Aplikasi Force Close di Hp Oppo

7 Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Force Close di Hp Oppo

Posted on

GihPhone.com – Permasalahan aplikasi force close di hp Oppo atau mengalami keluar sendiri memang menjadi hal yang sangat menyebalkan. Terlebih tak sedikit pengguna smartphone mengalami kasus tersebut, dan pastinya akan sangat mengganggu aktifitas nantinya.

Muncullnya masalah ini biasanya akan dibarengi dengan sebuah pesan ‘sayangnya aplikasi telah berhenti’. Nah bagi kalian yang kebetulan sering mengalami masalah tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi hp Oppo force close untuk kalian semua.

Ada beberapa penyebab kenapa masalah ini bisa muncul, entah disebabkan oleh faktor internal seperti adanya bug didalam aplikasi tersebut, atau karena faktor eksternal yang disebabkan oleh masalah pada hp Oppo kalian. Apapun penyebabnya, yang jelas masalah ini sangat mengganggu dan dibenci banyak orang.

Berikut ini kita akan berikan cara mengatasi masalah force close tersebut yang bisa kalian lakukan secara bertahap. Tidak perlu berlama-lama langsung saja kita simak caranya bersama dibawah ini.

Aplikasi Force Close di Hp Oppo

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Hp Oppo

Hapus Cache Pada Aplikasi yang Bermasalah

Cara mengatasi hp Oppo force close yang pertama bisa kalian lakukan adalah dengan menghapus cache yang ada didalam smartphone kalian. Serta cache yang ada didalam aplikasi terkait. Cache ini memang bukan virus, akan tetapi jika dibiarkan menumpuk maka lama kelamaan bisa membuat masalah cukup serius pada smartphone, salah satunya menyebabkan aplikasi sering force close tersebut.

Pembersihan cache ini bisa dilakukan secara berkala, dimana kalian bisa melakukannya secara manual atau menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner. Untuk cara menghapus cache manual, kalian bisa menyimaknya dibawah ini:

  • Silahkan kalian buka menu Pengaturan di hp Oppo kalian
  • Lalu pilih menu Kelola Aplikasi
  • Setelah muncul daftar aplikasinya, silahkan cari aplikasi yang sering mengalami force close
  • Buka aplikasi tersebut, lalu tap menu Clear Cache / Hapus Cache

Hapus Data Aplikasi yang Bermasalah

Jika ternyata file cache tadi tetap tidak memberikan solusi, maka langkah selanjutnya kalian bisa coba untuk menghapus data aplikasinya. Data aplikasi yang terlalu penuh ini rupanya bisa menyebabkan error seperti salah satunya adalah force close. Selain data terlalu penuh adanya bug didalam data tersebut juga bisa menyebabkan masalah pada sebuah aplikasi. Langkah-langkah menghapusnya sama seperti langkah-langkah menghapus file cache seperti di atas, namun yang dihapus bukan cache tetapi datanya. Untuk mengatasinya simak caranya dibawah ini :

  • Silahkan masuk menu Pengaturan di hp Oppo
  • Lalu pilih menu Kelola Aplikasi
  • Setelah itu cari dan buka aplikasi yang mengalami masalah force close tadi
  • Pilih menu Clear Data / Hapus Data

Dengan melakukan hal ini, maka semua data dari aplikasi tersebut akan hilang dan nantinya akan secara otomatis mendownload data baru lagi yang tidak membawa bug penyebab error lagi.

Restart Hp Android

Mungkin cara ini terbilang sederhana, tapi memang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kecil yang ada di hp android. Silahkan coba kalian matikan Hp Oppo tersebut, lalu lepaskan microSD, kartu SIM, diamkan selama 5-10 menit. Setelah pasang kembali microSD, kartu SIM dan komponen lainnya, lalu nyalakan kembali Hp Oppo kalian.

Update Aplikasi yang Bermasalah

Selain ketiga trik diatas, cara mengatasi hp Oppo force close selanjutnya yang bisa kalian coba adalah dengan melakukan update pada aplikasi tersebut. Bisa jadi penyebab hp Oppo kalian mengalami force close tadi dikarenakan ada bug didalamnya, sehingga membutuhkan update untuk menangani masalah tersebut.

Untuk mencari tahu apakah aplikasi kalian membutuhkan update apa tidak, bisa langsung saja menuju ke Google Play Store, dan ketikkan nama aplikasi tersebut. Jika tersedia pembaruan, maka langsung saja kalian klik update agar nantinya aplikasi tersebut bisa berjalan normal lagi nantinya.

Install Ulang Aplikasi

Setelah melakukan update aplikasi ternyata belum mengatasi masalah kalian, sepertinya kalian perlu aplikasi yang benar-benar baru untuk memastikan jika memang masalah ini disebabkan oleh aplikasi tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian melakukan install ulang aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Dengan melakukan install ulang ini, maka anda mendapatkan aplikasi yang benar-benar baru, sehingga seharusnya tidak akan ada masalah disini nanti. Untuk caranya simak di bawah ini:

  • Silahkan kalian buka menu Pengaturan di hp Oppo
  • Setelah itu cari dan buka menu Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi yang dimaksud, buka aplikasi itu lalu klik Uninstall
  • Restart smartphone kalian untuk membersihkan sisa instalasi aplikasi tersebut
  • Setelah Hp Oppo nyala kembali, buka Play Store dan silahkan download lagi aplikasi tersebut

Upgrade OS ke Versi Terbaru

Sekarang ini banyak sekali aplikasi baru yang meyesuaikan perkembangan dari sistem operasi smartphone, hal ini bertujuan agar nantinya aplikasi tersebut bisa berjalan secara optimal dan memanjakan para penggunannya.

Nah jika kebetulan aplikasi yang mengalami force close ini termasuk baru, dan sistem operasi di hp Oppo kalian masih lawas, mungkin ini yang menjadi penyebabnya karena antara aplikasi dan sistem operasi tidak kompatibel. Kalau sudah begini lantas bagaimana cara mengatasinya? Satu-satunya cara ialah dengan melakukan upgrade pada sistem operasi hp Oppo kamu. Begini caranya :

  • Silahkan buka menu Settings
  • Cari menu About Phone
  • Tap menu Check System Update
  • Jika tersedia update, maka pilih Download
  • Tunggu hingga proses upgrade ini selesai
  • Dan biasanya jika sudah selesai, akan ada notifikasi untuk melakukan restart smartphone untuk menyelesaikan proses

Sebelum kalian melakukan update OS ini, pastikan jika baterai Hp Oppo kalian minimal 50%, karena selama proses update ini jangan sampai smartphone kalian kehabisan baterai. Lalu bagaimana jika update OS ini tidak tersedia di Hp Oppo kalian? Kalau sudah begini, sebaiknya kalian jangan memaksakan menjalankan aplikasi tersebut di ponsel kalian.

      KETAHUI JUGA !!!

Mengatasi Aplikasi Force Close di Hp Oppo dengan Factory Reset

Masih ada cara mengatasi hp Oppo force close yang terakhir kali bisa dilakukan, yakni dengan cara factory reset. Mungkin ini menjadi cara ampuh terakhir untuk kalian yang tetap ‘ngeyel’ menjalankan aplikasi tersebut di hp Oppo meskipun sudah sering mengalami force close.

Tapi resikonya dengan melakukan factory reset ini, maka semua aplikasi dan data kalian yang ada didalam internal memori hp Oppo bakalan hilang. Jadi ponsel kalian kembali lagi seperti baru pertama kali beli. Untuk itu, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset, jika sudah siap maka kalian bisa melakukannya dibawah ini:

  • Masuk ke Menu Pengaturan di hp Oppo kalian
  • Lalu cari dan buka menu Back-up & Reset
  • Pilih menu Factory Data Reset dan Reset Phone
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, nanti hp Oppo kalian akan melakukan restart untuk menyelesaikannya

Cukup sekian dulu ya ulasan kita kali ini tentang cara mengatasi hp Oppo force close, semoga apa yang sudah kita bahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan kalian nantinya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *