Cara backup dan restore data dari hp lama ke hp baru

Cara Mudah Memindahkan Data Dari Hp Lama Ke Hp Baru

Saat ini sudah banyak sekali berbagai smartphone baru yang dihadirkan oleh sejumlah perusahaan, dimana pada perangkat baru ini kerap kali diberikan sebuah fitur keren terbaru namun dijual dengan banderol harga terjangkau yakni sebagai salah satu trik marketingnya. Maka dari itu, jangan heran banyak orang yang selalu tergiur untuk menukarkan ponsel lama mereka dengan hp baru tersebut.

Akan tetapi setiap kali kita ingin ganti hp baru, kerap kali dihadapkan dengan masalah yakni bagaimana cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru. Tak bisa dipungkiri, smartphone sekarang bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, namun lebih dari itu smartphone menjadi semacam memori eksternal dengan banyak data penting didalamnya.

Ada banyak sekali jenis data yang bisa disimpan kedalam smartphone ini, mulai dari foto, video, music, dokumen, maupun file pekerjaan lainnya yang tentu sangat penting bagi pemiliknya. Maka dari itu dibutuhkan sebuah tindakan untuk mengamankan file-file tersebut (backup) atau memindahkannya ke ponsel baru nantinya.

Bagi orang awam, tentu hal ini menjadi masalah yang cukup rumit dimana mereka harus mencari data penting tersebut lalu memindahkannya kedalam penyimpanan sementara seperti di PC / Laptop, lalu memasukkan kembali ke ponsel baru. Jika menggunakan cara ini cukuplah rumit, tapi tenang ada cara praktis yang bisa kalian coba lakukan nantinya.

Nah dalam prakteknya, ada dua tahapan yang bisa kamu lakukan untuk memindah data dari hp lama ke hp baru ini, yaitu mencadangkan berkas di ponsel lama (back up), lalu memulihkannya kembali (restore) ke hp baru. Dengan menggunakan tehnik ini, selain mudah juga pastinya akan menghemat waktu kalian dalam mengamankan berkas penting tersebut.

Penasaran bagaimana cara melakukannya ? baiklah tidak perlu lama-lama lagi, langsung saja simak caranya dibawah ini:

Memindahkan data dari hp lama ke hp baru

Cara Memindahkan Data dari Hp Lama ke Hp Baru

Seperti yang sudah disinggung diawal pembahasan tadi, dimana ada dua tahapan yang harus dilalui untuk memindah data di hp lama tersebut. Langkah pertama adalah mencadangkan (back up) semua data kedalam penyimpanan awan / Cloud. Disini kita menggunakan fasilitas Google.

Bagi kamu pengguna android, Google bakalan secara otomatis mencadangkan semua data kalian yang ada didalam smartphone, mulai dari foto, video, pesan, chat aplikasi, panggilan suara, kontak dan lain sebagainya.

Keunggulan lain, Google ini juga menyediakan penyimpanan yang tak terbatas, sehingga kamu pun tidak perlu khawatir sebanyak apapun data yang kamu miliki bakalan tetap tersimpan dan keamanannya sudah terjamin nanti.
Meskipun Google sudah menerapkan layanan pencadangan otomatis, namun terkadang ada beberapa data yang masih tertinggal atau belum tersimpan, untuk itu tidak ada salahnya jika kalian melakukannya sendiri. Untuk  langkah-langkahnya bisa kalian coba berikut ini:

  • Langkah pertama silahkan buka menu Pengaturan disalam hp lama kalian
  • Lalu cari dan buka menu ‘Sistem
  • Selanjutnya silahkan klik menu ‘Cadangan’, dan pastikan toogle dari ‘Cadangkan ke Google Drive’ di hp kalian sudah aktif
  • Selanjutnya silahkan klik menu ‘Cadangkan sekarang juga’ untuk mensinkronkan data didalam hp lama kalian kedalam Google Drive

Selain itu, kalian juga harus memastikan jika data seperti foto maupun video didalam ponsel kalian sudah di cadangkan di Google Foto. Kalian tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan pada Google Drive jika kalian memilih opsi berkualitas tinggi, karena kapasitas dari layanan Google ini juga sangat besar.
Untuk menyimpannya kalian bisa mengikuti Langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan buka aplikasi Google Photo didalam smartphone
  • Selanjutnya silahkan klik menu dengan ikon tiga garis di bagian kiri atas layer
  • Pilih menu Pengaturan
  • Lalu silahkan klik menu Cadangkan & Sinkronkan
  • Pastikan toogle untuk Cadangkan & Sinkronkan didalam hp kalian dalam keadaan On
  • Pastikan juga jika mode pencadangan tersebut sudah di setting pada kualitas tinggi
  • Butuh waktu beberapa saat dalam prosessnya

Memulihkan Data di Ponsel Baru

Setelah proses back up tadi selesai, maka langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah memulihkan data kalian di hp lama ke hp baru. Untuk langkah yang satu ini sangatlah mudah, dimana kalian harus ingat email dan juga kata sandi yang kalian pakai pada hp lama tadi.

  • Langkah pertama silahkan masukkan akun Google yang digunakan pada hp lama tadi
  • Konfirmasikan kunci layer ponsel untuk mengotentikasikan transfer data
  • Selanjutnya kalian bakal masuk kedalam halaman ‘Choose what to restore
  • Jika kalian ingin mengembalikan semua data dari ponsel lama ke ponsel baru, maka langsung saja klik menu Pulihkan atau Restore
  • Akan tetapi jika kalian tidak ingin mengembalikan semua data yang ada di ponsel lama, silahkan kalian tekan pengaturan Aplikasi, lalu silahkan pilih daftar aplikasi yang ingin di install pada ponsel baru nanti
  • Jika sudah, silahkan klik menu Pulihkan atau Restore untuk menginstall aplikasi yang sudah kalian pilih tadi di ponsel baru
  • Selesai

Lalu bagaimana caranya jika kita ganti ponsel dari android ke iPhone? Pastinya untuk pengaturannya tentu berbeda dengan cara diatas tadi. Nah untuk masalah ini kamu tidak perlu khawatir, kalian bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Aktifkan iPhone baru kalian, setelah aktif silahkan klik Mulai
  • Jika diminta, maka silahkan pilih untuk menyalin aplikasi serta data yang ada didalam hp lama
  • Jika kalian memiliki kabel untuk menyambungkan kedua ponsel, maka kalian bisa mengikuti petunjuk dilayar untuk menyalin data tersebut
  • Tapi jika kalian tidak memiliki kabelnya, silahkan pilih menu Tanpa Kabel? Lalu klik OK
  • Selanjutnya klik Perangkat iPhone, lalu ikuti petunjuk dilayar untuk menyalin data tersebut
  • Untuk mensinkronkan data dengan ponsel baru, maka silahkan cadangkan iPhone serta akun iCloud kalian ke Google Drive
  • Setelah itu kalian bakal mendapatkan SMS Konfirmasi di iPhone baru
  • Tunggu prosesnya, dan selesai. Kini data yang ada di dalam hp android kalian sudah bisa dipindahkan ke iPhone baru tersebut.

Sekedar mengingatkan, jika kalian berencana untuk menjual hp lama tersebut setelah memiliki hp baru, maka jangan lupa untuk membersihkan data yang ada didalamnya. Ini penting dilakukan supaya nanti data anda tidak diketahui dan tersebar ke orang lain yang mungkin tidak di inginkan.

Untuk membersihkan data didalam hp lama tersebut kalian bisa menggunakan fitur yang bernama Factory Reset yang ada di menu Pengaturan. Sebelum itu pastikan jika data kalian sudah di back up semuanya ya, karena jika kalian terlanjur melakukan Factory Reset tersebut maka semua data kalian bakalan hilang permanen.

      KETAHUI JUGA !!!

KESIMPULAN

Diera teknologi seperti sekarang ini semua kebutuhan jadi terasa mudah. Misalnya seperti urusan pindah memindahkan data dari perangkat lama ke perangkat baru. Cukup menggunakan layanan Google semua bisa diatasi dengan mudah. Jadi intinya cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru cukup dicadangkan dulu pada hp lama ke akun Google setelah itu login pada hp baru dengan akun Google yang digunakan untuk mencadangkan data tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah, lama tidaknya proses pencadangan dan pemulihan tergantung besar kecilnya data kalian yaa. Selain itu, Google hanya menyediakan space gratis sebesar 15GB. Jika kalian dirasa kurang cukup, bisa upgrade ke yang lebih besar. Pastikan menggunakan jaringan wifi, agar tidak jebol paketan data kalian.

Cukup sekian dulu ulasan tentang cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru pada kesempatan kali ini, semoga apa yang sudah kita bahas diatas Bersama tadi bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *