Cara mengatasi memori internal penuh
Source : okeinfo.net

11 Cara Mengatasi Memori Internal RAM dan ROM Penuh

Posted on

GihPhone.com – Pada penggunaan smartphone Android memang kadangkala ditemukan masalah-masalah kecil yang sedikit mengganggu apabila dibiarkan. Selain masalah smartphone yang lemot dan kerap panas juga kadangkala kita tidak bisa mengunduh aplikasi lantaran memori internal smartphone penuh. Padahal kita merasa tidak banyak menyimpan file multimedia seperti foto maupun video juga aplikasi yang di install pun sedikit.

Kenapa memori internal penuh padahal masih kosong ? Sebenarnya, cara mengatasi memori internal penuh pada smartphone jika muncul notifikasi “ruang penyimpanan tidak cukup, ruang penyimpanan tidak tersedia’ dan lainnya dapat anda coba dengan beberapa langkah mudah berikut

Memang beberapa smartphone android terbaru telah dibekali dengan kapasitas internal yang cukup besar. Namun nyatanya memori internalnya tetap saja lebih cepat penuh meskipun kita tidak banyak menginstall aplikasi. Penyebab memori internal cepat penuh adalah file cache yang tak kita sadari ketika membuka aplikasi, bermain game maupun membuka sosial media dan browsing.

Selain itu tentunya dari file multimedia yang kita simpan dalam smartphone. Lantas bagaimana cara mengatasi memori internal penuh pada smartphone android? Berikut akan kami ulas beberapa langkahnya mengatasi memori internal penuh baik pada HP Xiaomi, Oppo, Smasung J2 Prime dan pada HP Android lainnya.

Sebelumnya, yang perlu Anda ketahui adalah memori internal dalam smartphone Android terbagi dalam dua yaitu memori internal (RAM) penyimpanan sementara dan memori internal (ROM) penyimpanan foto-foto, video, dan file lainnya. Nah, sobat harus tahu dahulu apakah yang penuh itu memori RAM atau ROM.

Permasalahan yang sering terjadi jika memori internal RAM penuh ini pada aplikasi yang tidak bisa dipasang, sementara jika memori internal ROM penuh ini biasanya tidak bisa menyimpan gambar atau tidak bisa melakukan foto atau record video. Nah, jika sudah mengetahui mana memori yang penuh, maka bisa melanjutnya langkah-langkahnya berikut.

Memori internal tidak sesuai spesifikasi
Source : jalantikus.com

Cara Mengatasi Memori Internal (RAM) Penuh Pada HP Android

1. Stop Install Sembarang Aplikasi atau Game

Untuk menghindari memori internal penuh pada smartphone adalah jangan pernah mengunduh atau menginstall sembarang aplikasi atau game yang memang tidak terlalu penting untuk digunakan. Pasalnya jika anda telah menghapus aplikasi atau game pada smartphone anda, maka file aplikasi masih akan tetap ada dan akan menjadi sampah yang tentunya sedikit banyak memakan memori internal perangkat.

2. Hindari Smartphone Lakukan Update Otomatis

Tak bisa dipungkiri bahwa semua aplikasi dan game akan disediakan pembaruan untuk memberikan fitur baru dan meminimalisir bugs. Namun bagi anda yang memiliki memori internal minim calam smartphone ada baiknya untuk mengindari perangkat melakukan update aplikasi atau game secara otomatis. Jangan pernah membiarkan Google Play Store lakukan update secara otomatis pada beberapa aplikasi dan game yang anda install karena tentunya membawa kapasitas lebih besar.

3. Pasang Aplikasi Penghapus Cache

Jika memang cukup dibutuhkan anda dapat memasang aplikasi untuk menghapus cache pada smartphone anda seperti CC Cleaner. Ini menjadi salah satu cara mengatasi memori internal penuh yang ampuh dimana dapat membersihkan semua sampah pada perangkat Android anda.

Ketahui Juga ! 15 Tips Membeli HP Android Bekas, No 6 Wajib Ada

4. Tambah Memori Eksternal

Selanjutnya cara mengatasi memori internal penuh yang cukup mudah adalah dengan menambahkan memori eksternal dengan kapasitas besar pada smartphone anda seperti kartu microSD. Dengan demikian anda dapat menyimpan lebih banyak file seperti foto, musik, video dan masih banyak lagi. Disarankan untuk menambah memori eksternal 8GB sampai 16GB pada ponsel. Pasalnya jika menambah eksternal memori lebih dari 16 GB dapat membuat smartphone menjadi lambat apalagi untuk ponsel Android keluaran lama.

5. Instal Aplikasi dari Market Lain

Cara mengatasi memori internal penuh selanjutnya yang terbilang ampuh adalah mengisntall aplikasi dari market lain. Pasalnya untuk smartphone Android, aplikasi Play Store merupakan aplikasi yang memakan banyak memori internal sebagai market aplikasi Android. Disarankan jika ingin memori internal anda tidak cepat penuh adalah dengan cara menginstal aplikasi dari market lain selain Play Store seperti APKMirror, APKPure, Amazon Appstore for Android dan masih banyak lagi.

6. Hapus Folder ‘Thumbnails’

Folder ‘thumbnails’ sendiri merupakan folder untuk menyimpan foto dengan ukuran kecil yang bertujuan untuk memudahkan saat membuka gambar di Galery smartphone. Namun untuk diingat bahwa semakin banyak file dalam folder ini maka akan semakin memakan banyak ruang pada memori internal untuk menyimpan foto. Letak dari folder thumbnails ini berada pada folder DCIM > thumbnails dimana folder tersebut tersembunyi untuk itu anda dapat menggunakan aplikasi untuk membuka file tersembunyi seperti ES File Explorer atauy ASTRO File Manager.

7. Bersihkan File Obb

Perlu diketahui bahwa file obb merupakan file yang digunakan untuk menyimpan file aplikasi dan game yang memiliki kapasitas besar pada memori internalnya. Umumnya file obb tidak terhapus meskipun aplikasi maupun game telah dihapus dalam smartphone. Untuk itu anda perlu membersihkan file obb apalagi untuk aplikasi atau game yang sudah tidak digunakan sebagai cara mengatasi memori internal penuh. Letak dari file obb sendiri berada pada memori internal yakni masuk File Manager > Memori Internal> Android > Folder Obb > File Obb.

Mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong
Source : liputan6.com

Cara Mengatasi Memori Internal (ROM) Penuh Pada Smartphone Android

8. Hapus Beberapa File Yang Tidak Penting

File dalam smartphone baik berupa foto, video, dokumen dan lainnya sebagainya yang tidak pernah dihapus akhirnya menumpuk bisa menyebabkan ruang penyimpanan penuh. Maka dari itu hapus atau pindahkan ke laptop jika masih sayang untuk di hapus.

9. Pindahkan ke Memori Eksternal

Jika smartphone Android sobat mendukung memori eksternal, alangkah baiknya untuk memindahkan semua file foto, video, dokumen dan file lainnya ke memori eksternal. Pindahkan juga aplikasi ke SD card eksternal pada perangkat Android. Meski tidak semua aplikasi bisa dipindahkan, namun masih ada aplikasi-aplikasi tertentu yang dapat dipindahkan ke memori eksternal.

Ketahui Juga ! 15 Tips Mengatasi HP Android Cepat Panas, No 11 Paling Ampuh !

10. Setting Penyimpanan Kamera Ke SD Card Eksternal

Secara default, hasil foto kamera akan tersimpan ke memori internal. Nah, jika kamera smartphone sobat memiliki resolusi tinggi, maka setiap foto bisa memiliki resolusi 5MB. Jika dikalikan berapa kali sobat foto setiap hari, maka bisa menyebabkan memori internal penuh. Untuk itu, setting penyimpanan kamera ke SD card eksternal. Tentunya memori tambahan ini memiliki kapasitas lebih besar dari memori internal.

11. Reset Smartphone Android

Jika langkah-langkah di atas masih belum mengatasi permasalahan memori internal penuh, maka sobat bisa melakukan reset kembali ke pengaturan pabrik. Dengan ini, smartphone akan kembali seperti pertama kali sobat beli. Yaitu tanpa ada aplikasi tambahan dan file-file dalam smartphone. Akan tetapi, jangan lupa untuk melakukan backup dulu yaa..

Itulah sobat beberapa cara mengatasi memori internal penuh pada smartphone Android anda. Langkah-langkah diatas dapat anda coba jika merasa memori internal anda penuh padahal file multimedia yang ada didalam perangkat hanya sedikit. Berbeda cara jika memori internal anda penuh lantaran banyaknya foto dan video yang disimpan karena anda perlu memindahkan file tersebut ke media lain seperti flashdisk dan sebagainya. Semoga saja informasi diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *