Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh Karena Sistem

Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh Karena Sistem

Bagi sebagian pengguna, memori penyimpanan iPhone yang penuh bisa menjadi sangat menjengkelkan. Hal ini disebabkan karena iPhone tidak dilengkapi dengan fitur eksternal untuk memperluas memori menggunakan slot microSD layaknya android.  Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem untuk membantu masalah tersebut.

Sebagai solusi awal dan umum dilakukan adalah dengan menyimpan file mereka di platform Cloud seperti iCloud atau Google Drive ketika mereka menerima peringatan “iPhone Storage Full”. Layanan ini disediakan secara gratis, hanya saja untuk kapasitas penyimpanannya pun terbatas.

Meskipun menyimpan file di platform Cloud dapat menjadi solusi cepat untuk mengatasi memori penuh pada iPhone, proses pengunggahan file tersebut memerlukan waktu yang cukup lama, terutama jika koneksi internet tidak lancar.

Selain itu, platform Cloud juga memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, contohnya seperti iCloud yang hanya memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB setiap akun. Jika pengguna membutuhkan kapasitas yang lebih besar, mereka perlu berlangganan dengan biaya yang dikenakan.

Oleh karena itu, pengguna tidak selalu dapat mengandalkan opsi tersebut. Jadi, pada kesempatan kali ini kami akan bahas tentang cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem untuk and semua.

3 Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh Karena Sistem

3 Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh Karena Sistem

Untuk anda pengguna iPhone dan sering kali mengalaimi masalah penyimpanan penuh, maka kali ini ada 3 cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem yang bisa anda lakukan. Caranya sebenarnya gampang banget, namun beberapa pengguna tidak tahu melakukannya.

Tidak perlu lama-lama lagi, langsung saja mari kita simak bersama cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem selengkapnya berikut ini :

1. Hapus File Tidak Penting

Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem yang pertama adalah dengan menghapus file tidak penting. Anda dapat menghapus file media yang tidak terlalu penting, seperti foto atau video, yang menumpuk di galeri iPhone.

Ukuran satu foto yang diambil dengan kamera iPhone saat ini bisa mencapai lebih dari 2 MB. Bayangkan saja jika Anda memiliki 1000 foto atau lebih di dlaam ponsel, maka ruang penyimpanan iPhone Anda pasti bakalan cepat terisi penuh. Oleh karena itu, salah satu cara mengosongkan memori iPhone dengan dengan menghapus file yang tidak terlalu penting tersebut.

Anda dapat menghapus file media tersebut dengan mengakses galeri pada iPhone. Selanjutnya, buka album Anda dan pilih foto atau video yang kurang penting untuk dihapus. Setelah itu, segera cek folder “Baru Dihapus” dan tap opsi “Pilih”. Terakhir, tap opsi “Hapus Semua” untuk membersihkan file media tadi secara permanen dari iPhone.

2. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem selanjutnya adalah menghapus file tidak penting di iPhone. Langkah ini hampir sama dengan yang di atas tadi, di mana terkadang satu file aplikasi memiliki ukuran lebih dari 20 MB, jadi jika terdapat banyak maka storage iPhone bakal cepat penuh.

Maka dari itu silahkan anda periksa kira-kira aplikasi mana saja yang ada di dalam perangkat iPhone dan sudah tidak digunakan lagi. Anda dapat menghapus aplikasi tersebut secara manual dengan mengetuk dan menahan ikon aplikasi pada layar “home” hingga ikon aplikasi bergetar.

Selanjutnya, tap ikon silang yang terletak di pojok kiri atas logo aplikasi tersebut, dan tap opsi “Hapus” atau “Delete”. Selain cara manual, perangkat iPhone terbaru sekarang dilengkapi dengan fitur untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai secara otomatis. Jadi, ketika memori penuh, sistem akan secara otomatis menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan.

Jika anda tertarik untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan tap ikon gerigi roda untuk mengakses menu Pengaturan. Selanjutnya, gulir layar ke bawah dan tap opsi “App Store”. Geser toggle “Hapus App yang Tak Terpakai” hingga berubah warna hijau yang menandakan sebagai aktif.

Namun, fitur ini hanya dapat menghapus file utama dari aplikasi tersebut. Data maupun dokumen yang terkait dengan aplikasi tersebut masih tersimpan di memori iPhone anda, termasuk cache dalam aplikasi. Nah untuk membersihkan semua data tersebut, maka Anda perlu menghapus aplikasi tersebut dari layar “home” seperti di atas tadi.

3. Hapus Cache di Aplikasi Serta Website

Dan cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan hapus cache aplikasi maupun website. Untuk anda yang belum tahu, cache adalah data sementara yang berisi aktivitas pengguna saat memamaki aplikasi atau mengakses website melalui browser.

Sebenarnya ukuran cache ini umumnya tidaklah besar, hanya saja jika jumlahnya terlalu banyak maka bakal cukup menguras ruang penyimpanan.  Maka dari itu anda perlu menghapusnya agar penyimpanan semakin lega.

Untuk menghapus cache pada website ini gampang banget, silahkan anda buka opsi Pengaturan, lalu gulir ke bawah pada pengaturan browser Safari dan tap opsi “Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web”.  Sedangkan untuk menghapus cache aplikasi secara menyeluruh, bisa dengan cara yang sama.

  KETAHUI JUGA!!!

 

Setiap perangkat iPhone khususnya yang terbaru memiliki cara masing-masing untuk membersihkan cache ini, anda tinggal menyesuaikan dari perangkat iPhone yang anda miliki saat ini.

Cukup sekian ulusan dari kami tentang cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh karena sistem, semoga bermanfaat dan bisa selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *