cara mengatasi hp Realme bootloop

Gampang! Cara Mengatasi HP Realme Bootloop Sukses 100%

GihPhone.com – Bootloop menjadi sebuah mimpi buruk bagi banyak orang, khususnya mereka yang memakai OS Android. Jika mengalami bootloop, maka smartphone kalian bakal terus berputar-putar pada boot screen dan tidak bisa masuk kedalam sistem. Jika kondisi ini terjadi maka smartphone kalian pun tidak bisa dipakai nantinya.

Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin membahas tentang cara mengatasi hp Realme bootloop kepada kalian semua. Sebelum itu, berikut ini cari tahu dulu beberapa penyebab kenapa smartphone kalian bisa mengalami bootloop sebagai salah satu antisipasi.

Ketahui Dulu Apa Penyebab HP Realme Bisa Bootloop !

Ada pepatah yang mengatakan, tidak ada asap jika tidak ada api. Ya pastinya masalah bootloop ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Bootloop bisa saja terjadi jika secara sengaja kita sedang melakukan aktifitas pada smartphone yang bersinggungan dengan sistem operasi didalamnya. Dan berikut ini beberapa peyebab bootloop yang perlu kalian ketahui:

Flashing Custom ROM Yang Tidak Sesuai

Masalah bootloop seringkali terjadi pada saat pengguna melakukan flashing custom ROM baru kedalam ponselnya. Dan hal ini disebabkan oleh dalvik-cache atau data lama yang belum terhapus semua, sehingga malah dipakai oleh sistem yang baru di install tersebut. Selain masalah tersebut, paket Custom ROM yang rusak juga bisa menjadi penyebab bootloop di hp Realme kalian.

Restore System Backup

Penyebab bootloop pada HP Realme selanjutnya yaitu tindakan restore file yang ada kaitanya dengan sistem. Sama seperti yang pertama, masalah ini juga ditimbulkan oleh dalvik-cache lama yang belum terhapus seluruhnya. Akhirnya dipakai oleh yang baru padahal bukan serinya. Sehingga masalah bootlop terjadi.

Install Mod Tidak Cocok Dengan ROM

Bootloop ini juga bisa saja terjadi setelah kalian menginstall MOD pada sistem android. Masalah ini bisa saja muncul karena MOD yang kalian install tersebut tidak cocok dengan stok ROM yang ada didalam ponsel kamu. Selain itu MOD yang disusun tidak baik juga bisa menyebabkan bootloop pada hp android.

Pengaturan Permission Tidak Sesuai

Hp Realme yang berbasis Android ini sangat bergantung pada Permission sistem yang benar. Nah jika kalian mengatur permission pada sebuah file yang tidak sesuai, maka bisa berujung terjadinya bootloop tersebut. Karena itu, sebaiknya teliti dulu sebelum memberikan akses permissions pada sebuah file yang akan kalian install kedalam ponsel.

Cara Mengatasi Hp Realme Bootloop

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hp Realme kalian yang mengalami bootlop paling mudah tanpa perlu PC dan bahkan bisa dilakukan oleh orang awam langsung. Yang pertama ini kalian bisa melakukan Hard Reset, dan jika cara ini belum berhasil maka langkah selanjutnya adalah melalui Recovery Mode.

Dengan Cara Hard Reset

Kerusakan data merupakan sebuah hal yang cukup sering dijumpai oleh para pengguna smartphone, dan penyebabnya pun berbagai macam serta termasuk masalah yang ringan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, cara yang paling mudah untuk kalian lakukan dengan melakukan hard reset saja.

Akan tetapi untuk melakukan hal ini, disarankan kalian sudah membackup data yang ada didalam hp Realme terlebih dahulu, karena nantinya dalam melakukan hard reset tersebut beberapa data akan ikut terhapus. Mulai dari musi, video, dokumen, dan data lainnya yang tersimpan dalam memori internal akan hilang, kecuali jika kalian menyimpannya pada memori eksternal. Beberapa kontak dan aplikasi juga akan hilang. Kecuali kalian membackup pada akun lain, seperti akun realme ataupun Google Drive.

Pastikan HP kalian terisi penuh daya baterainya, atau kurang lebih di atas 70% untuk mengantisipasi jika mengalami proses yang lama. Jika sudah siap semua, maka cara melakukannya hard reset bisa dilakukan berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan kalian masuk kedalam menu ColorOS Recovery
  • Caranya gampang tinggal matikan hp Realme kalian
  • Setelah itu silahkan kalian tekan tombol Volume Bawah dan Power selama beberapa detik, setelah itu lepaskan
  • Jika kalian berhasil masuk kedalam menu ColorOS Recovery, maka silahkan pilih bahasa English
  • Selanjutnya pilih opsi Wipe Data
  • Kemudian pilih opsi Wipe Data (Keep SMS, Contact and Photos)
  • Tap menu OK untuk melakukan eksekusi
  • Jika proses Wipe Data ini sudah selesai, maka akan muncul notifikasi Wipe Succesfully
  • Tap OK
  • Terakhir silahkan kalian pilih menu Reboot untuk menyelesaikan prosesnya

Tunggu sampai hp Realme kalian menyala kembali. Jika prosesnya ini cukup lama yakni lebih dari 30 menit, kemungkinan salah satu bagian dari sistem operasi didalam smartphone kamu telah terhapus atau rusak.
Jika sudah begini, maka cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan menginstall ulang sistem didalam hp Realme kalian. Untuk caranya simak di bawah ini.

Dengan Cara Install Ulang Software

Jika ada salah satu sistem didalam hp Realme kalian rusak atau hilang, tentu akan menyebabkan error. Nah untuk cara mengatasi hp Realme bootloop kali ini yaitu dengan cara melakukan install ulang software didalam smartphone kalian.

Untuk melakukan install ulang software di hp Realme kalian ini ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni recovery tanpa menggunakan PC dan yang kedua melakukannya dengan PC. Nah untuk melakukan recovery tanpa PC, bisa kalian ikuti caranya dibawah ini:

  • Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu software hp Realme kalian disini: https://www.realme.com/id/support/software-update
  • Jika sudah, silahkan pindah file tersebut kedalam SD card/ memory card di hp kalian. Jangan meletakkan file ini kedalam folder
  • Selanjutnya masukkan SDcard kedalam hp Realme kalian yang mengalami bootloop tadi
  • Lalu silahkan tekan tombol Volume bawah dan Power bersamaan, lalu tahan beberapa detik dan lepaskan
  • Setelah berhasil masuk kedalam menu ColorOS Recovery, silahkan piih menu Install Form Storage Devices
  • Pilih From SDcard, lalu pilih ROM yang sudah didownload tadi
  • Tekan tombol Yes untuk melanjutkan proses
  • Nantinya proses instalasi akan langsung mulai otomatis, dan tunggu prosesnya hingga selesai

Seharusnya dengan melakukan cara ini, maka masalah bootloop pada hp Realme kalian pun akan teratasi. Akan tetapi jika teryata masih belum berhasil, sepertinya kalian perlu melakukan flash di PC, dan sebaiknya minta tolong kepada yang ahli agar nantinya hasilnya maksimal dan hp Realme kalian bisa hidup kembali.

      KETAHUI JUGA !!!

AKHIR KATA

Masalah bootlop pada Hp Realme ataupun Hp android lainnya cukuplah mudah-mudah gampang. Tinggal kalian cari penyebab sebelumnya dan ini tidak jauh dari kerusakan file sistem ataupun karena adanya crash file sistem yang tidak sesuai.

Nah, cara gampangnya yaitu dengan dua tips di atas, yaitu dengan Hard Reset atau mengembalikan kondisi Hp seperti semula, mulai dari sistem, data, aplikasi dan pendukung lainnya. Namun, jika ternyata dari file sistem juga mengalami rusak, maka langkah yang bisa diambil adalah dengan menginstall ulang sistem operasi pada Hp Realme kalian.

Jika kurang berpengalaman dengan masalah ini, dan tidak ingin terlalu mengambil resiko, sebaiknya dibawa saja ke tempat service langganan atau service center.

Sebagai tambahan, ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bootloop di hp Realme. Jika penyebab bootloop pada ponsel kalian disebabkan adanya kesalahan memberi permission, maka untuk cara mengatasinya sangat mudah. Berikut caranya:

  • Silahkan masuk kedama Recovery Mode
  • Buka menu Advanced
  • Setelah itu silahkan pilih menu ‘Fix Permissions’
  • Lalu Reboot

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang cara mengatasi hp Realme bootloop, semoga apa yang sudah kita bahas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *