Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Update, 11 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Posted on

GihPhone.com – Android merupakan salah satu platform smartphone yang diminati banyak sekali konsumen. Dimana hp android ini memiliki banyak sekali variannya, mulai dari harga termurah hingga kelas premium juga tersedia dipasaran, sehingga konsumen pun bisa memilih sesuai dengan kemampuan mereka membelinya.

Namun tidak bisa dipungkiri, sebagai perangkat lunak maka android ini juga bisa mengalami masalah, dimana salah satunya membuat para pengguna tidak bisa melakukan install aplikasi didalam hp android miliknya.

Ada beberapa alasan kenapa hal ini bisa terjadi, dan tidak menutup kemungkinan kesalahan ini bisa disebebkan oleh faktor eksternal yakni pengguna smartphone itu sendiri. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di android kepada kalian semua.

Ada beberapa cara yang bisa kalia coba nanti untuk mengatasi masalah ini, dan silahkan kalian lakukan secara bertahap nanti. Baiklah tidak perlu berlama-lama, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Instal Aplikasi di Android

Ada banyak cara yang akan kita bagikan kali ini untuk mengatasi smarphone kalian yang tidak bisa install aplikasi, baik smartphone kalian dalam keadaan sudah di root ataupun belum. Baiklah langsung saja simak caranya dibawah ini:

1. Versi Android Tidak Mendukung

Para pengembang aplikasi selalu menentukan aplikasi yang dibuatnya bisa compatible dengan versi Android berapa. Nah, ini menyebabkan pengguna tidak bisa menggunakan atau menginstall aplikasi tersebut di versi android dengan sembarangan. Harus sesuai dengan keterangan aplikasi. Lebih lagi tentu tidak bisa di install di versi android lebih bawah dari ketetapan. Karena itu, sebelum download pastikan terlebih dahulu juga aplikasi tersebut mendukung sistem android perangkat kalian.

2. Kerusakan Pada File Unduhan

File aplikasi yang rusak atau corrupt bisa menjadi penyebab tidak bisa di installnya dalam perangkat android. Kerusakan pada file ini biasanya karena tersisipi virus akhirnya ter-scan oleh antivirus sehingga ada beberapa file yang dihapus oleh antivirus. Atau bisa juga karena tidak lengkapnya developper dalam meunggah file. Jika memang demikian, sebaiknya donwload ulang atau cari aplikasi dari pihak resminya.

3. Hapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Silahkan kalian hapus aplikasi yang mungkin sudah lama tidak digunakan, dengan begini maka selain bisa menambah kapasitas memori penyimpanan internal hp android kalian, namun juga mengurangi kerja dari RAM sehingga kinerjanya bisa lebih ngebut lagi nantinya. Yaa. Kebutuhan ruang penyimpanan yang lega dapat menambah performa kinerja smartphone. Jadi, sediakan setidaknya 20 persen dari besarnya memori penyimpanan smartphone kalian.

4. Bersihkan Aplikasi Yang Bekerja pada Memori RAM

Jika cara diatas masih belum bekerja, maka silahkan kalian bersihkan RAM secara langsung pada aplikasi yang sedang berjalan. Bagi kalian yang menggunakan smartphone Samsung, maka caranya silahkan buka menu Setting > Task Manager > RAM > Clear Memory

5. Bersihkan Cache dan Data Lainnya pada Google Play Store

Cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di android selanjutnya kali ini kalian bisa melakukan pembersihan cache dan data yang ada di Google Play Store. Kenapa demikian, karena terkadang permasalahan bukan pada aplikasi, bisa jadi karena Google Play Store mengalami masalah akhirnya proses download dan install aplikasi tidak lancar.

Jadi, coba bersihkan data pada Google Play Store. Namun perlu kalian ketahui sebelumnya, jika cara diatas ini nantinya akun kalian bakal log out dari aplikasi Play Store. Jika tidak ada masalah, maka caranya silahkan pergi ke menu Settings > Apps > Running. Setelah itu tap pada Google Play Store, yang terakhir silahkan kalian tap Force Close / Clear Cache / Clear Data.

6. Bersihkan Cache di Setiap Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan kali ini adalah dengan membersihkan cache dari setiap aplikasi. Beberapa cache yang bisa kalian bersihkan ini bisa dari aplikasi Google Chrome, Instagram, Whatsapp, Facebook, Line maupun aplikasi chat lainnya. Hal ini dikarenakan, sejumlah aplikasi diatas tadi diyakini paling banyak menghabiskan kapasitas RAM dan Memori internal hp android. Untuk cara membersihkannya, silahkan buka menu Settings > Apps > Downloaded atau bisa buka satu persatu dari aplikasi diatas tadi, selanjutnya tap Force Close lalu Clear Data.

7. Atur Izin untuk Menginstal Aplikasi Tidak Dikenal

Untuk menjaga keamanan smartphone, maka setiap perangkat android diberikan pengaturan perizinan untuk menginstall aplikasi yang tidak dikenal. Sistem ini memang sangat baik untuk kinerja android agar tidak terkendala. Namun, disisi lain bisa menyebabkan tidak bisanya menginstall aplikasi di android. Khususnya aplikasi yang tidak tersedia di Play Store.

Nah, coba untuk menonaktifkan fitur ini dengan cara masuk pada menu Pengaturan > Keamanan > Sumber tidak dikenal. Setelah berhasil install aplikasi, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali. Agar perangkat kalian terjaga.

8. Nonaktifkan Google Play Protect

Selain pada perangkat android, Google Play Protect yang terdapat pada Google Play Store juga memiliki keamanan khusus untuk masalah install aplikasi. Jadi, Google Play Protect ini juga memiliki fungsi keamanan untuk mencegah tidak bisa diinstallnya aplikasi ke dalam smartphone, terlebih aplikasi tersebut tidak tersedia di Google Play Store. Karena itu, bisa kalian nonaktifkan sementara untuk proses install. Caranya masuk pada aplikasi Google Play Store Menu (garis tiga kiri atas)Play Protect kemudian klik Icon Roda Gigi dan nonaktifkan pada Pindai perangkat untuk ancaman keamanan.

9. Restart Perangkat Smartphone

Kebanyakan perangkat android sering mengalami kendala saat install aplikasi karena dari sistem perangkatnya sendiri yang kelelahan atau crass dengan aplikasi yang masih berjalan di belakang layar. Untuk itu, bisa kalian coba dengan melakukan restart perangkat. Ini akan membuat perangkat smartphone lebih fresh dan semua sistem berjalan normal.

      KETAHUI JUGA !!!

10. Reset Preferensi Aplikasi

Jika dari sekian banyak cara di atas masih belum bisa menyelesaikan masalah, mungkin cara ini bisa menjadi pilihan. Cara yang satu ini cukup beresiko karena semua aplikasi yang terinstall pada smartphone akan kembali ke pengaturan semula. Semua data yang pernah kalian masukkan dalam aplikasi akan ter-reset nol alias hilang. Jika kalian sudah yakin, bisa kalian coba dengan cara masuk pada Pengaturan > Aplikasi. Pada bagian kanan atas ada icon tiga titik kalian klik dan pilih opsi Reset preferensi aplikasi. Nantinya akan muncuk pop up yang menerangkan apa yang terjadi jika kalian melakukan. Jika sudah yakin, klik Reset aplikasi.

11. Lakukan Factory Reset

Dan cara terakhir yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hp android tidak bisa install Aplikasi adalah dengan melakukan Factory Reset pada smartphone kalian. Dengan begini, tidak hanya akan membersihkan cache didalam smartphone saja, namun juga akan menghapus aplikasi kalian yang bukan bawaan smartphone, sehingga membuat ponsel kalian jadi lancar kembali seperti pertama kali membeli.

KESIMPULAN

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa aplikasi tidak bisa diinstall pada perangkat android. Beberapa faktor penyebabnya seperti yang sudah sebutkan di atas. Lakukan beberapa test dengan menginstall aplikasi lainnya sebelum melakukan beberapa langkah bahaya. Terkadang permasalahan bukan pada sistem androidnya melainkan dari aplikasi itu sendiri. Akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan ada beberapa sistem android yang bentrok dengan file pendukung aplikasi yang hendak ingin kalian install.

Jadi, pahami betul sebelum mengambil tindakan yang berbahaya. Jangan lupa untuk back-up data sebelum melakukan beberapa eksperimen. Berikut caranya Paling Aman, Inilah 5 Cara Backup Data Sebelum Reset HP

Mungkin cukup sekian dulu ya guys ulasan kita kali ini tentang cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di android, semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah kalian nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *