Cara hapus data di android sebelum dijual

Cara Menghapus Data Android Permanen Sebelum Dijual

Smartphone android memang menjadi salah satu perangkat yang sangat laris dipasaran, dan banyak sekali vendor smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Apple dan masih banyak lagi yang menyuguhkan ponsel tersebut dengan kelebihan masing-masing. Karena itu tidak heran jika banyak orang yang sering gonta-ganti ponsel android karena setiap tahunnya para perusahaan ini selalu merilis berbagai perangkat baru yang lebih canggih.

Nah jika kalian termasuk tipe orang yang suka gonta-ganti smartphone, maka ada hal yang perlu kalian tahu dan penting dilakukan sebelum menjual ponsel lama kamu, yaitu menghapus data didalamnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas ulasan tentang cara menghapus data Android sebelum dijual pada kalian semua.

Hal ini wajib sekali kalian lakukan sebelum ganti ponsel baru, agar nantinya data pribadi kalian yang tersimpan didalam ponsel lama tidak diketahui oleh orang lain si pemilik barunya. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan nantinya, berikut ulasan selengkapnya.

Cara menghapus data diandroid secara permanen

Cara Menghapus Data Di Android Secara Permanen

Menggunakan File Manager

Cara menghapus data Android sebelum dijual yang pertama bisa kamu lakukan adalah melalui fitur File Manager didalam ponsel kalian. Setiap smartphone pastinya dibekali dengan fitur yang satu ini, karena memang tujuannya adalah memudahkan pengguna dalam mengelola berbagai data didalam ponsel.

Tidak hanya data aplikasi, namun juga file media seperti foto, video, music, dokumen, dan lain sebagainya. Dengan menghapus melalui file manager ini memiliki keuntungan, dimana kamu bisa memilih file mana saja yang ingin dihapus.

Cara melakukannya pun cukup mudah, silahkan kalian buka menu File Manager di smartphone, pilih folder mana yang ingin dihapus, tahan beberapa saat, lalu pilih menu tiga titik dibagian atas, lalu pilih hapus. Atau jika kalian tidak ingin menghapus seluruh isi folder, maka bisa pilih beberapa file mana saja yang ingin dihapus.

Menggunakan File Shredder

Jika anda masih belum yakin dengan menggunakan file manager tadi, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menggunakan aplikasi tambahan bernama File Shredder. Tentu cara ini direkomendasikan apabila ponsel anda masih memiliki kapasitas memori tersisa.

Aplikasi ini sangatlah direkomendasikan untuk menghapus file yang ada didalam smartphone anda secara aman dan dipastikan tidak akan ada yang tersisa. Penghancur file seperti Shreddit, iShredder, maupun Data Eraser ini memang memberikan pilihan algoritma penghancuran file yang dipastikan bakal hilang secara permanen.

Maka dari itu, aplikasi tambahan ini sangat pas sekali untuk menghapus beberapa atau semua data lama smartphone jika kalian memiliki rencana untuk menjual ponsel. Sebelum itu pastikan jika file yang berada didalam ponsel tersebut sudah kalian back up sebelumnya, karena jika sudah terhapus maka file tersebut tidak akan bisa kembali lagi.

Hapus File Android dari PC

Cara menghapus data Android sebelum dijual selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah melalui PC. Tentu cara ini direkomendasikan untuk kalian yang memiliki PC / Laptop ya, kamu bisa menyambungkan hp android ke PC untuk menghapus data didalamnya melalui Windows.

Dengan menggunakan metode ini tentu akan lebih mudah untuk kalian menemukan lalu menghapus berbagai item didalam smartphone. Caranya pun cukup gampang, tinggal sambungkan smartphone kalian dengan PC menggunakan kebl USB, lalu pilih menu Open Device dan pilih AutoPlay untuk melihat file didalamnya.

Atau untuk lebih mudahnya lagi kalian bisa masuk pada menu File Explorer >> This PC >> lalu klik dua kali pada ikon drive smartphone kalian. Jika ternyata didalam drive tersebut kosong, maka silahkan kalian usap layar smartphone kebawah, jika kondisi USB saat itu sedang mengisi daya perangkat, maka ganti menjadi transfer file, dan disitu akan muncul folder yang berisi berbagai media yang ada didalam smartphone.

Silahkan kalian pilh file mana yang ingin kalian hapus, atau bisa juga dihapus semua sesuai dengan keinginan nantinya. Atau kalian ingin mengcopy file tersebut terlebih dahulu kedalam computer juga bisa.

Hapus File Didalam SD Card

Jika kebetulan kalian ingin menjual smartphone sekalian dengan memori SD Card yang ada didalamnya, maka memori ini juga perlu dibersihkan dulu agar nantinya data pribadi kalian yang ada didalamnya tidak bisa diakses oleh pemilik yang baru.

Nah untuk membersihkan file media yang ada didalam SD Card, maka kalian bisa pergi kedalam menu Setting >> Storage >> SD Card, lalu pilih file mana yang ingin kalian hapus. Jika kalian ingin menghapus semuanya, maka bisa dengan cara melakukan format pada microSD tersebut untuk benar-benar membersihkannya sampai tak tersisa.

Sebelum memformat SD Card tersebut, pastikan jika kalian sudah melakukan backup file terlebih dahulu yang ada didalamnya, karena jika sudah di format maka file tersebut tidak akan bisa kembali. Jika sudah siap, maka tap menu tiga titik dibagian pojok kanan atas, lalu pilih Storage Settings >> Format >> Erase & Format SD Card.

Menggunakan Factory Reset

Cara menghapus data Android sebelum dijual yang terakhir bisa kamu coba kali ini adalah dengan memanfaatkan fitur bernama Factory Reset. Fitur ini memang sudah ditanam didalam setiap ponsel, yang fungsinya adalah untuk melakukan restart ulang ke setelan pabrik.

Trik ini mungkin sudah bukan rahasia umum lagi dan banyak pengguna hp android yang paham. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang masih belum tahu caranya. Sebelum kamu melakukan Factory Reset, ada baiknya melakukan backup data terlebih dahulu siapa tahu ada file penting yang perlu diselamatkan.

Hal ini sangat penting dilakukan, pasalnya jika kamu melakukan format factory maka semua file media hingga aplikasi yang sebelumnya ada didalam smartphone bakalan hilang, dan ponsel seperti pertama kali beli dulu. Selain itu jangan lupa untuk melepaskan simcard yang terpasang di smartphone, dikhawatirkan dalam melakukan factory reset ini data didalam SDcard juga ikut hilang.

Selanjutnya silahkan lakukan enkripsi pada data didalamnya sebelum dihapus, dengan proses enkripsi ini bakal mengacak data yang ada didalam ponsel. Dengan begini, jika terdapat file yang masih tertinggal, maka akan membutuhkan kode / password untuk membukanya.

Nah untuk melakukan proses enkripsi ini, silahkan kamu buka menu Setelan >> Security, setelah itu pilih menu Encypt Phone. Mungkin untuk letak dari fitur enkripsi ini berbeda-beda dari setiap smartphone, jadi kalian perlu melakukan penyesuaian saja.

Untuk proses Factory Reset, silahkan buka menu Settings, lalu pilih menu Backup & Reset, lalu selanjutnya pilih menu Factory Data Reset. Tunggu prosesnya hingga selesai, nantinya hp android kalian bakal restart dan semua data didalamnya bakal bersih seperti baru pertama kali beli.

      KETAHUI JUGA !!!

KESIMPULAN

Menghapus data di memori internal atau eksternal pada suatu perangkat smartphone sebenarnya tidaklah seperti menghapus tulisan pada papan tulis, dimana setelah dihapus akan hilang dan tidak bisa dibaca lagi. Masih ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh tangan-tangan jahil untuk mengambil data yang sudah dihapus dengan cara seperti itu. Terlebih ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengambil data yang sudah dihapus.

Nah, untuk mengantisipasi tindakan seperti itu caranya adalah mengisi ulang lagi memori penyimpanan dengan data yang tidak penting hingga penuh, setelah itu hapus ulang lagi. Pastikan sebelum menghapus melakukan enkripsi file terlebih dahulu. Jika masih ragu-ragu lakukan sebanyak tiga kali, isi hapus, isi hapus, isi lagi dan hapus lagi. Dengan cara ini file penting yang disimpan pertama kali pada memori akan tertumpuk dengan file baru dan akhirnya sulit untuk dikembalikan lagi.

Dengan menghapus semua data didalam ponsel, tentu ini juga merupakan salah satu cara mengamankan data pribadi kalian dari orang lain. Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara menghapus data Android sebelum dijual, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *