Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

UPDATE, 9 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Posted on

GihPhone.com – Saat sedang seru-serunya bermain mobile game, eee tiba-tiba layarnya bergerak sendiri. Adakah yang mengalami masalah seperti itu? Pastinya hal seperti itu sangatlah tidak mengenakkan dan masalah seperti itu kerap kali menerpa ponsel layar sentuh. Sementara dijaman modern seperti saat ini pasar smartphone dunia didomisili oleh smartphone layar sentuh.

Ya, smartphone layar sentuh dinilai lebih efisien. Selain itu cara pengoperasiannyapun juga simpel sekali. Dibalik kelebihan tersebut rupanya juga ada kekurangannya. Yakni layar yang mudah retak dan eror. Nah oleh karena pastinya anda sering menemui kondisi layar yang bergerak sendiri atau sering disebut dengan Gosh Touch. Lantas bagaimana cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri?

Pada artikel kali ini saya akan membahas tuntas mengenai cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. Berikut adalah cara-caranya.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak naik turun

Cara Memperbaiki Touchscreen Loncat dan Bergerak Sendiri Naik Turun

1. Lakukan rebort atau restart

Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang pertama adalah dengan merestart smartphone android anda. Hal ini dikarenakan pada saat merestart smartphone maka secara otomatis semua aplikasi yang berjalan akan berhenti dengan sendirinya.

Dengan begitu pada saat smartphone menyala maka semua aplikasi tadi akan berhenti. Bisa jadi, touchscreen bergerak sendiri dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan di layar belakang. Maka kondisi tersebut membuat smartphone eror dan kehabisan RAM.

2. Cek kondisi charger

Hal yang tidak disangka-sangka seperti charger rusak juga pengaruh terhadap masalah touch screen bergerak sendiri. Ini biasanya terjadi ketika baterai smartphone dalam kondisi habis dan anda melakukan charger, sementara charger rusak. Akhirnya menyebabkan layar sentuh bergerak sendiri.

3. Cek kondisi Touchscreen atau layar smartphone

Ya, cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri bisa anda lakukan dengan melihat kondisi layar smartphone anda. Caranya anda tinggal membuka bagian layar. Jika anda ragu untuk melakukannya sendiri anda bisa meminta bantuan kepada tukang servis terdekat.

Setelah berhasil dibuka mohon periksa kondisi LCD apakah ada yang rusak atau tidak. Jika tidak ada dan perlu memeriksa indokator lainnya. Namun jika ada kerusakan pada bagian touchscreen anda bisa langsung menggantinya.

4. Cek kondisi lapisan pelindung layar

Lapisan pelindung layar rusak atau kotor juga bisa menyebabkan layar bergerak sendiri. Ketika anda melakukan perintah (sentuhan) layar tidak memberikan tanggapan karena terhalang oleh debu atau kotoran. Tak sabaran anda melakukan sentuhan terus menerus, akhirnya layar over perintah dan bergerak dengan sendirinya. Jadi, bisa anda atasi dengan membersihkan atau mengganti pelindung layar.

5. Lakukan kalibrasi pada smartphone android

Melakukan pengaturan kalibrasi juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi toucshreen bergerak sendiri. Cara yang satu ini banyak dilakukan mengingat langkah-langkah yang sangat mudah. Untuk mengatasi masalah touchscreen bergerak sendiri ini anda bisa menggunakan bantuan aplikasi tambahan seperti Kalibrasi Layar Sentuh. Aplikasi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis di Google PlasyStore.

      KETAHUI JUGA !!!

6. Matikan option Force GPU Rendering

Option Force GPU Rendering ini terletak pada mode pengembang. Pastinya anda semua sudah tahu apa itu mode pengembang. Mode pengembang merupakan sebuah mode tambahan yang multifungsi. Salah satu fungsi dari mode pengembang ini adalah mampu mengaktifkan opsi USB Debugging.

Apabila anda mengalami masalah touchscreen bergerak sendiri tanpa disentuh, anda bisa melakukannya dengan cara menonaktifkan option Force GPU Rendering. Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dengan mematikan option Force GPU Rendering ini sudah banyak dilakukan oleh pengguna smartphone.

7. Bisa jadi karena overheating

Overheating atau penggunaan smartphone yang berlebihan sehingga membuat suhu menjadi tinggi, rupanya menjadi salah satu faktor pemicu tounchscreen bergerak sendiri. Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri karena overheating bisa anda lakukan dengan menguninstall aplikasi yang tidak penting.
Selain itu kurangi penggunaan smartphone yang berlebihan karena selain memperburuk kondisi smartphone, kegiatan tersebut juga kurang bagus untuk kesehatan mata.

8. Lakukan factory reset

Apabila touchscreen smartphone anda bergerak sendiri, anda bisa mentabilkannya dengan melakukan factory reset. Cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri menggunakan Factory Reset ini dinilai cukup ampuh.
Karena dengan langkah ini kita membuat smartphone dalam kondisi seperti awal lagi. Cara melakukan Factory Reset juga sangat mudah tinggal buka menu Pengaturan/Setiing -> Cadangkan -> Reset data pabrik. Perlu diketahui sebelum melakukan Factory Reset pastikan jika baterai dalam kondisi penuh dan semua data penting sudah di backup.

9. Lakukan flash ulang atau ganti ROM

Sudah melakukan Factory Reset tapi smartphone masih eror juga? Nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan perbaikan pada touchscreen dengan cara flash ulang atau ganti ROM. Apabila touchscreen dalam kondisi baik besar kemungkinan smartphone anda bisa kembali normal seperti semula.

Itulah informasi seputar cara mengatasi masalah pada smartphone yang bisa saya sampaikan. Semoga beberapa poin tentang cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri tadi dapat membantu anda. Terima kasih sudah mampir dilaman kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *