Cara reset hp Xiaomi
Source : antero.co

Update, Cara Reset HP Xiaomi Paling Praktis Semua Tipe

Posted on

GihPhone.com – Xiaomi adalah vendor smartphone asal Tiongkok yang kedatangannya mendapat sambutan positif dari berbagai kalangan. Dimana ini tidak terlepas dengan cara cerdas Xiaomi menggoda para penggemar gadget dengan menjual perangkat murah berkualitas kepada mereka semua.

Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas artikel tentang cara reset hp Xiaomi kepada kalian semua. Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan, namun bagi kalian yang sebelumnya tidak memahami tehniknya, tentu bakal kesulitan atau kebingungan mulai dari mana prakteknya.

Cara hard reset yang akan kita lakukan kali ini berlaku dihampir semua hp Xiaomi yang sudah ada dipasaran sob, mulai dari Redmi 4, 4X, 4A, Redmi Note 4, Redmi Note 4X, Redmi 5, Xiaomi MI A1, Redmi S2, dan masih banyak lagi.

Cara hard reset hp Xiaomi
Source : konyoha.com

Kenapa Harus di Reset ?

Sebagai benda elektronik, sudah sewajarnya hp Xiaomi tersebut juga mengalami berbagai masalah, tidak peduli mulai dari smartphone kelas murah maupun dari kelas premium.

Masalah yang paling sering hadir pada hp Xiaomi adalah seperti performa yang lelet, adanya sejumlah aplikasi yang crash sehingga tidak bisa dijalankan, hingga baterai cepat boros padahal minim dalam penggunaanya. Tentunya ketiga masalah diatas tersebut menjadikan kita sangat bête dan sebal, terlebih jika saat smartphone benar-benar dibutuhkan.

Nah maka dari itu, dengan melakukan hard reset di hp Xiaomi ini, maka besar kemungkinan ketiga masalah diatas nantinya bisa diatasi semua cukup dengan satu kali aksi saja.

Hal ini dikarenakan, dengan melakukan hard reset maka kalian benar-benar membersihkan berbagai file didalam hp Xiaomi yang bisa menjadi sumber masalah diatas tadi sob. Baiklah untuk kalian yang sudah penasaran, yuk langsung saja simak cara reset hp Xiaomi selengkapnya dibawah ini.

Cara Reset HP Xiaomi Dengan Factory Reset

  • Langkah pertama, buka menu Setelan.
  • Lalu di sub menu Setelan pilih Setelan tambahan > Cadangkan & Setel Ulang.
  • Selanjutnya di menu Cadangkan & Setel Ulang, silahkan cari menu ‘kembalikan ke setelan pabrik’ yang letaknya berada di bawah.
  • Langkah terakhir, silahkan pilih menu ‘Setel ulang telepon’.
  • Kemudian, jika terdapat akun MI di hp Xiaomi, maka kalian akan diminta untuk memasukkan password akun MI kalian. Namun, jika lupa passwordnya, kalian bisa pilih menu lupa kata sandi di pojok bawah untuk mengubah password lama kalian tersebut.
  • Setelah itu kalian di minta untuk melakukan konfirmasi hapus semua data di hp Xiaomi kalian.
  • Tungggu sampai proses factory reset kalian selesai.

Setelah proses bootingnya selesai, maka kalian tinggal mengatur ulang seperti layaknya ponsel baru beli. Mungkin tata letak menunya sedikit ada perbedaan antara tipe hp Xiaomi lain, namun intinya masih sama saja kok.

      KETAHUI JUGA !!!

Cara Reset HP Xiaomi Dengan Hard Reset

Nah sebelum kalian melakukan cara yang satu ini, pastikan jika kamu sudah membackup semua data yang ada di hp Xiaomi kalian ya, dan pastikan baterai smartphone kalian masih diatas 50%, hal ini untuk berjaga-jaga agar waktu reset berjalan ponsel tidak mati. Kalo semua persiapan sudah siap, langsung simak cara hard reset hp Xiaomi di bawah.

  • Langkah pertama, matikan hp Xiaomi terlebih dahulu. Lalu kalian harus masuk ke Recovery Mode Xiaomi , caranya tekan tombol Volume Up (+) dan tombol Power secara bersamaan.
  • Tahan sampai ponsel kalian bergetar dan muncul logo MI di layar. Kemudian kalian akan dialihkan ke menu Recovery Mode.
  • Sebenarnya ada 2 langkah untuk masuk ke Recovery Mode . Caranya yaitu pergi ke menu Updater/Pembaruan, lalu pilih menu titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Reboot to recovery mode / Mulai ulang ke mode pemulihan.
  • Nah setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, langkah pertama kalian akan disuruh memilih bahasa. Tetapi tidak semua merk hp Xiaomi langkah pertama di recovery mode disuruh untuk memilih bahasa. Pilihlah bahasa yang kalian pahami.
  • Kemudian pilih menu Wipe Data/Factory Reset.
  • Selanjutnya pilih Wipe All Data.
  • Lalu pilih Confirm untuk melakukan hard reset HP Xiaomi.
  • Tunggu sampai proses booting selesai, kurang lebih 5 menit.
  • Setelah proses bootingnya sudah selesai, silahkan pilih Back to Main Menu > Reboot > Reboot to System untuk merestart ponsel Xiaomi kalian.
  • Selamat. Ponsel hp Xiaomi kalian telah berhasil melakukan Hard Reset
  • Setelah itu Kalian bakal disuruh melakukan pengaturan umum seperti setting bahasa, jaringan, thema dan lain sebagainya.

Dalam beberapa kejadian, biasanya kalaian nanti bakal disuruh memasukkan akun MI kembali pada saat pertama kali melakukan restart. Jadi pastikan jika kamu melakukan hard reset ini tidak lupa dengan user dan password akun MI ya.

Perbedaan Factory Reset dengan Hard Reset

Factory Reset ataupun Hard Reset sebenarnya memiliki kesamaan dapat mengembalikan smartphone keposisi awal (seperti kali pertama beli baru). Namun, factory reset dan hard reset memiliki metode atau cara yang berbeda. Factory reset dapat dijalankan jikalau smartphone masih bisa digunakan, sementara hard reset digunakan jika smartphone blank tidak bekerja maka bisa dengan kombinasi tombol. Keduanya tentu memiliki plus dan minus bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Factory Reset dan Hard Reset Tidak Mempan

Jika sudah mencoba kedua reset smartphone di atas dan smartphone masih bermasalah juga, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah flashing room. Jika kamu tidak punya cukup pengalaman dalam hal ini, alangkah baiknya untuk membawa ke service langganan anda.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan tentang cara reset hp Xiaomi yang bisa kami bagikan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian nantinya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar nantinya juga bisa bermanfaat untuk orang lain juga ya sob. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *