Cara Mengatasi Oppo Launcher Telah Berhenti

Tanpa Ribet! Cara Mengatasi Oppo Launcher Telah Berhenti

GihPhone.com – Kali ini gihphone akan membahas masalah yang sering kali terjadi, yaitu Oppo launcher telah berhenti. Oppo launcher adalah sebuah software yang ada di ponsel android yang berfungsi untuk mempercantik tampilan dari smartphone. Launcher ini sangat penting untuk pengguna hp Oppo dan setiap perangkat memiliki versi launcher berbeda-beda.

Fungsi dari launcher ini sendiri berguna untuk membuat tampilan dari smartphone makin menarik, dan jika ada masalah pada launcher maka akan sangat berpengaruh nantinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita ingin membahas artikel tentang cara mengatasi Oppo launcher telah berhenti utnuk kalian semua.

Ada beberapa penyebab kenapa launcher ini sampai error atau bermasalah, mulai dari terlalu sering mengganti tema, adanya virus yang terdeteksi, banyaknya file sampah (cache) didalam smartphone, dan memori internal yang sudah terlalu penuh. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja mari simak bersama cara mengatasinya dibawah ini.

Oppo Launcher Telah Berhenti

Cara Mengatasi Oppo Launcher Telah Berhenti

Perlu anda ketahui, jika seri hp Oppo yang kerap kali mengalami masalah seperti ini cukup banyak, baik itu untuk versi baru maupun lama. Hal ini cukup wajar ya, karena penyebabnya sendiri bukan karena usia dari ponsel tersebut, melainkan bisa jadi karena adanya virus yang menyerang system atau bisa juga karena pengguna yang seringkali gonta-ganti launcher, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya, kalian bisa simak ulasan di bawah ini.

Kembali ke Setelan Pabrik

Cara mengatasi Oppo launcher telah berhenti pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengembalikan setelan pabrik pada smartphone kalian. Dengan melakukan setelan pabrik ini berarti nantinya semua setelan yang ada didalam hp Oppo kalian bakal kembali seperti semula.

Jadi tidak ada salahnya jika kalian melakukan backup data dulu yang ada didalam hp Oppo kalian sebagai antisipasi saja jika data tersebut hilang. Karena nantinya hal ini akan membuat smartphone kalian seperti pertama kali beli dulu. Jika sudah siap, langsung saja mulai caranya di bawah ini:

  • Silahkan buka menu pengaturan
  • Setelah itu pilih menu Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Gulir ke menu paling bawah, tap menu ‘Kembali ke Setelan Pabrik
  • Tunggu sampai proses selesai

Lakukan Wipe Data Melalui Recovery Mode

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan Wipe Data pada hp Oppo atau lebih tepatnya untuk membersihkan semua data yang ada didalam smartphone kalian, tidak terkecuali pada bagian kontak, SMS, sejumlah data penting lainnya.

Informasi yang beredar didalam forum Oppo, jika dengan melakukan Wipe data ini bisa mengatasi masalah pada launcher yang bermasalah. Namun kami sarankan, jika sebelum kalian melakukan wipe data ini maka sebaiknya kalian lakukan backup data terlebih dahulu yang ada didalam hp Oppo kalian.

Copy semua data penting yang ada di dalam hp Oppo kalian di MicroSD maupun Flashdisk. Hal ini untuk mengantisipasi agar nantinya data penting kalian tidak ikut kehapus, karena dipastikan hal tersebut tidak akan bisa kembali lagi nantinya. Jika persiapan sudah selesai, langsung saja simak caranya dibawah ini:

  • Langkah pertama silahkan matikan dulu hp Oppo kalian, setelah itu silahkan tekan Tombol Power + Volume Down secara bersamaan, tahan beberapa saat sampai muncul Logo Oppo. Jika sudah begini maka kalian secara otomatis akan masuk kedalam Recovery Mode
  • Pilih Opsional ‘bahasa Inggris’ untuk memudahkan kalian dalam melakukan Wipe Data & Cache.
  • Selanjutnya silahkan kalian pilih menu ‘Wipe Data’ dan tunggu proses Wipe (pembersihan) selesai
  • Jika sudah, silahkan restart hp Oppo kalian untuk menyelesaikan proses
  • Selesai, silahkan kalian coba lagi menjalankan Oppo launcher sudah bisa dipakai apa belum.

Lakukan Flash Smartphone

Untuk cara kedua yang bisa kalian lakukan jika dengan Wipe Data tadi belum bisa memperbaikinya, maka kalian bisa melakukan flashing pada hp Oppo milikmu. Dengan melakukan flash ini diharapkan bisa mengatasi error yang terjadi pada sistem hp Oppo kalian yang terus muncul

Untuk melakukan flashing ini kalian bisa melakukannya sendiri, tools yang dibutuhkan diantaranya adalah USB, Driver, Software Flashing, dan juga Stock ROM ataupun Firmware Oppo. Tapi jika kalian ragu untuk melakukannya sendiri, kalian bisa datang ke tukang service smartphone yang terpercaya nantinya untuk melakukan flashing tersebut.

     KETAHUI JUGA !!!

Bawa ke Service Center

Cara mengatasi Oppo launcher telah berhenti terakhir jika kedua opsi diatas masih belum berhasil, maka kalian bisa minta tolong ke pihak Servce center Oppo yang ada dikotamu. Tentu mereka bakal melakukan penanganan khusus untuk memperbaiki hp Oppo kalian yang bermasalah.

Biasanya yang akan dilakukan oleh pihak Service Center Oppo ini melakukan flashing ulang dengan cara yang berbeda sesuai dengan tipe hp hp Oppo kalian. Dan pastinya untuk soal kualitas dan pelayanannya jauh lebih baik jika dibandingkan saat membenahi di tempat umum. Tapi sayangnya, untuk proses perbaikan di service center ini membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi pastikan kalian punya smartphone cadangan untuk dipakai beberapa saat ya.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan kita kali ini tentang cara mengatasi Oppo launcher telah berhenti, semoga apa yang sudah kita bahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *