Cara reset hp huawei

Update, Cara Reset HP Huawei Paling Praktis Semua Tipe

Posted on

GihPhone.com – Huawei merupakan vendor smartphone asal Tiongkok yang sudah termasuk legenda. Pasalnya sebelum ada pabrikan seperti Oppo, Xiaomi, hingga Vivo, perusahaan Huawei ini sudah bermain dalam persaingan alat telekomunikasi bersama dengan Sony, Samsung, hingga LG.

Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin mengulas artikel tentang cara reset hp Huawei kepada kalian semua. Secara garis besar, untuk melakukan reset ini sebenarnya antara smartphone satu dengan yang lainnya sama saja, namun tak jarang ada sedikit perbedaan yang membuat pengguna kebingungan.

Cara factory reset hp huawei
Source : adanicell.blogspot.com

Kenapa Harus di Reset ?

Tujuan dilakukan reset ini biasanya ada masalah pada hp Huawei yang digunakan, mulai dari performa lelet, adanya bug, atau parahnya lagi ada virus yang tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan. Dengan melakukan reset ini menjadi salah satu cara ampuh untuk menghapus semua masalah tersebut dan mengembalikan ponsel layaknya beli pertama kali dahulu.

Ada dua cara untuk melakukan reset pada hp Huawei ini, dimana kalian bisa melakukannya dengan Factory Reset, atau bisa juga menggunakan Hard Reset / Recovery Mode sebagai langkah terakhir. Perlu di ingat, sebelum melakukan aksi ini pastikan jika smartphone kalian memiliki baterai dengan kapasitas masih banyak, minimal 80%.

Hal ini perlu kalian perhatikan, pasalnya jika pada saat proses reset tiba-tiba smartphone kalian mati karena kehabisan baterai. Dikhawatirkan hal tersebut bisa berdampak buruk, yakni bisa merusak sistem yang ada didalamnya. Pastinya ga mau kan hal ini sampai terjadi pada hp Huawei kalian? Nah jika persiapan awal ini sudah selesai, langsung saja kita mulai caranya dibawah ini.

Cara Reset hp Huawei dengan Factory Reset

Seperti biasa, cara reset yang satu ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan. Hampir semua smartphone berbasis android memiliki menu untuk melakukan hal ini. Cara yang satu ini bisa kalian lakukan tanpa bantuan aplikasi apapun atau menggunakan kombinasi tombol apapun, karena memang cara melakukannya hanya dengan menggunakan menu yang sudah disediakan didalam hp Huawei. Baiklah untuk kalian yang sudah penasaran, yuk langsung saja mari kita simak bersama caranya dibawah ini:

  • Langkah pertama silahkan buka menu setting / setelan yang terdapat didalam hp Huawei kalian
  • Setelah itu silahkan cari menu Advance Setting
  • Selanjutnya, klik menu Backup & Reset
  • Lalu silahkan pilih menu Factory data reset
  • Selanjutnya pilih menu Reset data
  • Nantinya, kalian bakal diminta untuk memasukkan pin akses untuk melakukan reset data tersebut
  • Langsung saja kalian pilih menu Yes atau Oke untuk langsung melakukan reset
  • Jika sudah, maka hp Huawei kalian bakal melakukan restart dan mereset dalam beberapa menit. Untuk durasinya, tergantung dari jumlah file yang terdapat didalam smartphone kalian nantinya

Apabila proses reset tadi sudah selesai, maka tampilan dari hp Huawei kalian pun bakal kembali seperti pada saat kalian membelinya dulu. Tak hanya tampilan saja, bahkan performanya pun juga bakal mulus banget untuk menjalankan beberapa aplikasi

Cara Reset hp Huawei dengan Recovery Mode

Untuk cara diatas tadi bisa kalian lakukan pertama kali atau bisa juga disebut sebagai pertolongan pertama. Namun jika cara diatas tidak bekerja maksimal, maka langkah selanjutnya kalian bisa melakukan hard reset melalui menu Recovery Mode yang terdapat didalam hp Huawei.

Pasti banyak yang bertanya-tanya, apakah menu Recovery Mode tersebut? dan bagaimana cara menemukannya? Karena kita tahu jika menu tersebut memang tidak bisa diakses sembarangan, kita perlu menggunakan kombinasi tombol untuk bisa mengaksesnya. Nah dari pada kalian pusing, langsung saja kita mulai caranya dibawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan matikan dulu hp Huawei kalian
  • Jika sudah, silahkan tekan tombol Volume atas + Power secara bersamaan, tahan selama beberapa detik hingga muncul logo Huawei
  • Setelah logo tersebut muncul, maka lepaskan tekanan kalian tadi
  • Pilih menu Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol volume up / down untuk melakukan navigasi, dan gunakan tombol power untuk memilih
  • Setelah itu, silahkan pilih menu reboot system now dengan menggunakan tombol power
  • Nantinya, hp Huawei kalian bakal melakukan reset terhadap sistem yang ada didalamnya, disertai dengan melakukan porses restart untuk beberapa saat
  • Tunggu prosesnya hingga selesai

Saat proses restart ini selesai, maka tampilan dari hp Huawei kalian pun bakal berubah menjadi seperti awal dulu saat baru saja membelinya. Jika sudah begini, maka kalian pun juga harus melakukans setelan ulang yang ada didalam smartphone sesuai dengan kebutuhan

      KETAHUI JUGA !!!

Pastikan Sudah Melakukan Backup

Nah gimana? Cukup mudah bukan cara reset hp Huawei yang kita bagikan kali ini? oh iya penting untuk di ingat, karena dalam proses melakukan reset ini berati menghapus semua data yang ada didalam smartphone, maka dianjurkan sebelum melakukan reset silahkan backup dulu semua data yang ada kedalam microSD maupun tempat penyimpanan lainnya.

Jika kalian lupa melakukannya, maka data kalian yang tersimpan didalam memori internal hp Huawei pun juga bakal hilang dan tak bisa kalian akses lagi nantinya. Khusus untuk melakukan hard reset, ada baiknya sebagai langkah antisipasi agar melepas memori microSD agar nantinya data yang ada didalamnya tidak ikutan terhapus.

Perbedaan Factory Reset dengan Hard Reset

Factory Reset ataupun Hard Reset sebenarnya memiliki kesamaan dapat mengembalikan smartphone keposisi awal (seperti kali pertama beli baru). Namun, factory reset dan hard reset memiliki metode atau cara yang berbeda. Factory reset dapat dijalankan jikalau smartphone masih bisa digunakan, sementara hard reset digunakan jika smartphone blank tidak bekerja maka bisa dengan kombinasi tombol. Keduanya tentu memiliki plus dan minus bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kami kali ini, semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah kalian. Jangan lupa untuk membagikan cara ini ke sosial media kalian ya guys, agar nantinya juga bisa berguna bagi orang lain. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *