Tips mengatasi hp android cepat panas dan batre cepat habis
Source : bacaterus.net

15 Tips Mengatasi HP Android Cepat Panas, No 11 Paling Ampuh !

Posted on

GihPhone.com – Penggunaan smartphone Android saat ini memang memberikan banyak manfaat sekaligus pengganti ponsel berbasis symbian maupun ponsel jadul lainnya. Namun bukan berarti menggunakan ponsel Android tidak memiliki masalah berarti. Pasalnya beberapa pengguna ponsel Android kerap mengalami masalah dimana HP Android yang mereka gunakan lebih cepat panas atau overheat saat digunakan.
Sebagian memang menganggap itu hal wajar dan mengabaikannya namun anda perlu waspada karena jika terus-terusan ponsel mengalami overheat dapat berakibat fatal seperti meledak dan membahayakan pengguna. Tentunya kita harus pintar untuk mengatasi HP Android cepat panas sehingga dapat menggunakan ponsel lebih lama.

Bukan hanya smartphone Android dengan harga murah namun beberapa flagship dengan harga mahal pun kerap mengalami overheat. HP cepat panas ini dapat disebabkan beberapa hal seperti baterai, penggunaan casing atau softcase hingga sinyal yang buruk. Untuk mengatasi HP Android cepat panas ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Tak perlu berlama-lama langsung saja kita simak solusi atasi smartphone Android overheat dibawah ini. Cara ini juga bisa untuk mengatasi HP Lenovo lemot dan cepat panas, cara mengatasi HP Xiaomi lemot dan panas, HP cepat panas saat internetan, HP cepat panas dibagian atas, dan masalah panas lainnya pada HP Android.

Penyebab hp android cepat panas
Source : sumsel.tribunnews.com

Penyebab HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis Serta Solusi Yang Harus di Ambil

1. Jauhkan HP Dari Sumber Panas, Karena Panas Bisa Disebabkan Dari Luar Perangkat

Tentunya untuk mengatasi HP Android cepat panas adalah menjauhkannya dari sumber panas. Pasalnya ponsel yang overheat bukan hanya berasal dari dalam perangkat namun dari pengaruh luar seperti udara panas, berada diatas televisi yang menyala terus, berdekatan dengan oven maupun berada disamping kipas laptop yang memang mengeluarkan panas. Sebaiknya anda meletakkan HP pada suhu kamar dan mengindari terkena sinar matahari.

2. Hindari Bermain Game Lama-lama, Beri Jeda Untuk Istirahat

Cara mengatasi HP Android cepat panas selanjutnya adalah jangan menggunakannya untuk bermain game lama-lama. Hal itu dapat membuat smartphone Android lebih cepat panas bahkan lemot. Bagi anda yang memang gemar bermain game mobile ada sebaiknya membatasi waktu bermain game untuk memberikan waktu istirahat HP anda agar tidak cepat overheat dan tentunya dapat memperpanjang umur smartphone anda dari kerusakan.

Ketahui Juga ! 17 Kode Rahasia Cek HP Android Semua Merek Yang Wajib Kamu Tahu

3. Jangan Gunakan HP Saat Di-Charge Dan Sebaiknya Gunakan Charge Asli

Penyebab HP cepat panas yang paling sering adalah menggunakan HP saat sedang diisi baterainya atau di-charge. Cukup sering pengguna yang bermain game, membuka sosial media maupun browsing saat HP tengah di charging dimana hal ini dapat membuat HP anda cepat panas. Apalagi jika anda menggunakan charger kualitas rendah dan palsu dapat beresiko menimbulkan percikan api dan menimbulkan kerusakan. Mengatasi HP Android cepat panas tentunya dengan menggunakan charger asli dan jangan gunakan saat tengah di charge

4. Matikan Koneksi Pada Kondisi Buruk Sinyal, Dan Aplikasi Yang Menguras Baterai

Selanjutnya anda dapat mengatasi HP Android cepat panas dengan mematikan semua aplikasi yang tidak terpakai dan menguras baterai melalui task manager. Selain itu anda juga dapat mematikan sejumlah koneksi seperti koneksi data, GPS, WiFi, Bluetooth dan Infrared dan patikan anda berada pada lokasi dengan sinyal baik. Pasalnya jika HP anda memiliki sinyal buruk maka perangkat akan terus mencari sinyal yang menyebabkan ponsel cepat panas.

Mengatasi hp android cepat panas
Source : jogja.tribunnews.com

5. Cek Aplikasi Terinstall, Mungkin Ada Aplikasi Berjalan Tidak Normal

Perlu diketahui bahwa ada aplikasi yang membuat processor terus bekerja meskipun tidak digunakan selain itu ada pula aplikasi yang berjalan tak normal yang membuat HP cepat panas. Untuk mengatasi HP Android cepat panas ini anda perlu memantau aplikasi tersebut melalui task manager Android maupun menggunakan aplikasi seperti Watchdog untuk mengetahui gejala tersebut yang bisa saja membuat HP anda cepat panas.

6. Hindari Bekap HP Yang Menjadikan Udara Susah Keluar dan Penghambat Sistem Konektivitas

Perlu diketahui bahwa penggunaan casing tambahan ada yang membuat ponsel memiliki panas berlebih. Hal itu lantaran casingnya menjadi penghambat ponsel untuk mencari sinyal. Bukan hanya casing, mengatasi HP Android cepat panas tentunya dengan menghindari membekap ponsel seperti diletakkan didalam saku celana, tas maupun kotak penyimpanan. Anda dapat menaruh ponsel ditempat terbuka dan membuka casing untuk membuat ponsel memperoleh udara cukup.

7. Hindari Overlock HP Yang Memungkinkan Kerusakan Perangkat dan Cepat Panas

Perlu diketahui bahwa overlocking HP merupakan cara untuk meningkatkan kecepatan perangkat lebih baik dari kondisi standar. Namun hal itu akan membuat konsumsi baterai lebih banyak dan membuat lebih cepat panas. Untuk itu, jika tidak ingin HP Anda mengalami panas yang berlebih maka mengatasi HP Android cepat panas tersebut tentunya anda dapat gunakan SetCPU untuk underlock smartphone anda.

8. Istirahatkan HP Sejenak, Agar Kembali Fresh dan Lancar

Cara mengatasi HP Android cepat panas selanjutnya adalah dengan mematikan dan mengistirahatkan ponsel yang menjadi cara termudah. Cara ini memang cukup efektif dimana anda dapat mematikan HP, melepas casing tambahan maupun baterainya (jika baterai removable) serta menunggu sampai suhu ponsel stabil sebelum diaktifkan kembali

9. Ganti Baterai Dan Cek Konektor Baterai Apakah Normal

Penyebab panas HP juga dapat berasal dari baterainya yang memiliki performa menurun, apalagi sering mati mendadak. Anda patut mencurigai hal itu dan segera mengganti baterainya sebelum ponsel anda mengalami kerusakan. Selain itu, cek konektor baterai. Apakah normal atau tidak. Karena biasanya baterai cepat habis dan perangkat panas disebabkan konektor baterai yang tidak normal. Berikut ! Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone

HP cepat panas di bagian atas

10. Update Sistem Terbaru Untuk Memperbaiki Bug Yang Menjadikan Perangkat Cepat Panas

Salah satu cara mengatasi HP Android cepat panas adalah melakukan pembaruan atau update sistem dimana dapat menambah efektivitas ponsel Android anda. Pasalnya update perangkat lunak ini dapat memperbaiki bug serta kelemahan pada sistem lawas dimana dapat menjadikan HP yang kerap overheat menjadi tidak mudah panas.

11. Restart Perangkat, Agar Sistem Kembali Fresh

Sobat juga perlu melakukan restart smartphone jika mengalami perangkat panas atau overheat. Restart ini akan menjadikan sistem sejenak berhenti dan mereload ulang. Dengan begitu akan kembali fresh. Jangan lupa untuk mengistirahatkan sejenak setelah melakukan restart smartphone.

Ketahui Juga ! 10 Cara Simple Mengetahui HP Android Asli atau Palsu

12. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Selain dengan melakukan beberapa kemungkinan terjadi perangkat cepat panas dengan cara di atas, sobat juga dapat mengatasi HP Android cepat panas dengan menggunakan beberapa aplikasi penghemat baterai. Seperti Clean Master, DU Battery Saver maupun aplikasi penghemat baterai seperti JuiceDefender. Aplikasi-aplikasi ini dapat menghemat baterai smartphone dengan baik meski tidak 100% sepenuhnya.

13 . Tutup Semua Aplikasi Yang Masih Berjalan di Backgroud

Perangkat Android cepat panas sering terjadi karena kebanyakan membuka aplikasi, sementara memori perangkat sangat kecil. Untuk itu, pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan pada background sistem. Tutup semua aplikasi yang masih terbuka di background. Dengan begitu, perangkat smartphone tidak akan bekerja terlalu keras.

Demikian tips dan cara mengatasi HP Android cepat panas dengan mudah dan cepat. Semoga saja dengan membaca informasi ini anda dapat memperoleh solusi untuk masalah ponsel anda sehingga perangkat Android anda tidak cepat panas saat digunakan. Jika HP anda Xiaomi bisa melakukan Cara Cek Kondisi HP Xiaomi Untuk Mengetahui Kerusakan Hardware! Mungkin panas yang terjadi karena kerusakan hardware.

Yang perlu digaris bawahi adalah, perangkat smartphone cepat panas terjadi karena penggunaan sobat sendiri. Jika Anda menggunakan dengan benar, tidak sampai over maka akan aman-aman saja. Namun jika sudah menggunakan dengan benar dan perangkat tetap saja panas, berarti ada kerusakan sistem, dan ini sering terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan susah menjadi konektivitas jaringan seperti sinyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *