google Play Store miliknya? Namun yang namanya teknologi digital memang tak pernah luput dengan yang namanya masalah, begitupun dengan Play Store. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kita ingin memberikan ulasan tentang cara mengatasi Google Play Store terhenti kepada kalian semua.

Dengan pentingnya aplikasi Google Play Store ini bagi pengguna hp android, pastinya mereka bingung jika aplikasi tersebut didalam smartphone miliknya tak bisa digunakan. Maka dari itu mereka pasti melakukan berbagai cara agar aplikasi tersebut bisa kembali lagi mereka pakai untuk memenuhi kebutuhan nantinya.

Cara-mengatasi-layanan-google-play-berhenti
Source : androidauthority.net

Nah pada kesempatan kali ini, kita memiliki 5 cara untuk mengatasi masalah kalian tersebut. Namun tenang saja, cara yang kita bagikan ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan kalian tidak membutuhkan bantuan tukang service nantinya.

Selain itu, cara ini bisa kalian jadikan pertolongan pertama sebelum kalian datangi sevice center dari merek smartphone yang kalian gunakan. Baiklah mungkin tak perlu berlama-lama lagi, bagi kalian yang sudah penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Paksa berhenti, lalu hapus data

Untuk cara mengatasi layanan Google Play terus berhenti yang pertama kali ini kita mulai dari cara standar yang bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone. Dimana silahkan bersihkan data didalam aplikasi tersebut sebagai solusi, siapa tahu penyebab macetnya aplikasi Play Store dikarenakan ada data yang rusak. Cara melakukannya dibawah ini:

  • Silahkan buka menu setelan atau pengaturan didalam smartphone kalian
  • Lalu masuk kedalam menu Aplikasi Terinstall / App Manager
  • Cari Aplikasi Google Play Store kalian
  • Buka aplikasi tersebut, lalu klik menu Paksa Berhenti / Force Close
  • Pilih menu Penyimpanan, lalu klik Hapus Data
  • Setelah itu silahkan coba jalankan Google Play Store kembali

Aktifkan semua izin pada Play store

Sama halnya dengan aplikasi android lain, dimana Google Play Store ini juga memiliki sejumlah izin yang harus kalian Acc agar nantinya bisa berjalan dengan normal. Nah untuk cara mengatasi Google Play Store terhenti selanjutnya kali ini, kita coba berikan semua izin akses didalam aplikasi tersebut, caranya dibawah ini:

  • Silahkan buka menu setelan atau pengaturan didalam smartphone
  • Pilih menu App Manager / Aplikasi Terinstall
  • Cari aplikasi Google Play Store, dan buka aplikasi tersebut
  • Selanjutnya silahkan klik menu Izin, lalu kasih tanda checklist semuanya
  • Lalu silahkan jalankan aplikasi Google Play Store

Bersihkan cache aplikasi yang menumpuk

Untuk meminimalisir banyaknya cache yang menumpuk dalam smartphone Android yang akhirnya bisa menyebabkan aplikasi tidak berjalan normal, maka gunakan aplikasi tambahan untuk membersihkan file-file cache tersebut. Ada banyak aplikasi cleaner yang bisa digunakan, salah satunya seperti Clean Master. Aplikasi ini mampu bekerja dengan baik pada smartphone, karena akan menjaga kesehatan smartphone dan juga mengamankan dari serangan virus.

Update manual aplikasi Google Play Store

Didalam aplikasi Play Store ini memang menyediakan sebuah fitur berupa update otomatis. Namun tidak ada salahnya jika kalian melakukan update manual guna memastikan keberhasilan kalian melakukan update tersebut. Untuk melakukannya, silahkan simak dibawah ini:

  • Silahkan kalian download file APK dari Google Play Store versi terbaru
  • Setelah behasil, silahkan kalian install aplikasi tersebut. Sebelumnya pastikan jika smartphone kalian sudah mengizinkan install dari aplikasi pihak ketiga. Caranya silahkan pergi ke menu Setelan >>Keamanan >> Aktifkan Unknown Sources / Sumber Tidak Diketahui
  • Setelah itu silahkan install aplikasi Google Play Store tadi, nantinya aplikasi ini akan menimpa pada aplikasi Play Store lama kalian, lalu pilih Install
  • Setelah proses install selesai, silahkan coba jalankan aplikasi tersebut
      KETAHUI JUGA !!!

Reset smartphone ke pengaturan pabrik

Cara mengatasi Google Play Store terhenti yang terakhir ini bisa dikatakan sebagai opsi terakhir. Dengan melakukan ini, maka tidak hanya memperbaiki Play Store saja, namun aplikasi lain yang bawaan smartphone juga ikut diperbaiki. Namun untuk aplikasi yang kalian install sendiri, nantinya bakal terhapus, jadi smartphone kalian bakal benar-benar seperti baru pertama kali beli. Untuk caranya simak dibawah ini:

  • Silahkan masuk kedalam menu Setelan
  • Lalu pilih menu Tentang Ponsel >> About Phone
  • Pilih menu Reset >> Reset Pengaturan
  • Nantinya ponsel kalian bakal melakukan reset, dan setelah menyala lagi langsung saja kalian update aplikasi Google Play Store, lalu jalankan.

Nah mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kita kali ini tentang gimana cara memperbaiki Google Play Store yang bermasalah. Semoga apa yang kita sampaikan diatas tadi bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah kalian.

Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini agar nantinya juga bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan, terimkasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *