Cara Menghemat Baterai Realme

11 Cara Menghemat Baterai Realme Agar Tidak Cepat Habis

Posted on

GihPhone.com – Baterai smartphone ini memiliki peran yang sangat penting, karena ini menjadi sumber energy utama dari ponsel agar bisa digunakan nantinya. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang mencari cara menghemat beterai agar nantinya bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Jika kalian salah satunya, maka pada kesempatan kali ini kita ingin membahas artikel tentang cara menghemat baterai Realme untuk kalian semua. Realme menjadi salah satu smartphone yang banyak dipakai oleh orang Indonesia, dan baterai selalu menjadi masalah yang dialami oleh para pemilik smartphone, sekalipun kapasitasnya besar mereka masih saja kurang.

Cara Mengatasi Baterai Realme Cepat Habis

Bisa jadi hal ini karena ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh pengguna sehingga membuat baterainya jadi boros. Berikut ada beberapa trik yang bisa kalian coba untuk membuat baterai smartphone hemat, apa saja ? Mari kita simak bersama ulasannya dibawah ini.

Matikan Vibrasi (Getaran)

Cara menghemat baterai Realme pertama yang bisa kalian lakukan ialah dengan mematikan vibrasi pada ponsel kalian. Adanya Vibrasi (getaran) pada saat ada panggilan masuk ini memang kelihatanya sederhana, akan tetapi rupanya hal tersebut mengurangi daya baterai yang cukup besar.

Dengan mematikan vibrasi ini cukup efektif untuk mengurangi beban daya baterai hp Realme kalian pada saat menerima panggilan masuk. Alternatifnya kamu bisa menggunakan notifikasi suara dengan nada yang sedikit tinggi untuk mengetahui jika ada panggilan masuk nantinya.

Untuk mematikan layanan vibrasi ini caranya cukup mudah, silahkan kalian masuk kedalam menu Setting lalu tap menu Sound & Vibration. Setelah itu matikan pada bagian menu Vibrate for Incoming Calls.

Aktifkan Fitur Do Not Disturb

Sesuai namanya ya, fitur ini memiliki fungsi untuk mematikan segala notifikasi perangkat di hp Realme kalian, mulai dari suara, getaran, hingga cahaya layar. Tapi kalian tenang saja, semua notifikasi yang masuk kedalam hp kalian tetap akan diterima dan ditampilkan, dan cara ini sangat efektif untuk menghemat baterai Realme kalian.

Cara mengaktifkannya pun gampang banget, kalian cukup pergi ke menu Setting lalu pilih menu Do Not Disturb. Setelah itu silahkan kalian aktifkan dengan menekan Toogle hingga berubah warna. Didalam menu ini kalian juga bisa menjadwalkan untuk mengaktifkan fitur tersebut di jam-jam tertentu sesuai kebutuhan kalian nantinya.

Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Didalam smartphone baru saat ini banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur penghemat baterai, dan itu dijadikan salah satu fitur unggulan guna menarik perhatian dari calon pembeli. Nah untuk menghemat konsumsi baterai dari hp Realme kamu, maka caranya bisa kalian simak dibawah ini:

  • Silahkan buka menu Setings >> Battery
  • Fitur pengmehat baterai yang ada didalam hp Realme ini sangat lengkap, dimana kalian bisa memilih beberapa pengaturan yang ada didalamnya.
  • Disini silahkan kalian pilih menu Power Saving Mode / Mode Penghemat Daya

Dengan mengaktifkan Power Saving Mode, maka bakal mebantu kalian dalam menentukan kapan fitur penghemat daya baterai ini aktif. Jika pengen mematikan dalam kondisi tertentu, maka kalian bisa pilih opsi Turn Off Autmatically yang membuat fitur baterai ini nonaktif dalam kondisi baterai tertentu. Sebaliknya jika kamu ingin membuat fitur ini aktif otomatis dalam kondisi baterai tertentu, maka pilih pengaturan Turn On Spescified Battery Level.

Selain itu pada fitur penghemat baterai di hp Realme ini juga memiliki opsi Modus Performa yang nantinya bisa disesuaikn dengan ketersediaan daya baterai. Nah didalam mode performa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian, jika ingin mendapatkan performa maksimal maka bisa pilih High Performance Mode, sementara dua mode lainnya pas untuk membuat baterai Realme hemat.

Hentikan Aplikasi yang Boros Baterai

Untuk cara menghemat baterai Realme yang selanjutnya ini merupakan cara yang paling umum dan bisa digunakan untuk seluruh smartphone android. Didalam ponsel baru pasti sudah tertanam aplikasi didalamnya, atau aplikasi yang sudah di install oleh pengguna. Nah biasanya ada beberapa aplikasi ini yang ternyata menyedot daya baterai yang cukup besar sehingga membuat baterai ponsel cepat habis.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian memeriksa sejumlah aplikasi tersebut kira-kira mana yang mengkonsumsi daya baterai tinggi. Untuk mengeceknya kalian bisa pergi ke menu Setting >> Baterai & Performance, lalu pilih Power Usage. Jika terdapat aplikasi yang jarang dipakai dan mengkonsumsi daya baterai cukup besar, sebaiknya matikan atau hapus aplikasi tersebut.

Matikan Sinyal Radio Jika Tidak Digunakan

Sinyal radio yang dimaksud ini adalah fitur seperti NFC, GPS, Wi-Fi dan lain sebagainya. Fitur ini memang sangat penting digunakan, akan tetapi penggunaan dari fitur tersebut terbilang sangat jarang, dan sekalipun dipakai banyak orang yang lupa untuk mematikannya kembali.

Perlu kalian ketahui meskipun fitur ini tidak sedang digunakan, namun jika kondisi menyala mereka akan terus menyedot daya baterai yang ada di smartphone kalian. Maka dari itu, rajin-rajinlah untuk mengecek fitur tersebut jika memang tidak digunakan sebaiknya dimatikan.

Hentikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Selain sinyal radio, hal yang sering dilakukan dan lupa dimatikan para pengguna smartphone adalah membiarkan aplikasi berjalan di background. Biasanya hal ini terjadi ketika penggua smartphone menjalankan banyak aplikasi lalu mereka berpindah aplikasi lain dengan menekan tombol home, tanpa mengeluarkan aplikasi tersebut sebelumnya.

Meskipun tidak digunakan, tapi aplikasi yang berjalan di background ini tetap akan menyedot daya baterai. Nah untuk menghindari pemborosan baterai pada hp Realme kalian, maka dari itu sebaiknya menutup aplikasi tersebut dulu sebelum berpindah ke aplikasi lain jika memang sudah tidak digunakan. Karena jika hal ini terus dilakukan, maka bisa mengurangi usia ketahanan dari baterai tersebut.

Hindari Menggunakan Widget Terlalu Banyak dan Live Wallpaper

Untuk mempercantik tampilan dari smartphone mereka, banyak orang yang memanfaatkan fitur Live Wallpaper yang biasanya tersedia didalam ponsel. Namun ternyata menggunakan fitur ini bisa membuat baterai smartphone kalian cepat habis nantinya.

Selain itu, pemakaian widget didalam smartphone yang cukup banyak juga bisa membuat baterai smartphone boros. Hal ini dikarenakan sejumlah widget ini membutuhkan data update dari internet, sehingga baterai dan kuota internet kalian juga cepat habis. Ada baiknya, matikan live wallpaper di hp Realme kalian serta pakai widget sedikit saja yang dibutuhkan, agar nantinya tampilan layar ponsel tidak penuh dan enak dipandang.

Matikan Notifikasi yang Tidak Penting

Sejumlah aplikasi biasanya memiliki fitur notifikasi, dimana hal ini diperlukan agar nantinya para pengguna mendapatkan pemberitahuan jika ada info penting dari aplikasi tersebut. Nah jika memang notifikasi itu dari aplikasi penting mungkin tidak ada masalah, namun jika notifikasi ini dari aplikasi yang ‘kurang’ penting, tentu cukup mengganggu.

Selain mengganggu, notifikasi tersebut juga menguras baterai smartphone karena secara tidak langsung mereka berati aktif secara real time. Nah untuk mematikannya kalian cukup pergi ke menu Setting >> App notifications.

Kecerahan Layar

Dan cara terakhir yang bisa kalian gunakan untuk menghemat baterai hp Realme ini adalah memanfaatkan fitur kecerahan otomatis. Dengan begini smartphone kalian bisa menyesuaikan kebutuhan kecerahan layar, karena dengan menggunakan tingkat layar paling cerah membuat smartphone panas dan membuat baterai boros jika digunakan terus menerus.

      KETAHUI JUGA !!!

Matikan Sinkronisasi Akun

Kebutuhan pencadangan / sinkronisasi sangatlah perlu, karena untuk keamanan data yang penting. Namun jika fitur ini dinyalakan terus-menerus tentu akan menguras baterai. Karena itu, matikan saja fitur sinkronisasi otomatis. Caranya masuk pada menu Pengaturan > Akun dan Sinkronisasi kemudian nonaktifkan.

Dengan begini, baterai akan lebih hemat dan terkurangi beban kerjanya. Lantas, bagaimana dengan keamanan datanya ? Tenang, kalian bisa melakukan dengan cara manual alias kapan saja dan dimana saja. Mungkin bisa sambil dengan charge hp kalian.

Periksa Kondisi Baterai

Jika semua cara sudah dilakukan tetapi kondisi baterai cepat habis, kemungkinan besar masalah ada pada fisik baterai tersebut. Coba kalian lakukan kalibrasi baterai atau membawa ke service center. Karena jika sudah pada bagian ini, tentu cara yang harus ditempuh adalah mengganti baterai dengan yang baru.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang cara menghemat baterai Realme yang bisa kita bagikan, semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *