9 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Mengambil Gambar

Kamera menjadi salah satu komponen yang cukup penting didalam sebuah smartphone, karena ini menjadi fitur yang biasa digunakan pengguna untuk mengabadikan momen dalam setiap kesempatan yang ada. Jika kamera dalam smartphone ini tidak bisa bekerja atau tak bisa digunakan, jelas hal itu akan membuat anda kecewa, terlebih jika momen tersebut sangat penting.

Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas artikel tentang cara mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa mengambil gambar kepada anda semua. Xiaomi menjadi salah satu model smartphone yang banyak digunakan, khususnya bagi warga Indonesia.

Harga yang terjangkau serta kualitas perangkat yang mumpuni menjadi sejumlah alasan mereka memilihnya. Sebagai benda elektronik, jelas masalah error pada kamera hp Xiaomi ini tidak bisa terelakkan ya, meskipun hanya menimpa beberapa pengguna saja.

Untuk penyebab kamera error ini berbagai macam, dan kita harus mencoba mengatasinya satu-persatu nanti. Nah bagi anda yang kebetulan mendapati masalah ini, mari kita simak cara mengatasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Mengambil Gambar

Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Mengambil Gambar

Tutup & Buka Kembali Kamera Xiaomi

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa mengambil gambar adalah dengan menutup aplikasi kamera tersebut lalu membukanya kembali. Jika aplikasi tetap tidak bisa terbuka, maka silahkan anda menutupnya melalui fitur Recent Apps. Tidak hanya untuk aplikasi kamera saja, namun coba silahkan anda tutup semua aplikasi yang telah terbuka tadi. Ini menjadi cara paling mudah yang bisa anda lakukan, jika belum berhasil maka bisa melakukan cara selanjutnya.

Restart Smartphone

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan merestart hp Xiaomi tadi, biasanya cara yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi beberapa masalah yang ada didalam smartphone, salah satunya adalah kamera yang mengalami error. Biasanya penyebab aplikasi tidak bisa berjalan semestinya penyebabnya merupakan hal sederhana, seperti memori utama atau RAM yang sudah penuh karena menjalankan aplikasi lain tanpa anda sadari.

Kembalikan Setelan Bawaan Kamera

Hal lain yang luput jadi bahan perhatian anda adalah, kemungkinan adanya masalah pada setelan kamera atau bugs tertentu didalamnya yang menyebabkan kamera tidak bisa mengambil gambar. Jika memang kondisi ini penyebabnya, maka bisa anda coba lakukan mengembalikan setelan kamera pada default, dengan begini maka setelan kamera masih fresh dan tidak ada perubahan.

Setiap smartphone ini biasanya memiliki fitur pengaturan yang berbeda-beda, dan anda bisa mencoba cara dibawah ini dengan menyesuaikan setelan pada hp Xiaomi anda nantinya. Silahkan anda buka menu Setelan > Aplikasi Sistem > Kamera. Setelah itu silahkan anda pilih menu Pulihkan Setelan Bawaan, lalu klik OK.

Periksa Bagian Permission

Jika cara diatas masih belum bisa mengatasi, maka cara mengatsi kamera Xiaomi tidak bisa mengambil gambar selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengecek pada bagian permission atau perizinan. Siapa tahu ada kesalahan yang tidak sengaja yang membuat pengaturan berubah dengan sendirinya.

Periksa apakah aplikasi kamera dalam perizinan ini dalam kondisi aktif apa tidak. Bagian ini perlu untuk diperiksa, pasalnya jika perizinan untuk aplikasi kamera ini tidak Enable, maka aplikasi kamera anda pun tidak bisa digunakan nantinya.

Untuk mengakses fitur ini bisa anda buka menu Setelan di hp Xiaomi, lalu pilih menu Perizinan > Kamera. Setelah itu anda pastikan jika toogle dari kamera ini dalam posisi Enable (berwarna hijau).

Hapus Data Aplikasi Kamera

Seperti yang kita tahu, jika yang namanya aplikasi ini pastinya bakal mendapatkan pembaruan sistem dari sang developer untuk meningkatkan kemampuan dan kualitasnya. Namun tak jarang jika biasanya pembaruan ini malah mengandung bug yang menyebabkan aplikasi error dan tak bisa digunakan.

Nah begitupun dengan aplikasi kamera di hp Xiaomi, sebagai aplikasi default smartphone biasanya melakukan pembaruan otomatis tanpa kita sadari. Jika hal ini sampai terjadi, anda bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi kamera tersebut.

Beberapa kasus terjadi karena memang adanya file corrupt atapun bugs pada aplikasi kamera, dan hal ini membuat kamera jadi error. Dengan menghapus data, maka akan mengembalikan kamera dalam kondisi default dan semua data yang bersifat sementara bakal terhapus, seperti basis data, cache, hingga file temporary.

Untuk melakukannya, anda bisa membuka menu Setelan > Aplikasi Terinstall > Kamera. Selanjutnya silahkan anda tap menu Hapus data dibagian bawah, dan pilih hapus semua data.

Lakukan Factory Reset

Jika mengembalikan aplikasi kamera ke setelan awal belum mengatasi, maka anda bisa mengembalikan setelan awal pada smartphone nantinya. Sebenarnya ini bukanlah cara terbaik, karena bisa dipastikan semua data aplikasi yang ada didalam hp Xiaomi akan terhapus, dan membuat smartphone kembali seperti pada saat membeli.

Namun dalam beberapa kasus, cara ini perlu dilakukan agar nantinya masalah yang ada didalam smartphone bisa teratasi, jadi tidak hanya untuk masalah pada kamera saja ya. Pastikan sebelum anda melakukan hal ini, back-up dulu beberapa file penting didalam smartphone yang tersimpan di memori telepon.

Untuk cara melakukannya, silahkan anda klik menu Setelan > Setelan Tambahan. Lalu pilih menu Cadangkan & Setelan Ulang > kembalikan ke Pengaturan Pabrik. Lalu klik menu Setel Ulang Telepon.

Lakukan Flashing

Dan ini bisa jadi langkah terakhir yang bisa anda lakukan jika kamera di hp Xiaomi mengalami error, mau tidak mau anda harus melakukan flashing nantinya. Sebenarnya cara ini tidak wajib anda lakukan, karena cara kerjanya hampir sama dengan Factory Reset tadi. Bisa jadi modul kamera yang memang mengalami masalah.

Untuk hal ini, anda bisa membawanya ke serice center atau service hp yang ada disekitar anda. Karena tidak mungkin anda melakukan pembongkaran pada hp Xiaomi sendiri tanpa memiliki pengalaman nantinya.

Memori Penyimpanan Penuh

Kamera tidak bisa mengambil gambar bisa disebabkan karena memori penyimpanan penuh. Sehingga tidak ada ruang lagi untuk menampung file jepretan gambar yang baru, akhirnya kamera tidak bisa digunakan untuk memotret. Untuk solusinya kalian bisa menambahkan memori eksternal, kemudian mengalihkan penyimpanan jepretan foto pada kamera ke memori eksternal tersebut. Jika dirasa terlalu ribet harus mencari memori eksternal, kalian bisa melakukan hapus beberapa file dalam memori dengan tujuan untuk memberi ruang penyimpanan untuk file gambar jepretan kamera terbaru.

      KETAHUI JUGA !!!

Konsultasikan Ke Service Center

Nah, jika semua cara sudah kalian coba dan masalah kamera belum teratasi juga, kalian bisa membawa ke tukang service langganan kalian yang pastinya lebih menguasai permasalahan ini. Mungkin saja masalah kamera ini bisa disebabkan karena ada beberapa hardware atau ada lensa kamera yang rusak.

Nah mungkin cukup sekian dulu ya ulasan kita kali ini tentang cara mengatasi kamera Xiaomi tidak bisa mengambil gambar. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk anda semua nantinya.

Intinya, lakukan semua cara-cara di atas dengan hati-hati dan kuasai betul tekniknya. Jika terpaksa tidak bisa melakukan, cobalah untuk konsultasikan ke teman yang lebih berpengalaman terlebih dahulu. Jika memang sudah menyerah, bawalah ke service ahlinya. Selamat mencoba yaa. Semoga bisa membantu dan berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.