Mengatasi tombol home back tidak berfungsi
Source : smartponsel.id

9 Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi Semua HP Android, Cek Yuk!

Posted on

GihPhone.com – Saat ini memang pasar ponsel global di dominasi smartphone berbasis android maupun iOS. Bahkan hampir semua ponsel cerdas saat ini dikemas dengan layar sentuh meskipun sebagian belum full touchscreen dan menyisakan tombol kapasitif dibawah layarnya. Para pengguna smartphone pun sering mempergunakan tombol back untuk menavigasi layar dan tentunya tombol home untuk menuju ke menu utama ponsel juga tombol recent apps untuk melihat aplikasi apa yang terakhir dibuka. Untuk itulah tak jarang tombol tersebut kerap mengalami masalah sehingga sulit untuk disentuh. Lantas bagaimana cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi?

Memang cukup membinggungkan apabila tombol back dan home yang ada dalam smartphone android kita bermasalah dan tidak berfungsi. Pasalnya kita tidak bisa menavigasi menu-menu dalam ponsel cerdas yang kita pakai kecuali jika timbol home dan back yang disematkan bukan touchscreen alias menggunakan tombol fisik. Nah kali ini kita akan ulas bersama trik keren mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi dalam tips dan trik berikut ini.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi pada Smartphone Android

1. Hapus Aplikasi Yang Baru Anda Install/Pasang

Umumnya banyak pengguna smartphone android yang sering mengotak-atik perangkatnya dengan melakukan root maupun mengganti custom room sehingga membuat perangkat sering bermasalah. Namun berbeda jika yang mengalami masalah perangkat adalah pemula pengguna android. Nampaknya sejumlah aplikasi tools kemungkinan menjadi penyebab tombol home atau back di smartphone tidak berfungsi karena anda telah melakukan tweak sehingga dapat secara langsung merubah perintah ketika pengguna menekan tombol home perangkat.

2. Unroot dan Kembalikan ke Stock ROM

Untuk anda yang memang baru melakukan root atau mengganti custom room dan mengalami langsung masalah tombol home atau back tidak berfungsi, maka sebaiknya anda mengembalikan lagi perangkat anda dalam keadaan semula atau dikembalikan ke Stock ROM. Kemungkinan tombol home dan back tidak berfungsi lantaran custom rom yang anda pasang tidak kompatibel dengan perangkat.

3. Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan Factory Reset atau mengembalikan pada pengaturan pabrik. Reset Android ini dapat memperbaiki perangkat agar kembali berfungsi dengan baik akibat error yang kerap terjadi. Untuk penyebab error sendiri bisa saja lantaran pembaruan dari aplikasi yang membawa bugs pada perangkat anda sehingga membuat tombol home tidak berfungsi. Namun yang perlu diingat, sebelum melakukan Factory Reset pastikan dulu anda membackup semua data dalam smartphone karena semua data akan hilang.

4. Pakai Aplikasi Assitive Touch Android

Langkah selanjutnya adalah menggunakan aplikasi yakni ‘Assistive Touch for Android’ bagi anda pengguna smartphone Android. Aplikasi ini memungkinkan anda dapat melakukan berbagai navigasi melalui tombol virtual yang terlihat dalam layar perangkat. Sementara untuk pengguna iOS sendiri bukan hal baru karena memang perangkat telah dibekali fitur Assistive Touch dimana pengguna juga dapat mengatur tombol apa yang ingin dipakai.

5. Install Aplikasi Pengganti Tombol Home Fisik

Jika masalah tombol home dan back tetap tidak berfungsi maka anda dapat memakai aplikasi penganti tombol home fisik yakni ‘Handy Soft Keys’. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengganti fungsi tombol fisik yang rusak. Aplikasi ini bukan hanya dapat digunakan sebagai tombol home virtual namun juga tombol back dan recent apps dimana cocok digunakan untuk mengganti tombol home atau back yang rusak secara fisik misalnya retak lantaran terjatuh.

Namun cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi juga dapat diatasi dengan mengetahui penyebab utama dari masalah itu. Karena jika memang terjadi kerusakan fisik maka tombol home ataupun back tentunya tidak akan teratasi menggunakan aplikasi yang telah anda install. Berikut penyebab tombol home dan back tidak berfungsi serta solusi mengatasinya.

Penyebab Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi

1. Karena Menekan Terlalu Keras

Jika tombol home atau back tak berfungsi lantaran Anda menekannya terlalu keras, maka anda dapat mengatasinya dengan cara membersihkan permukaannya dengan tisu kering. Setelah itu basahi dengan minyak kayu putih pada area bermasalah untuk membersihkannya.

2. Tidak Berfungsi Secara Tiba-tiba

Sementara jika tombol back dan home tiba-tiba saja tidak berfungsi maka anda dapat mencoba membersihkannya dengan menggunakan kain katun kering secara perlahan. Pasalnya hal itu dapat diakibatkan lantaran debu dan kotoran.

3. Karena Benturan Keras / Terjatuh

Jika masalah tombol home dan back tidak berfungsi lantaran benturan keras atau terjatuh dari ketinggian, maka anda tentunya dapat membawa perangkat ke service center android dekat tempat tinggal anda. Pasalnya kemungkinan besar penyebab masalah itu adalah kerusakan pada hardwarenya.

4. Lakukan Kalibrasi Secara Berkala

Dan terakhir adalah anda dapat melakukan kalibrasi secara berkala dimana cara ini umumnya dapat memulihkan tombil back dan home yang mengalami masalah tidak bisa ditekan.

Kesimpulannya adalah saat tombol kapasitif dalam smartphone android anda bermasalah maka anda dapat mencoba cara mengatasi tombol home dan back tidak berfungsi seperti pada ulasan diatas. Namun tentunya sebelum masalah terjadi ada baiknya kita untuk mencegahnya dengan merawat perangkat smartphone kita secara baik dan menjaga kebersihannya. Bukan begitu sobat?

Search : tombol back xiaomi tidak berfungsi, cara mengatasi tombol back yg tidak berfungsi, penyebab tombol back samsung tidak berfungsi, tombol back samsung j2 prime tidak berfungsi, cara memperbaiki tombol recent, tombol back samsung error, tombol back lenovo a6000 tidak berfungsi, cara mengatasi tombol back berfungsi sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *