Cara mengatasi hp xiaomi mati sendiri
Source : Youtube.com

12 Tips Mengatasi HP Xiaomi Sering Mati Sendiri alias Bootloop

Posted on

GihPhone.com – Smartphone android apapun mereknya memang mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Semua ponsel android dari merek apa saja dapat mengalami masalah maupun kerusakan salah satunya ponsel besutan Xiaomi. Smartphone Xiaomi dikenal dibanderol dengan harga murah dengan spesifikasi dan fitur melimpah.

Namun kerap timbul beberapa masalah pada ponsel Xiaomi seperti sering hang, layar lag atau macet bahkan ponsel kerap mati sendiri. Ketika baterai masih penuh dan kita tengah asyik bermain game, tentunya ponsel yang tiba-tiba mati sendiri akan cukup mengganggu. Lantas bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri (bootlop)? Sebelumnya anda perlu mengetahui beberapa penyebab yang membuat ponsel kerap mati sendiri.

Masalah error yang ada pada smartphone Xiaomi dapat terjadi pada semua tipe seperti kasus error pada Xiaomi Mi A1, Redmi Note, Redmi 3, Redmi 4, Redmi 5A dan tipe Xiaomi lainnya. Kebanyakan penyebabnya pun sama dan cara mengatasinya pun juga sama.

Beberapa penyebab HP Xiaomi sering mati sendiri adalah ada file sistem dan aplikasi yang rusak, ponsel sudah di Root, overheat, memori RAM penuh, terinfeksi virus atau malware, custom ROM abal-abal, install aplikasi sembarang dan salah dalam melakukan flashing sistem.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri untuk anda coba.

hp xiaomi mati total Harga Inilah Cara Memperbaiki iPhone Yang Mati Total Dan Gagal Booting
Source : aptechnologyholdings.com

Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Mati Sendiri

1. Hapus Aplikasi atau Game yang Tidak Dipakai

Umumnya smartphone sering mengalamui error lantaran banyaknya game dan aplikasi yang diinstall yang bahkan jarang atau sama sekali tidak digunakan. Hal ini dapat membuat kinerja CPU lebih keras dan memakan banyak RAM. Untuk itulah cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri salah satunya adalah dengan menghapus aplikasi atau game yang jarang atau tidak pernah digunakan.

Pasalnya, banyak aplikasi smartphone Xiaomi yang tetap berjalan di layar belakang tanpa disadari seperti aplikasi sosial media yang terus men-sinkronkan data sehingga memerlukan RAM tidak sedikit. Untuk itu anda perlu uninstall aplikasi atau game yang jarang digunakan supaya ponsel tetap lancar dan tidak mengalami lag.

2. Scan HP Xiaomi dengan Antivirus

Cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri selanjutnya adalah dengan scanning ponsel android anda. Ponsel Xiaomi yang kerap bootlop bisa jadi lantaran terkena virus ayau malware entah dari internet ataupun file orang lain. Untuk itulah anda perlu lakukan scan HP Xiaomi dengan Antivirus dimana anda dapat memperoleh dan mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Ketahui Juga ! 11 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Mudah Hanya 3 Menit

3. Bersihkan Cache Android dan File Sampah

Jika smartphone anda kerap mati sendiri maka anda juga perlu membersihkan file cache dan file sampah pada smartphone Xiaomi. Hal ini memang cukup penting dilakukan karena umumnya file cache aplikasi akan menghambat kinerja perangkat dan memenuhi memori sehingga akan menurunkan performanya.

Inilah yang menjadikan HP Xiaomi sering mati sendiri, dan yang lebih parahnya jika file cache dan file sampah di smartphone tidak pernah dibersihkan maka akan membuat performa ponsel lebih lambat. Anda dapat menggunakan beberapa Aplikasi pembersih file cache seperti Clean Master dan lain-lain.

4. Hapus Data Aplikasi yang Error

Selanjutnya cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri adalah dengan menghapus data aplikasi yang bermasalah atau error. Cara ini dapat dilakukan terutama untuk aplikasi yang kerap macet dan bahkan tidak bisa dibuka. Namun untuk hapus data aplikasi sosial media, pastikan informasi login tersimpan karena semua data seperti basis data, cache aplikasi, history dan bookmark akan hilang.

5. Hapus atau Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

Jika aplikasi error tetap saja membuat ponsel anda kerap bootlop maka anda perlu menghapus aplikasi tersebut. Selain itu anda juga dapat melakukannya pada aplikasi cracking yang terinfeksi virus dan dapat merusak sistem. Aplikasi seperti ini akan merusak smartphone android jika diinstallal dan tentunya menurunkan performa ponsel Xiaomi kamu.

Mengatasi hp xiaomi bootloop
Source : jalantikus.com

6. Lepas Kartu MicroSD

Cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri atau bootlop adalah dengan melepas kartu microSD pada ponsel anda. Pada beberapa kasus, ruang penyimpanan eksternal atau kartu microSD membuat sistem mengalami error dan ponsel kerap mati sendiri. Jika anda mengalaminya maka coba lepas kartu microSD kemudian restart ulang ponsel Xiaomi anda.

7. Unroot Sistem Android

Ponsel Xiaomi yang kerap mati sendiri atau bootlop juga dapat terjadi pada smartphone Xiaomi yang di telah di root. Maka cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri adalah dengan melakukan Unroot sistem Android untuk kembali pada kondisi default sehingga sistem keamanannya akan terjaga.

Perlu diketahui meskipun Root Android dapat meningkatkan performa perangkat maka seringkali menyebabkan error pada kinerja sistem bahkan menyebabkan kerusakan pada beberapa file sehingga membuat pengguna perlu melakukan flashing ulang.

Ketahui Juga ! 11 Cara Mengatasi Memori Internal RAM dan ROM Penuh

8. Instal Ulang Sistem

Jika dengan melakukan cara diatas namun ponsel Xiaomi kamu masih tetap bermasalah dan sering mati sendiri maka anda dapat melakukan flashing ulang atau mengisntall ulang sistem. Melakukan flashing ulang pada firmware ini sendiri tidak semua pengguna dapat melakukannya sehingga anda perlu mengunjungi service center Xiaomi maupun ke tempat servis ponsel di kota anda.

9. Update Sistem Android

Selanjutnya cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri adalah dengan melakukan update sistem Android. Bisa jadi ponsel anda masih menjalankan OS Android versi lawas meskipun Xiaomi telah menghadirkan pembaruan versi terbaru. Untuk itulah tak ada salahnya untuk mencoba pembaruan sistem Android versi terbaru karena akan membawa peningkatan fitur dan mengatasi bugs tentunya.

10. Batasi Penggunaan

Seperti yang dijelaskan di atas, beberapa penyebab HP Xiaomi atau HP Android lainnya sering mati sendiri adalah karena overhead atau terlalu panas. Ini biasanya terjadi karena penggunaan tidak wajar alias over. Entah keseringan main game seharian tidak berhenti, atau vlog membabi buta seharian dan lain sebagainya. Karena itu batasi penggunaan smartphone anda. Beri selang bebera jam untuk bernafas dan dingin kembali.

11. Lakukan Factory Reset

Jika semua cara diatas masih tidak dapat mengatasi ponsel Xiaomi anda yang kerap mengalami bootlop maka jalan terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Hal ini akan membuat ponsel Xiaomi membawa pengaturan dan file sistem default bawaan pabrik. Namun sebelum anda melakukan factory reset, pastikan anda telah memback-up semua data penting pada ponsel Xiaomi anda. Pada umumnya cara ini dapat mengatasi beberapa masalah error seperti Bootlop, ponsel kerap mati sendiri meski baterai full, ponsel lemot dan lag, WiFi error dan lain-lain.

12. Cek Kondisi HP Xiaomi

Selanjutnya, jika belum bisa mengatasi juga maka Anda wajib melakukan cek kondisi hardware smartphone Xiaomi anda. Bisa jadi ada beberapa penyakit yang menjadikan HP mati sendiri. Bawalah ke service center terdekat untuk melakukan cek kondisi hardwarenya, atau bisa anda coba dengan berikut Cara Cek Kondisi HP Xiaomi Untuk Mengetahui Kerusakan Hardware!

Sekian ulasan mengenai cara mengatasi HP Xiaomi sering mati sendiri. Cara diatas dapat anda coba jika ponsel Xiaomi anda kerap mati mendadak yang tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Semoga saja ulasan diatas bermanfaat dan membantu anda yang mencari referensi tips atasi ponsel bootlop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *