cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh karena air
Source : trustedreviews.com

7 Cara Mengatasi Layar HP Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Karena Air

Posted on

GihPhone.com – Saat ini sudah banyak sekali ya produk smartphone dari berbagai vendor dan seri yang dirilis di Indonesia, dimana produk yang mengandalkan teknologi touchscreen menjadi perangkat yang paling banyak diminati. Smartphone yang menggunakan teknologi ini memang cukup riskan, dimana jika ada kerusakan pada layar maka bisa jadi ponsel tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Dari banyaknya kasus kerusakan smartphone, maka kerendam air menjadi salah satu kasus yang cukup fatal dan banyak terjadi. Dan karena hal tersebut, kali ini kita ingin membahas artikel tentang cara mengatasi layar hp Xiaomi tidak bisa disentuh karena air kepada kalian semua.

Seperti yang sudah kita singgung diawal tadi, dimana terendam air menjadi masalah yang cukup serius pada smartphone, dan biasanya membuat touch screen smartphone tidak berfungsi. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya, dan kamu bisa mencobanya satu-persatu berikut ini.

Cara Memperbaiki Touchscreen Terkena Air

Restart Smartphone

Cara mengatasi layar hp Xiaomi tidak bisa disentuh karena air yang pertama bisa kalian lakukan adalah dengan cara melakukan restart pada ponsel kamu. Cara ini tergolong sangat sederhana namun cukup efektif untuk mengatasi masalahmu tersebut. Dengan melakukan restart ini maka kamu bisa mematikan semua fungsi didalam smartphone serta me-refresh layanan background yang kemungkinan mengalami crash sehingga menjadikan ponsel macet tak bisa digunakan.

Untuk cara melakukan restart ini setiap smartphone terkadang memiliki cara yang berbeda-beda, mulai dari menekan tombol power beberapa detik, lalu pilih menu restart, atau bisa juga dengan menekan lama tombol power di hp Xiaomi tersebut.

Masuk Ke dalam Safe Mode

Dengan menggunakan fitur safe mode didalam smartphone, maka memungkinkan kalian pengguna smartphone bisa menjalankan ponsel tersebut dengan software kosong, tanpa adanya layanan maupun aplikasi yang sebelumnya sudah kalian install. Nah pada saat kalian membuka safe mode dan ternyata layar pada hp Xiaomi ini bisa digunakan atau berjalan dengan semestinya, maka masalah ini terjadi oleh adanya aplikasi pihak ketiga.

Lalu bagaimana cara masuk kedalam Safe Mode ini? gampang banget, kalian tinggal tekan dan tahan tombol power, lalu kalian tekan dan tahan menu Power Off pada hp Xiaomi dan kalian bakal melihat adanya prompt untuk masuk kedalam safe mode. Klik Accept atau kalian tap layar dua kali, dan nantinya ponsel kalian bakalan masuk kedalam fitur Safe Mode. Sementara untuk keluar dari pengaturan Safe Mode ini, maka silahkan kalian ulangi prosedur diatas tadi dan pilih menu Restart.

Diagnosa Display

Di jaman yang begitu canggih seperti ini, sudah banyak teknologi atau aplikasi yang bisa kalian manfaatkan sesuai kebutuhan. Nah jika kalian mengalami masalah smartphone yang terkena air dan tidak bisa digunakan, maka bisa memakai aplikasi di Google Play Store yang bisa melakukan diagnose pada layar hp Xiaomi kalian. Dan salah satu aplikasi yang kita rekomendasikan kali ini namanya adalah Display tester yang bisa kalian dapatkan secara gratis di Play Store.

Setelah kalian menginstall aplikasi Display Tester ini, maka silahkan masuk kedalam tab Tests. Nah didalam menu tersebut, nantinya kalian bisa memeriksa berbagai kendala seperti mendeteksi dead pixels, status multi-touch, burn-in layar OLED, dan masih banyak lagi.

Jika saat kalian menguji fitur Multi-touch ini tidak ada masalah, maka artinya touchscreen dari hp Xiaomi kalian normal, dan kemungkinan error tersebut disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Nah coba kalian ingat kembali kira-kira aplikasi apa yang terakhir kali di install, atau bisa mempertimbangkan untuk melakukan Factory Reset.

Lepas Pelindung Layar

Cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh karena air selanjutnya kali ini bisa dengan melepas pelindung layar di dalam ponsel kalian. Kita tahu, banyak orang yang melapisi layar smartphone miliknya dengan pelindung layar, hal ini mereka maksudkan untuk menjaga layar dari goresan maupun benturan pada saat digunakan.

Nah jika kebetulan ponsel kalian baru saja terkena air, lalu menggunakan sejumlah cara diatas belum bisa mengatasi, coba deh lepas pelindung layar yang ada didalam hp Xiaomi kalian. Kita tahu dengan adanya pelindung layar ini membuat tingkat sensitifitas layar sedikit berkurang. Meskipun tidak sepenuhnya memperbaiki masalah, setidaknya hal ini bisa meningkatkan respon dari layar ponsel nantinya.

Tingkatkan Latensi Layar

Jika touchscreen pada layar hp Xiaomi kalian mengalami error sebagian karena terkena air, coba deh kalian tingkatkan latensi layar dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah Touchscreen Repair. Aplikasi ini mampu bekerja dengan melakukan kalibrasi layar guna mengurangi waktu respons.

Dengan menggunakan aplikasi ini, nantinya kalian bakal diminta untuk menyentuh sebagian dari layar. Nah berdasarkan memori internal, setelah itu secara otomatis aplikasi ini bakal menurunkan latensi layar secara artifisial seoptimal mungkin.

Lepaskan SIMcard

Cara yang satu ini biasanya cukup berhasil untuk mengatasinya. Caranya cukup gampang, silahkan kalian matikan smartphone. Keluarkan SIM Card serta Memory Card yang ada didalam ponsel, setelah itu nyalakan kembali hp Xiaomi kalian dan cek bagian layar sentuh hp kalian sudah normal kembali apa belum. Jika layar smartphone sudah normal, maka matikan kembali smartphone dan masukkan lagi SIMcard sertea Memory Card pada tempatnya.

      KETAHUI JUGA !!!

Keringkan Ponsel

Untuk cara mengatasi hp Xiaomi tidak bisa disentuh karena air yang terakhir ini cukup umum dilakukan oleh orang banyak, bahkan segala merek hp pun juga pasti pernah melakukan cara ini. Smartphone yang tenggelam didalam air ini memang bisa menyebabkan kerusakan internal, tak terkecuali pada bagian touchscreen smartphone.

Nah biasanya jika sebuah smartphone baru saja terjebur kedalam air, trik sederhana yang biasa dilakukan oleh seseorang adalah dengan mengeringkannya menggunakan handuk, lalu menaruhnya pada material pengering seperti Silica Gel, atau lebih mudahnya bisa menggunakan tumpukan beras selama 48 jam. Diyakini jika Silica Gel ataupun beras ini mampu menyerap kandungan air yang ada didalam hp Xiaomi kalian hingga benar-benar kering.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara mengatasi layar hp Xiaomi tidak bisa disentuh karena air, semoga apa yang sudah kita bahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan kalian nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *