Tips Setelah Membeli Hp Baru Xiaomi

7 Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Hp Baru Xiaomi

Xiaomi merupakan vendor smartphone asal Tiongkok yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dengan kualitas smartphone miliknya yang mumpuni dan harga jualnya yang cukup terjangkau dipasaran.
XIaomi sendiri memiliki banyak sekali seri smartphone yang dijual di Indonesia, jadi anda bisa memilihnya sesuai dengan budget yang dimiliki. Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin membahas ulasan tentang tips setelah membeli hp Xiaomi baru kepada anda semua.

Secara garis besar, tips ini berlaku untuk seluruh smartphone baru yang anda miliki. Akan tetapi ada beberapa yang membuat hp Xiaomi ini berbeda dengan sejumlah smartphone yang ada dipasaran. Hal ini memang perlu anda lakukan, karena demi kelancaran dan kenyamanan saat menggunakan smartphone yang berasal dari perusahaan asal Tiongkok tersebut. Nah bagi anda yang sudah penasaran, baiklah langsung saja mari kita simak bersama ulasannya dibawah ini.

Tips Setelah Membeli Hp Baru Xiaomi Semua Seri

Tips Setelah Membeli Hp Xiaomi Baru

Matikan dan Isi Daya Baterai Hingga 100%

Tips setelah membeli hp Xiaomi baru yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengisi daya smartphone tersebut hingga 100%. Sebenanrya tidak hanya untuk smartphone Xiaomi saja. Setiap pegawai toko hp akan menyarankan anda untuk mengisi daya baterai smartphone hingga penuh sebelum anda memakainya.

Untuk durasi lama waktu pengisianya ini menyesuaikan ya, karena biasanya tiap perangkat berbeda-beda besaran kapasitas baterainya. Untuk smartphone Xiaomi sendiri cukuplah sebentar, karena smartphone sekarang sudah dibekali dengan fitur fastcharging. Baik itu lama atau sebentar, yang pasti charge sampai penuh.

Masukkan akun Google dan Mi Cloud Anda

Setelah baterai hp Xiaomi penuh, silahkan masukkan simCard anda, setelah itu nyalakan smartphone tersebut. Selanjutnya, silahkan mendaftarkan akun gmail anda kedalam hp Xiaomi tersebut. Ini di karena smartphone Xiaomi termasuk berbasis android maka anda wajib melakukan hal ini agar bisa menikmati layanan android yang ada didalamnya, seperti Gmail, Google Maps, Chrome, dan yang lebih penting adalah Play Store untuk mengunduh aplikasi Android lainnya.

Tak ketinggalan, anda juga harus mendaftarkan akun Mi Cloud kedalam hp Xiaomi baru anda. Untuk pendaftaran anda bisa memakai akun Gmail tadi agar lebih mudah atau bisa juga menggunakan nomor HP. Fungsi dari fitur ini adalah untuk penyimpanan ‘awan’ data pribadi anda nantinya. Bisa dikatakan ini menjadi backup memori anda, jadi apabila nanti ada kejadian buruk menimpa seperti hp rusak atau hilang, anda bisa mengakses kembali data tersebut melalui perangkat lain dengan menggunakan akun Mi Cloud tersebut.

Mengatur Keamanan dari hp Xiaomi

Jika sudah, selanjutnya anda perlu mengatur keamanan data yang ada didalam hp Xiaomi anda. Caranya yang paling gampang adalah dengan mengaktifkan fitur keamanan yang ada didalamnya, entah itu Face unlock, fingerprint sensor, dan lain sebagainya.

Hal ini berguna untuk mencegah orang lain untuk mengotak-atik smartphone anda dengan bebas nantinya. Biasanya fitur keamanan ini diterapkan pada aplikasi sosial media, atau bisa juga pada bagian menu galeri didalamnya.

Install Aplikasi yang dibutuhkan

Tips setelah membeli hp Xiaomi baru pastinya adalah menginstall aplikasi yang sekiranya anda butuhkan, baik untuk komunikasi ataupun hiburan. Meskipun didalam hp Xiaomi ada beberapa aplikasi bawaan didalamnya, pastinya tidak semua kebutuhan anda terpenuhi, maka dari itu silahkan anda install aplikasi melalui Play Store yang anda inginkan.

Selain install aplikasi, anda sebaiknya juga melakukan beberapa uninstall aplikasi yang dibawakan oleh perangkat. Yaps, smartphone baru sekarang ini banyak membawa aplikasi luar yang sengaja sudah dipasang di hp baru. Dari beberapa aplikasi tersebut ada yang bisa di uninstall dan juga tidak bisa di uninstall. Nah, jika sekiranya ada aplikasi yang sebelumnya sudah terpasang dan tidak digunakan, maka uninstall saja.

Langsung Update Jika Ada Pembaruan Software

Seperti yang kami katakan diatas tadi, setiap hp Xiaomi baru pastinya sudah dibekali dengan sejumlah aplikasi didalamnya. Dan biasanya, jika anda membeli smartphone versi lama maka sistem yang ada didalamnya juga masih versi jadul, sementara pihak Xiaomi sudah menyiapkan pembaruan sistem.

Jika memang benar begitu, maka biasanya anda akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan update jika memang pembaruan ini sudah tersedia. Maka alangkah baiknya anda segera melakukan update ke versi terbaru, baik itu aplikasi atau pun versi ROM.

Selain untuk mendapatkan fitur terbaru didalamnya, biasanya pembaruan ini juga disertakan patch keamanan terbaru untuk menjaga keamanan data pribadi hp Xiaomi anda. Biasanya file pembaruan ini memiliki ukuran yang sangat besar, jadi sebaiknya menggunakan jaringan wifi saja nanti.

Restore Data Jika di Perlukan

Tips selanjutnya untuk hp baru adalah me-restore data, yakni memindah file-file data dari hp lama ke hp baru. Ya, jika ada beberapa data yang memang dibutuhkan sebaiknya segera lakukan pemindahan. Kalian bisa menggunakan memori eksternal, laptop, atau OTG. Mudahnya lagi jika Hp sebelumnya juga Xiaomi, jadi tinggal masukkan ulang akun lama, maka secara otomatis data akan kembali. Selain itu, bisa juga menggunakan Google Drive. Tapi dengan catatan gunakan jaringan Wifi untuk menghemat data internet dan kecepatan lebih stabil.

      KETAHUI JUGA !!!

Klaim Garansi Jika Ada Kerusakan

Meskipun membeli smartphone baru, bukan berati perangkat yang kita miliki ini benar-benar tanpa ada masalah didalamnya. Sebagai benda elektronik, kerusakan ini memang tidak bisa terhindarkan. Entah karena ada masalah pada software atau bisa jadi kerusakan pada hardware dikarenakan dalam proses pengirimannya.

Nah begitu pun dengan hp Xiaomi, jika anda membeli smartphone baru dan ada kerusakan dari pabrik, maka anda perlu melakukan klaim garansi pada pihak perusahaan. Klaim garansi ini memang menjadi salah satu kelebihan yang bisa anda dapatkan jika membeli smartphone baru dari distributor resmi, dengan begini anda akan mendapatkan perangkat yang sama dengan kondisi yang lebih baik atau tidak mengalami kerusakan.

Sekedar saran saja, alangkah baiknya anda membeli smartphone baru ini melalui distributor resmi yang memberikan garansi jelas yaa. Dengan begitu, maka keamanan dari smartphone yang anda beli ini pun benar-benar terjamin dan jika ada kerusakan seperti ini pun maka klaim garansinya pun mudah dan cepat.

Namun jika anda lebih memilih membeli smartphone baru secara Black Market (BM) karena tergoda harganya yang lebih murah, maka anda akan kesulitan untuk melakukan klaim garansi tersebut.

Cukup sekian dulu ya ulasan dari kami kali ini tentang tips setelah membeli hp Xiaomi baru, semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk anda semua. Tips-tips di atas adalah pokok utama saja yaa, untuk selanjutnya bisa kalian sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Misal ingin menambahkan casing, pelindung layar, atau yang lainnya. Yang pasti, simpan baik-baik kartu garansi beserta kelengkapan lainnya. Siapa tahu nanti dibutukan jika ada apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.