Cara-menghemat-baterai-iPhone-semua-type
Source : gadgethacks.com

11+ Cara Menghemat Baterai iPhone iOS 12 dan Seri Lainnya

Posted on

GihPhone.com – Perusahaan Apple beberapa waktu lalu telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru mereka yakni iOS 12. Dimana sistem operasi baru ini membawa banyak sekali pembaruan didalamnya yang pasti siap memanjakan aktifitas pengguna nanti.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak ingin membahas tentang berbagai fitur yang ada didalam OS tersebut, namun lebih ke cara menghemat baterai iPhone iOS 12 yang bisa kalian lakukan nanti. Perlu diakui, untuk perangkat elektronik seperti smartphone, baterai bisa dikatakan sebagai salah satu nyawanya, dimana tanpa ada baterai maka perangkat iPhone secanggih apapun tetap tidak bisa menyala.

Menyebalkan pastinya jika tiba-tiba baterai iPhone kita habis, padahal kita tidak menggunakannya. Kemungkinan ada beberapa penyebab yang tanpa kalian sadari dan ketahui membuat baterai smartphone kalian cepat habis ini bisa terjadi. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita ingin memberikan cara mengatasinya untuk kalian semua. Penasaran seperti apa? yuk simak langsung caranya dibawah ini.

Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis

1. Turn Off Raise to Wake Pada iPhone

Cara menghemat baterai iPhone iOS 12 yang pertama kali ini adalah mematkan fitur Raise to Wake pada iPhone. Ini bisa jadi salah satu masalah kamu mengalami baterai yang boros, karena cukup dengan layar menyala saja konsumsi daya baterai juga bakal terkuras. Untuk mematikan fitur ini gampang banget, berikut caranya:

  • Silahkan buka menu setelan
  • Pilih menu Tampilan & Brightness
  • Cari menu Raise to Wake, lalu matikan fitur tersebut

2. Update Semua Aplikasi

Pada saat perusahaan Apple meluncurkan iOS baru, mereka pasti sebelumnya menghadirkan versi beta untuk menjajal pengembangan aplikasi mereka agar nantinya bisa berjalan secara optimal tanpa ada kendala.

Dan aplikasi ini setiap waku bakal menyediakan update terbaru agar kinerjanya maksimal, jika kamu tidak mengaktifkan fitur update otomatis pada aplikasi di iPhone, maka kamu perlu meluangkan waktu sejenak untuk memperbaruinya. Dengan melakukan pembaruan aplikasi ini menjadi salah satu upaya untuk penghematan konsumsi baterai juga lho, jadi jangan sampai diabaikan ya.

3. Kurangi Widget Pada Lock Screen

Sebenarnya Widget ini memiliki peranan yang cukup penting bagi pengguna iPhone, dengan adanya fitur tersebut akan memudahkan mereka dalam melihat informasi penting setiap harinya, seperti acara kalendere, cuaca, kemajuan activity dan masih banyak lagi.

Namun rupanya widget ini juga bakal menguras baterai iPhone kalian jika terlalu banyak digunakan, karena widget ini bakal terus bekerja sekalipun smartphone kalian tidak digunakan. Untuk itu, mengurangi penggunaan widget bisa jadi solusi untuk menghemat baterai iPhone iOS 12 kalian. Gunakan widget yang paling penting saja untuk dipakai di Lock Screen.

4. Aktifkan Reduce Motion

Cara menghemat baterai iPhone iOS 12 selanjutnya ialah dengan mengaktifkan fitur Reduce Motion. Fitur ini sebenarnya untuk mempercantik tampilan dari perangkat iPhone kalian dengan sejumlah animasi didalamnya, namun jiak semakin banyak animasi yang dipakai maka hal ini juga bakal berpegaruh pada penggunaan baterai juga. Untuk itu, mengurangi animasi ini juga sangat dianjurkan agar baterai smartphone bisa lebih hemat nanti, caranya ialah dengan mengaktifkan fitur Reduce motion berikut ini:

  • Silahkan buka menu setelan
  • Klik menu General
  • Pilih Accessibility
  • Pilih Reduce Motion, dan aktifkan fitur tersebut

5. Hentikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan oleh banyak pengguna smartphone adalah, setelah menjalankan sebuah aplikasi mereka lupa untuk menghentikanya. Jika kondisi ini terjadi, maka aplikasi tersebut akan terus menyedot daya batarai iPhone walaupun tidak kalian gunakan. Akibatnya baterai dari iPhone iOS 12 kalian pun bakal habis secara perucma. Maka dari itu, silahkan memaksa keluar dari aplikasi tersebut untuk menghentikan aktifitasnya dan tidak mengkonsumsi baterai kalian.

6. Matikan Air Drop

Selain itu, cara sederhana untuk menghemat baterai iPhone iOS 12 yang bisa kalian lakukan ialah dengan mematikan fitur AirDrop jika tidak digunakan. Jika fitur AirDrop ini aktif, maka nantinya perangkat iPhone bakal terus mencari perangkat Apple lainnya agar bisa saling terhubung, dan jika fitur ini tidak digunakan atau difungsikan, maka hal tersebut hanya akan membuang daya baterai smartphone kalian saja.

7. Matikan Background App Refresh

Sesuai namanya, fitur di iPhone iOS 12 ini memungkinkan sistem bisa melakukan refresh otomatis konten aplikasi yang berjalan di background. Sebenarnya sekilas fitur ini memang sangat bermanfaat agar nantinya konten aplikasi terus update terbaru, dan siap digunakan pada saat kamu membukanya.

Akan tetapi, jika kalian ingin baterai iPhone ini awet, maka dengan mematikan fitur ini sangat dianjurkan untuk kalian lakukan, atau minimali kalian gunakan untuk aplikasi yang menurut kalian penting saja nanti.

8. Matikan Location Services

Beberapa aplikasi yang terpasang pada iPhone, secara rutin melakukan tracking terhadap lokasi. Fitur ini sangat memakan banyak daya baterai. Karena itu, bisa kalian non-aktifkan saja, dan disetting melakukan tracking ketika membukanya. Caranya dengan masuk pada menu Settings > Privacy > Location Services. Pilih opsi While Using untuk semua aplikasi

      KETAHUI JUGA !!!

9. Disable Auto Brightness

Fitur ini memang sangat membantu, karena bisa secara otomatis redup dan terang menyesuaikan kondisi smartphone. Namun, fitur ini juga sangat berdampak pada konsumsi baterai. Karena itu, non-aktifkan saja dengan cara masuk pada menu Setting > General > Accessibility > Display Accommodations. Pada toggle opsi Auto-Brightness ubah ke posisi OFF.

10. Matikan Notifikasi pada Kunci Layar

Fitur notifikasi yang muncul saat smartphone dalam mati sebenarnya sangat membantu. Tapi lagi-lagi juga harus mengorbankan daya tahan baterai. Logikanya, semakin sedikit aplikasi yang kita izinkan, maka daya baterai akan semakin bertahan lama. Karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan saja. Caranya bisa masuk pada menu Settings > Notification dan pilih aplikasi yang ingin di Show on Lock Screen

11. Restart iPhone

Dan cara menghemat baterai iPhone iOS 12 yang terakhir kali ini adalah melakukan restart pada perangkat iPhone kalian. Dengan cara ini,secara otomatis bakal menutup semua aplikasi yang sedang berjalan tanpa kita sadari nantinya. Selain itu, cara ini juga diklaim menjadi salah satau tehnik ampuh untuk memperbaik crash pada aplikasi yang kebetulan sedang berjalan.

Pada intinya, smartphone iPhone memiliki banyak fitur canggih yang sangat membantu pengguna. Namun, dari fitur-fitur tersebut tentu menguras baterai yang cukup banyak. Karena itu gunakan sesuai kebutuhan saja dan matikan yang tidak perlu. Dengan itu, baterai smartphone akan lebih hemat.

Mungkin cukup sekian dulu ya ulasan dari kita kali ini tentang cara agar iPhone iOS 12 kalian hemat baterai. Semoga apa yang kita sampaikan diatas tadi bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *