Tips membeli hp android bekas

15 Tips Membeli HP Android Bekas, No 6 Wajib Ada

Posted on

GihPhone.com – Saat ini memang kemajuan teknologi membawa kita pada kemudahan dalam berkomunikasi bahkan menjelajah dunia dalam genggaman tangan berkat hadirnya ponsel cerdas atau smartphone. Berbagai macam merek dan tipe smartphone telah ada di pasaran dimana dibanderol dengan harga yang bermacam-macam pula. Dibandingkan dengan perangkat desktop, kehadiran perangkat mobile berupa smartphone dan tablet baik berbasis andoroid maupun iOS memberikan kemudahan untuk dibawa dan digunakan kapan saja.

Untuk memperoleh smartphone Android pun juga cukup mudah karena telah banyak dijual di pasaran baik secara online maupun offline. Namun terfikirkan kita untuk membeli hp second di konter. Lantas bagaimana tips membeli HP Android bekas yang masih berkualitas dan bagus? Apa saja yang harus di cek ketika membeli hp bekas ? dan berapa harga hp bekas masih bagus ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini memang kerap menghantui ketika hendak ingin membeli HP bekas.

Memang saat ini telah banyak produsen smartphone yang menghadirkan smartphone dengan spesifikasi mumpuni dan inovasi terbaru dengan harga cukup terjangkau seperti pabrikan Oppo, Vivo, Xiaomi hingga Huawei. Untuk banderolan harganya sendiri memang tergantung spesifikasi dan teknologi yang dibenamkan.

Namun banyak dari kita yang mengidamkan smartphone tertentu namun banderolan harganya masih dirasa cukup tinggi untuk membelinya, dan tentunya cara terbaik adalah membeli HP Android bekas yang lebih murah. Karena itu banyak yang mencari info tips membeli HP bekas Xiaomi, tips membeli HP bekas Oppo,tips membeli hp second samsung galaxy, tips membeli hp second iphone, dan HP Android lainnya

Akan tetapi anda perlu teliti dan jeli melihat kondisi dan kualitasnya meskipun dilepas dengan harga murah. Untuk itu simak tips membeli HP Android bekas yang berkualitas dibawah ini

Apa yang harus dicek ketika membeli hp bekas

Tips dan Yang Harus Dicek Saat Beli HP Bekas Android

1. Periksa Kondisi Fisik Atau Bodi HP Android Bekas

Tentunya yang pertama kita lihat dalam membeli HP Android bekas adalah memeriksa kondisi fisik atau bodi perangkat apakah masih bagus dan layak digunakan. Pastikan HP Android second yang anda pilih tidak cacat maupun retak pada layar maupun casingnya. Lihat dan pastikan bagian layarnya tidak memiliki banyak goresan jika tidak terlindung screen guard. Tips membeli HP Android bekas ini jika bisa kita harus memilih HP yang kondisinya masih mulus dan bagus.

2. Periksa Segel Saat Hendak Membeli

Selanjutnya tips membeli HP Android bekas adalah memeriksa segel pada perangkat yang ada di bagian belakang serta buka casing penutup HP. Jika ponsel Android bertipe baterai removable anda dapat membuka baterainya dimana jika ada baut atau komponen yang hilang maka perangkat tersebut dipastikan telah diservis dengan dibuka segelnya. Bahhakn yang lebih akurat adalah dengan mencium bagian tersebut dan memastikan tidak ada aroma seperti terbakar atau bau solder. Pasalnya kemungkinan besar bukan HP bekas yang dijual melainkan HP mati total yang telah diperbaiki dimana akan lebih cepat rusak.

Ketahui Juga ! Cara Cek Kondisi HP Oppo, Asli Atau Palsu Bagus Ataukah Sudah Bobrok

3. Periksa Kelengkapan HP Android Bekas

Anda dapat memeriksa kelengkapan dari HP Android bekas yang akan anda beli karena ini memiliki nilai plus tersendiri. Tips membeli HP Android bekas, pastikan perangkat masih memiliki dosbook, buku panduan, charger, kabel USB, baterai, headset (jika ada) dan lebih bagus lagi masih ada kartu garansinya. Jika kelengkapan HP Android bekas yang akan anda beli memang sudah tidak ada maka anda dapat melakukan penawaran harga dengan lebih murah karena minus kelengkapan.

4. Cek Harga Pasaran HP Android Bekas Pilihan Anda

Sebelum anda memutuskan membeli HP Android bekas maka anda perlu mengetahui harga pasaran HP yang akan anda beli. Tentukan merek dan tipe HP bekas apa yang anda inginkan dan cari harga bekasnya di internet dan bandingkan dengan harga HP second yang ingin anda pinang. Umumnya harga bekas HP Android terjun di kisaran 15-45 persen dari harga normal namun itu semua kembali pada kondisi perangkat.

5. Periksa Spesifikasi HP Bekas Android

Tips membeli HP Android bekas selanjutnya adalah dengan mengetahui spesifikasi perangkat yang akan anda beli dimana hal ini wajib kita lakukan. Sebelum membelinya anda perlu memeriksa semua kinerja CPU, RAM, layar, kamera, koneksi internet, kemampuan baterai hingga kondisi sinyalnya. Untuk cara ini anda dapat mengetahuinya di menu pengaturan HP Android yakni di menu Setting>About Phone serta melakukan test di Engineering Mode.

Cek nomor imei hp android bekas

6. Periksa Nomor IMEI Perangkat

Selanjutnya tips membeli HP Android bekas yang tak kalah penting adalah dengan memeriksa nomor IMEI sebagai identitas perangkat. Hal ini bertujuan untuk melihat keaslian HP Android yang akan anda beli dan pastikan jika nomor OMEI di HP Android bekas sesuai dengan IMEI di dosbook. Cara mengetahui nomor IMEI anda dapat dial *#06#* maupun di menu About Phone.

Ketahui Juga ! 11 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Mudah Hanya 3 Menit

7. Periksa Fitur Control Aksesoris HP Android Bekas

Selain itu anda juga dapat melakukan pengecekan fitur dalam smartphone Android belas yang akan anda beli misalnya memeriksa kondisi speaker untuk panggilan suara, memutar musik maupun mengecek microphone serta port kabel USB. Tips membeli HP Android bekas, anda juga dapat mengecek layar sentuhnya apa masih cukup responsif atau tidak dengan dial *#*#2664#*#*. Fitur aksesorisnya juga cukup penting untuk kita lihat seperti kabel charge, USB dan headset. Bisa juga diketahui dengan 17 Kode Rahasia Cek HP Android Semua Merek

8. Periksa Keadaan Baterai

Selanjutnya tips membeli HP Android bekas adalah memeriksa keadaan baterai perangkat dimana saat ini ponsel Android memiliki dia jenis baterai yakni removable (dapat dilepas) dan non removable (tidak dapat dilepas). Keduanya memiliki kelebihan tersendiri namun pastinya kita harus memastikan baterainya tidak drop atau boros maupun menggelembung. Berikut Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone

9. Periksa Fungsi Sinyal Dan Pastikan Normal

Tips dan trik membeli HP Android bekas adalah dengan memeriksa kekuatan sinyal dimana saat ini jaringan terbaik ponsel Android adalah 3G (HSDPA) dan 4G LTE. Anda dapat memastikan ponsel Android second yang anda belu mendukung jaringan tersebut dan memiliki kekuatans sinyal baik dan normal dimana anda dapat mengeceknya untuk browsing, telepon dan SMS.

10. Periksa Garansi HP Android Bekas

Jika memang ada garansi maka anda perlu memeriksa garansi HP Android bekas tujuan anda. Memang untuk tips poin ini kadang ada kadang tidak sehingga anda perlu mempertanyakan pada penjual terkait garansi perangkat. Jika tidak ada maka anda dapat menawarnya dengan harga lebih murah dan jika memang ada garansi pastikan memang garansi asli bukan rekayasa atau abal-abal.

Cek asli atau palsu hp android bekas

11. Periksa Keaslian Ponsel Android

Membeli HP Android bekas memang harus teliti dan jeli dimana anda harus memastikan ponsel yang anda beli memang asli bukan KW. Umumnya untuk HP Android KW atau replika memiliki kinerja berbeda seperti custom ROM meskipun wujudnnya benar-benar terlihat asli. Berikut Cara Simple Mengetahui HP Android Asli atau Palsu

12. Lakukan Test Ditempat (menggunakan HP Android bekas)

Tips membeli HP Android bekas selanjutnya anda dapat langsung melakukan test ditempat dengan mempergunakan fungsi Android di settingan pabrik. Pastikan HP Android tidak menggunakan custom rom lain dan masih menggunakan custom rom pabrik.

13. Pilih Konter/Orang Yang Meyakinkan

Memilih tempat atau konter atau orang yang menjual HP bekas juga perlu diperhatikan. Alasannya karena untuk mengetahui HP tersebut benar-benar masih bagus atau tidak. Pastikan untuk memilih konter yang sudah memiliki nama dan memiliki track record yang bagus dalam jual beli HP bekas. Sementara jika membeli pada perorangan maka pilih yang kelihatannya meyakinkan. Artinya orang tersebut baik, jujur, dan benar-benar ingin menjual HP untuk upgrade HP baru. Tidak karena alasan HP sudah pernah rusak atau hang.

Ketahui Juga ! Cara Cek Kondisi HP Xiaomi Untuk Mengetahui Kerusakan Hardware!

14. Jangan Malu Untuk Banyak Tanya

Menanyakan kondisi HP bekas kepada pemilik adalah wajib dilakukan. Anda harus lebih kritis dan terus bertanya mengenai kondisi HP tersebut. Seperti sudah pernah jatuh apa belum ? pernah apa dan sudah diapakan saja HP tersebut. Kejar terus jawabannya dan perhatikan apakah jawaban tersebut jujur atau mengada-ada. Biasanya dari gerak gerik wajah bisa diketahui apakah dia berkata jujur atau tidak.

15. Buat Kesepakatan

Yang terakhir adalah buat kesepakatan dengan penjual. Ini adalah tips yang wajid dan harus dilakukan. Karena kondisi HP adalah bekas, maka kita tidak tahu kedepannya. Iya pas dites ditempat HP berjalan normal, seketika di bawa pulang selang dua hari HP bermasalah. Kan bisa berabe yaa.. Karena itu buat kesepakatan dengan penjual. Suruh dia kasih garansi paling tidak satu minggu. Jika terjadi masalah, maka Anda bisa mengembalikannya.

Demikianlah tips membeli HP Android bekas yang berkualitas dan bagus untuk anda coba terapkan. Semoga saja ulasan diatas dapat bermanfaat dan membantu bagi anda yang saat ini berencana membeli ponsel Android bekas atau second. Sebagai tambahan bisa lakukan tips berikut 5 Cara Paling Ampuh Mengecek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *