Cara memotret background blur dengan kamera hp
Source : pettitstories.blogspot.com

9 Tips Memotret Background Blur ala DSLR dengan Kamera HP Android

Posted on

GihPhone.com – Saat ini para pengguna smartphone memang tengah dimanjakan dengan kemampuan kamera yang mampu menghasilkan gambar bokeh atau blur di latar belakangnya. Tidak perlu memiliki kamera DSLR untuk menghasilkan gambar bokeh atau efek blur pada backgroundnya karena anda dapat mempergunakan kamera smartphone. Foto bokeh yang saat ini menjadi tren dan memang umumnya dapat dihasilkan pada smartphone dengan kamera ganda.

Namun anda juga dapat menghasilkan efek blur dengan kamera HP meskipun masih membawa satu kamera. Cara memotret blur dengan kamera HP ini tentunya dapat anda coba jika anda ingin menghasilkan gambar bokeh namun hanya memiliki smartphone satu kamera smartphone dan masih belum bisa memiliki HP dual kamera.

Perlu diketahui bahwa foto potret dengan efek bokeh sendiri merupakan foto dengan ruang tajam atau Depth of Field (DoF) sempit. Hal itu lantaran terbatasnya bukaan kamera smartphone yang umumnya sekitar f2.0 aperture sehingga muncul terobosan kamera ganda yang hadir untuk menangkap obyek dengan fokus utama dan obyek yang akan dibuat blur. Umumnya kamera ganda dengan efek bokeh terdiri dari kamera wide angle dan telephoto untuk memisahkan latar belakang dan bagian depan obyek foto.

Bagi anda yang memang masih memiliki smartphone dengan kamera belakang tunggal tak perlu cemas. Anda dapat membuat foto dengan efek latar belakang blur keren dengan mengikuti beberapa cara. Namun dibandingkan dengan HP dual kamera tentunya foto blur dengan HP single kamera membawakan perbedaan pada tingkat kahalusan area yang diblur dan area fokus. Langsung saja kita simak bersama cara memotret blur dengan kamera HP android dibawah ini.

Cara foto bokeh dengan kamera hp
Source : droidlime.com

Tips Memotret Blur dengan Kamera HP Android

1. Pilih Lokasi Objek Yang Memiliki Cahaya Terang

Dalam dunia foto memfoto atau fotografi, cahaya adalah pengaruh paling utama. Terlebih jika menggunakan sensor kamera smartphone. Dimana ukuran lensa smartphone lebih kecil dari DSLR, baik itu APDC apalagi yang full frame. Karena memiliki ukuran yang kecil, bisa dipastikan kemampuan menangkap cahayanya pun juga sedikit. Untuk itu anda harus pandai-pandai memposisikan diri dari mana anda harus mengambil bidikan objek, dan juga pandai memilih objek yang pas untuk dijadikan efek blur. Namun juga harus diperhatikan, kebanyakan cahaya juga tidak baik untuk menghasilkan efek background blur.

2. Usahakan Objek Dalam Keadaan Diam

Selain cahaya, yang harus diperhatikan juga adalah objek dalam keadaan diam. Pasalnya kamera smartphone tidak seperti kamera DSLR atau mirrorless yang memiliki kelebihan mampu membidik objek dengan kecepatan tinggi. Karena itu, pastikan objek harus dalam keadaan diam.

3. Mendekat dengan Obyek Foto

Foto bokeh mempunyai titik fokus pada satu obyek yang bisanya memenuhi frame. Untuk itulah cara memotret blur dengan kamera HP satu kamera anda dapat mendekatkan kamera dengan obyek foto yang akan dipotret. Anda perlu mengatur jarak kameranya bukan zoom atau perbesaran. Pastikan jarak kamera dengan obyek foto setidaknya 1.5 sampai 2.5 meter. Setelah anda mendekat maka pastikan kembali meletakkan obyek utama foto pada bagian depan frame atau pada posisi foreground.

Ketahui Juga ! 11 Cara Mengatasi Memori Internal RAM dan ROM Penuh

4. Aturlah Jarak Antara Obyek Foto dan Background

Setelah anda mengatur jarak kamera dengan obyek foto maka anda juga perlu mengatur jarak obyek dengan background (latar belakang). Cara memotret blur dengan kamera HP yang perlu anda lakukan adalah menghindari background atau latar belakang yang terlalu dekat contohnya tembok dan lain sebagainya. Konsepnya adalah semakin jauh jarak background seperti pemandangan maka akan semakin blur latar belakang pada foto yang sobat ambil.

5. Hindari Background Ramai dan Banyak Obyek Foto

Cara memotret blur dengan kamera HP adalah menghindari terlalu banyak obyek dalam frame foto dimana hal ini untuk memaksimalkan hasil foto bokeh. Perlu diketahui bahwa mode potrait untuk menghasilkan efek blur di latar belakang hanya akan bekerja jika semua obyek berada pada posisi sejajar. Maka saat anda hendak berfoto dengan banyak orang maka anda hanya dapat melakukannya dengan grup berjumlah kecil. Disarankan untuk mengambil foto bersama hanya 2 sampai 3 orang sehingga mampu menghasilkan foto bokeh optimal.

Tips membuat foto background blur
Source : monstertekno.com

6. Tap Obyek Foto dan Gunakan Fokus Manual

Untuk memperoleh hasil blur terbaik maka sebelum anda memotret maka anda perlu mengatur fokus pada obyek foto. Anda dapat melakukan tap di layar tepat pada wajah atau obyek yang ingin difokuskan atau di buat sebagai foreground. Jika anda berada ditempat cukup cahaya maka atur pula jumlah exposure sebagai cara memotret blur dengan kamera HP.

Bukan hanya itu saja, anda juga dapat memanfaatkan fitur fokus manual yang telah disematkan pada beberapa smartphone android kamera tunggal. Dengan demikian sobat dapat mengatur tingkat blur serta jarak fokus kameranya.

7. Aktifkan Grid di Layar Untuk Komposisi Rule of Third

Perlu diketahui bahwa unsur penting untuk menghasilkan gambar bokeh atau blur di latar belakang adalah pengaturan komposisinya. Sejumlah fotografer biasanya menggunakan komposisi Rule of Third dimana untuk mengikuti pada kamera smartphone anda dapat mengaktifkan grid pada layar sebagai acuannya.

Meletakkan obyek foto pada posisi yang tepat memang dapat membuat foto yang diperoleh memiliki efek blur keren dan dramastis. Anda dapat menempatkan onyek foto pada garis vertikal baik di sisi kanan maupun kiri dan sisakan background pada sisi sebaliknya.

Ketahui Juga ! 15 Tips Membeli HP Android Bekas, No 6 Wajib Ada

8. Gunakan Fitur Lens Blur pada Google Camera

Selanjutnya cara memotret blur dengan kamera HP adalah dengan memanfaatkan fitur Lens Blur yang berada pada aplikasi Google Camera. Untuk mempergunakan mode ini maka anda perlu mengambil jarak 1.5 meter dari obyek yang akan dibidik kemudian mengambil foto dengan menggerakkan smartphone keatas secara perlahan lahan. Mode Lens Blur ini sendiri merupakan cara mudah meskipun tanpa menggunakan smartphone kamera ganda.

9. Asah Skill dan Sering Latihan

Sebagus apapun kamera yang kamu pegang, entah itu DSLR, Pocket, atau lainnya tapi tidak pernah latihan maka tidak akan mampu menciptakan bidikan yang bagus. Karena itu, sering-seringlah mengambil foto dengan angel yang berbeda-beda, dan lihat bagaimana hasilnya. Setelah itu, kamu akan memiliki gambaran hasil bidikan bahkan sebelum kamu bidik. Sering memotret setiap waktu juga dapat mengasah kemampuan skill kamu dalam memotret.

Cara memotret blur dengan kamera HP diatas terutama untuk smartphone kamera tunggal memang hasil yang didapat belum terlalu sempurna. Pasalnya jika kita lihat lebih jeli hasil bidikannya masih ada area sekitar obyek foreground yang belum terkena blur. Kendati demikian hasil bidikannya masih cukup layak untuk dibagikan ke media sosial anda.

Pilihan HP Dengan Kamera Bagus !

Demikian ulasan terkait cara memotret blur dengan kamera HP yang dapat anda coba jika belum memiliki smartphone dengan kamera ganda. Semoga saja informasi diatas menjadi referensi dan bermanfaat untuk sobat pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *