Cara merawat baterai iPhone agar awet

Lebih Awet! 9 Cara Meningkatkan Kesehatan Baterai iPhone

Baterai iPhone ini memang menjadi salah komponen yang sangat penting, dimana hal ini menjadi penentu ketahanan perangkat tersebut untuk digunakan beraktifitas. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone pada kalian semua.

Bagi kalian yang sudah menggunakan perangkat iPhone cukup lama, pastinya kondisi baterai mengalami penurunan kualitasnya. Hal ini lumrah terjadi, karena memang perangkat yang digunakan kinerjanya bakalan turun seiring berjalannya waktu.

Tentu kondisi ini akan cukup merepotkan, dan perlu dilakukan treatment khusus agar nantinya baterai bisa berkontribusi secara maksimal kembali. Ada beberapa cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone yang bisa kalian coba kali ini, meskipun tidak bisa membuatnya seperti awal kali beli baru dulu, setidaknya baterai ponsel ini masih bisa diandalkan untuk menemani beraktifitas.

Cara meningkatkan baterai iPhone agar awet

9 Cara Meningkatkan Kesehatan Baterai iPhone

Karena sangat pentingnya peranan dari baterai iPhone tersebut, maka pastinya kaliant tidak ingin ya pada saat-saat penting ternyata baterai ponsel kalian habis. Untuk itu berikut ini ada 9 cara yang bisa kalian gunakan meningkatkan kesehatan baterai iPhone kembali, penasaran gimana? langsung saja simak ulasannya berikut ini:

  • Cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone yang pertama adalah gunakan jaringan wifi saat mendownload data game maupun aplikasi didalam ponsel. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan daya baterai dibandingkan memakai jaringan seluler.
  • Matikan fitur Wifi apabila tidak kalian pakai. Jika jaringan Wi-Fi kalian aktif sekalia pun tidak dipakai, maka ia bakalan tetap bekerja untuk mencari koneksi wifi terdekat, dan hal tersebut cenderung mengkonsumsi baterai iPhone kalian.
  • Aktifkan fitur kecerahan otomatis pada iPhone untuk menaikkan atau menurunkan ketajaman layar sesuai dengan kondisi. Untuk melakukannya pun cukup mudah, kalian cukup buka menu Settings, pilih General, pilih Accessibility, setelah itu pilih Display Accommodations dan aktifkan menu auto brightness.
  • Pada saat baterai iPhone kalian tersisa 20%, saat itu juga aktifkan mode hemat baterai. Secara otomatis sistem didalam perangkat iPhone akan memberikan notifikasi agar kamu mengaktifkan opsi mode daya rendah tersebut.
    Dengan mengkatifkan fitur ini, maka fungsi-fungsi tertentu didalam iPhone (seperti Mail) tidak akan mengunduh konten secara otomatis nantinya. Akan tetapi kalian masih tetap bisa memakai iPhone untuk mengirim pesan teks, panggilan telepon, dll. Setelah kamu mengisi daya iPhone tersebut, nantinya mode daya rendah ini bakalan mati secara otomatis.
  • Cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone selanjutnya adalah memeriksa kondisi kesehatan baterai melalui menu Setting lalu pilih Battery. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka kalian bisa memantau aplikasi apa saja yang mengkonsumsi daya baterai yang cukup banyak. Jika memang aplikasi itu tidak penting, maka kalian bisa langsung menghapusnya.
  • Biasakan untuk menutup secara sempurna aplikasi yang sedang tidak digunakan namun masih berjalan di background, karena jika hal ini sering kamu lakukan maka baterai ponsel kalian akan cepat habis tanpa disadari.
  • Jangan gunakan iPhone kamu ketika sedang berada dibawah terik matahari atau area lain yang bersuhu tinggi secara langsung. Karena hal ini akan membuat suhu baterai meningkat sekaligus mengurasa daya baterainya.
  • Cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone selanjutnya adalah mengurangi aktifitas menjalankan aplikasi yang memakan konsumsi daya baterai terlalu banyak jika memang penting. Namun jika aplikasi ini tidak begitu penting sebaiknya dihapus saja.
  • Dan cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah jangan memakai background iPhone yang bersifat dinamis, meskipun terlihat bagus namun hal tersebut juga cenderung menguras daya baterai nantinya. Kalian bisa memilih bakcground seperti foto yang tidak bergerak untuk mempercantik tampilan layar ponsel tanpa menguras baterai terlalu banyak.

Selain mengetahui cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone, kalian juga perlu paham bagaimana cara menjaga supaya baterai iPhone ini tetap awet dan tidak gampang lowbat nantinya. Apa saja itu? Simak jawabanya di bawah ini :

1. Jangan Terlalu Sering Mengkalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai ini sering kali dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan baterai benda elektronik, salah satunya adalah smartphone. Caranya ialah dengan menghabiskan daya baterai ponsel hingga 0%, lalu di isi ulang daya baterai hingga penuh 100%.

Memang cara ini bagus untuk menjaga kesehatan baterai, namun jika kondisi ini kalian lakukan terlalu sering malah bisa berdampak buruk. Di mana baterai perangkat iPhone atau lainnya akan mengalami kerusakan nantinya.

2. Hindarkan iPhone Dari Kejadian Overheat

Jika kalian sering kali memakai iPhone sampai kondisi perangkat menjadi panas, inilah yang disebut dengan istilah overheat. Biasanya kondisi ini terjadi pada perangkat yang digunakan untuk menjalankan aktifitas berat secara bersamaan, gejalan umumnya ponsel jadi panas dan jadi hang (macet).

Jika kondisi ini seringkali terjadi, maka sebaiknya kalian hentikan mulai sekarang. Kondisi overheat yang terlalu sering juga bisa menyebabkan baterai mudah rusak, dan yang paling fatal ponsel bisa meledak karena suhu tinggi tersebut.

      KETAHUI JUGA!!!

3. Jangan Gunakan iPhone Ketika di Charge

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh seseorang adalah, tetap menggunakan smartphone miliknya beraktifitas ketika sedang di charge. Entah untuk menelepon, membalas chat, atau parahnya untuk main game, gal ini sangat tidak dianjurkan karena bisa membuat baterai cepat panas karena adanya aktifitas input-output daya secara bersamaan.

Kondisi paling buruk, iPhone dan perangkat lainnya bisa mengalami overheat dan yang paling fatal bisa meledak. Untuk itu sebaiknya jangan pernah gunakan ponsel selagi sedang mengisi daya, kalaupun memang urgent maka bisa sampaikan ke orang tersebut jika ponsel kalian sedang di charge.

4. Charge iPhone Sebelum Baterai Habis

Dan cara menjaga baterai iPhone tetap awet ini adalah jangan biasakan mengisi daya baterai setelah ponsel mati. Umumnya saat kondisi baterai ponsel di level 20% akan ada notifikasi waktu pengisian daya, dan lakukan hal tersebut sebelum ponsel benar-benar mati. Kalau pun kondisi tidak ada charger, maka kalian bisa matikan ponsel terlebih dahulu sampai menemukan charger untuk mengisi dayanya kembali.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara meningkatkan kesehatan baterai iPhone, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.