Source : cariponsel.com

10 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti Pada HP Android

Posted on

GihPhone.com – Memiliki perangkat smartphone memang menawarkan kemudahan tersendiri untuk kita dalam mengakses berbagai informasi maupun bermain game dan menjalankan berbagai aplikasi favorit. Namun terkadang dalam dalam HP Android yang anda gunakan mengalami beberapa masalah diluar dugaan. Masalah yang cukup sering terjadi adalah tiba-tiba muncul tulisan “sayangnya aplikasi telah berhenti” “sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti””Unfortunately, App has stopped” dan lain sejenisnya ketika kita membuka aplikasi.

Masalah ini memang cukup mengganggu apalagi saat kita tengah asyik dengan aplikasi yang kita buka. Namun ternyata masalah ini dapat diatasi dimana cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut.

Masalah seperti ini kerap terjadi lantaran beberapa sebab. Sebelum kita mengulas beberapa cara mengatasi aplikasi terus berhenti maka kita perlu mengetahui penyebabnya. Yaitu, seperti kapasitas RAM penuh, file cache aplikasi yang menumpuk, sistem operasi Android yang tidak kompatibel atau mendukung hingga data aplikasi yang corrupt.

Setelah mengetahui penyebabnya maka langsung saja kita simak tips atasi masalah ‘sayangnya aplikasi telah berhenti’ dibawah ini.

Unfortunately, App has stopped
Source : detikgadget.com

Tips Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti (Penanganan Ringan)

1. Restart Smartphone Android

Masalah tersebut dapat disebabkan aplikasi maupun sinyalnya yang lemah. Aplikasi yang terkena masalah ini akan sulit untuk dibuka kembali bahkan adakalanya tidak dapat dibuka. Untuk itu anda dapat merestart ponsel Android anda. Sobat dapat mematikan ponsel selama 5-10 menit sebelum menghidupkannya kembali dimana perangkat akan berjalan secara normal.

2. Tutup Dan Matikan Aplikasi Di Latar Belakang

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti selanjutnya adalah dengan menutup dan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background. Masalah ini dapat terjadi jika RAM penuh sehingga lambat dalam memproses aplikasi yang berjalan dimana beberapa pengguna kerap membersihkan aplikasi di latar belakang saja. Namun cara ini hanya menyisakan sedikit ruang saja sehingga anda perlu mematikan dan menutup aplikasi di latar belakang. Caranya buka task manager, geser keatas atau klik ikon ‘X’.

Ketahui Juga ! 15 Tips Membeli HP Android Bekas, No 6 Wajib Ada

3. Hapus File Cache

Selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti adalah dengan membersihkan cache yang menyebabkan RAM cepat penuh. Cache harus seringkali kita bersihkan agar kapasitas RAM lebih lapang untuk menjalankan aplikasi. Caranya adalah buka menu Setting atau pengaturan>penyimpanan>pembersih>klik bersihkan. Selain itu anda juga membersihkan perasplikasi untuk menghapus cache dengan cara Pengaturan>kelola aplikasi>tab terunduh (untuk aplikasi yang diunduh)>tab aplikasi yang ingin anda pilih>klik hapus cache.

4. Hapus Data Aplikasi

Jika menghapus file cache aplikasi tidak cukup membantu mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti maka anda dapat melakukan hapus data. Namun perlu dicatat untuk hapus data file sosial media maka anda harus mengingat data login yakni email dan password karena akan terhapus. Cara hapus data aplikasi adalah ke Pengaturan>Aplikasi>pilih Clear Data atau hapus data.

5. Bersihkan RAM Smartphone

Jika smartphone Android anda memiliki RAM kecil maka akan cepat penuh sehingga tak menysaiak ruang untuk menampung penggunaan aplikasi lain. Jika kapasitas RAM dibawah 1 GB anda perlu sering membersihkan RAM agar aplikasi dapat berjalan lancar tanpa lag. Untuk caranya berbeda-beda yaa pada tiap smartphone.

Sayangnya aplikasi telah berhenti
Source : jalantikus.com

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri atau Sayangnya Berhenti (Penanganan Berat)

6. Install Ulang Aplikasi

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti adalah dengan menginstall ulang aplikasi yang macet dan mengalami error. Namun cara ini memerlukan kuota internet berlebih karena harus mendonwload ulang. Akan tetapi anda akan dapat menjalankan aplikasi tersebut secara normal. Sebaiknya, gunakan fasilitas wifi saja untuk menghemat data.

7. Lakukan Update Aplikasi

Selain itu untuk mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti adalah dengan memperbarui atau update aplikasi. Beberapa kasus yang terjadi ada beberapa data yang error saat aplikasi tidak diupdate atau diperbarui. Untuk itu pembaruan aplikasi dapat mengatasi bug-bug yang mengganggu. Selain itu pembaruan juga meningkatkan performa aplikasi itu dan juga membawa beberapa fitu terbaru.

Ketahui Juga ! 15 Tips Mengatasi HP Android Cepat Panas, No 11 Paling Ampuh !

8. Download File Obb Melalui Aplikasinya

Bagi anda yang kerap menemukan ‘sayangnya aplikasi telah berhenti’ maka dapat mengatasinya dengan cara download file obb dalam aplikasi itu secara langsung. Biasanya jika anda mendownload file obb di google dapat terjadi force close atau aplikasi tak bisa dibuka karena berbeda dengan patch aplikasi.

9. Upgrade OS Android

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti selanjutnya adalah dengan melakukan pembaruan OS Android atau sistem operasi bawaan. Namun pastikan jika perangkat anda memang telah mendapatkan pembaruan OS terbaru.

10. Lakukan Factory Reset

Langkah terakhir mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti adalah dengan melakukan reset pabrik atau factory reset. Dengan cara ini maka smartphone akan berjalan seperti baru dikeluarkan dari pabriknya sehingga akan berjalan lancar. Namun pastikan anda telah membackup semua data dan juga file penting karena jika tidak maka anda akan kehilangan semuanya.

Itu beberapa langkah mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti pada smartphone Android yang dapat anda coba jika mengalaminya. Namun tidak semua HP Android memiliki permasalahan sama, namun alangkah baiknya untuk mencoba satu demi satu cara diatas. Semoga saja ulasan diatas bermanfaat dan membantu anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *