Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas
Source : tipspintar.com

11 Cara Mengatasi HP Xiaomi Cepat Panas dan Baterai Boros

Posted on

GihPhone.com – Baterai smartphone yang mengalami panas berlebih ataupun boros menjadi sebuah hal yang wajar terjadi, terleih jika usia dari smartphone tersebut sudah lama. Namun anda pasti sudah paham, jika setiap smartphone ini memiliki kualitas serta daya baterai yang berbeda-beda, sehingga untuk durasi pemakiannya pun juga berpengaruh.

Xiaomi menjadi salah satu smartphone yang cukup banyak penggunannya, dan pada kesempatan kali ini kita ingin membahas tentang cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas kepada kalian semua. Ada beberapa penyebab kenapa hp Xiaomi ini cepat panas, dan kita akan bagikan juga cara mengatasinya. Seperti apa? mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Panas dan Lemot

Kurangi Kecerahan Layar

Cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas pertama yang bisa kalian coba kali ini adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan layar dari smartphone tersebut. Dengan mengurangi tingkat kecerahan layar maka hal ini juga bisa menghemat penggunaan baterai, selain itu panas yang dihasilkan oleh layar hp Xiaomi ini pun juga tidak akan terlalu tinggi.

Untuk penggunaan kecerahan layar smartphone ini tergantung kondisi, yakni pada saat siang hari biasanya kecerahan layar cenderung rendah, karena sudah ada cahaya matahari. Sementara pada malam hari biasanya penggunaan cahaya layar lebih tinggi karena memang tidak adanya cahaya matahari yang menyinari bumi.

Kondisi Sinyal Lemah

Penyebab hp Xiaomi cepat panas dan boros selanjutnya adalah kondisi sinyal lemah atau bahkan ikon sinyal silang. Tentu ini akan sangat mempengaruhi kinerja smartphone dimana bekerja lebih keras untuk mencari dan mendapatkan sinyal pada jangkauan terdekat. Smartphone memang memberikan pelayanan yang ekstra pada para pengguna untuk tetap terkoneksi dengan data. Namun karena lokasi tidak mendukung jaringan provider yang Anda pakai, makanya smartphone bekerja keras. Jika memang ini terjadi, sebaiknya sesegera mungkin mengalihkan pada mode pesawat.

Matikan Data Jika Tidak Dipakai

Bagi pemilik perangkat smatphone, jaringan data internet memang sangat penting dan merupakan kebutuhan wajib agar fitur dari smartphone bisa dipakai secara maksimal. Jika kebetulan pada saat itu smartphone tidak dipakai atau tidak menunggu kabar dari seseorang, alangkah baiknya kalian matikan saja internet yang ada didalam hp Xiaomi. Selain bisa menghemat kuota internet, hal ini juga bisa membuat baterai smartphone jadi lebih hemat lagi.

Matikan Beberapa Fitur Yang Tidak Dipakai

Kebanyakan dari pengguna smartphone baik Xiaomi atau vendor lain, jarang memperhatikan hal satu ini yaitu menonaktifkan fitur yang tidak digunakan. Maksudnya, setelah menggunakan fitur tersebut, lupa untuk menonaktifkan lagi. Fitur tersebut seperti Wi-Fi, GPS, Hostpot, Sinkron, dan Bluetooth. Memang tidak cukup berpengaruh, tapi fitur-fitur yang masih dalam keadaan aktif tentu juga bekerja sebagai mana mestinya. Akhirnya menjadikan smartphone terus bekerja dan menambah beban kinerja.

Matikan Live Wallpaper

Didalam smartphone ini memiliki fitur yang bernama Live Wallpaper atau Animasi bergerak pada bagian Home Screen untuk membuat tampilan layar ponsel makin keren. Tapi taukah kamu jika ternyata Live Wallpaper ini bisa bikin smartphone cepat panas dan bikin boros baterai serta memori RAM di hp Xiaomi. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan fitur ini terlebih dahulu agar baterai tidak cepat habis serta performa dari smartphone tidak lemot.

Keluarkan Aplikasi yang Berjalan di Background

Mungkin untuk kasus yang satu ini sudah sering kali dialami oleh kebanyakan orang, dan parahnya lagi kasus seperti ini tidak disadari oleh pemiliki smartphone sehingga mereka kaget pada saat baterai ponsel mendadak terkuras habis padahal tidak digunakan. Aplikasi yang berjalan di Background ini maksudnya adalah, aplikasi yang masih berjalan (tidak dikeluarkan) yang dikarenakan pengguna lupa atau tidak sengaja terbuka.

Selain membuat baterai smartphone cepat panas, biasanya hal ini juga membuat kuota internet habis jika aplikasi tersebut memang membutuhkan koneksi internet untuk bisa berjalan. Tentu hal ini sangat merugikan, terlebih kita tidak membutuhkannya saat itu. Beberapa aplikasi yang seringkali lupa untuk dikeluarkan adalah Sosial Media, Game, maupun sejumlah aplikasi lain.

Kurangi Pemakaian Widget

Sebagai perangkat pintar, pastinya pihak perusahaan membekali berbagai fitur atau widget keren didalamnya. Memang beberapa widget ini cukup bermanfaat oleh beberapa pengguna, namun jika tidak bijak dalam menggunakan widget tersebut maka hal ini bisa jadi boomerang bagi pengguna.

Jika kalian memakai widget dengan jumlah terlalu banyak, maka hal itu selain membuat tampilan hp Xiaomi makin penuh, juga mebuat baterai panas dan jadi boros. Nah cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah mengurangi penggunaan widget tersebut, gunakan seperlunya saja. Dengan melakukan hal ini tidak hanya membuat smartphone kalian tidak cepat panas, namun juga membuatnya tidak lemot atau LAG saat digunakan.

Matikan Smartphone Pada Saat di Charge

Karena menggunakan sumber daya dari baterai, maka smartphone ini pun butuh di charge baterainya jika sudah habis dayanya. Nah kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pemilik ponsel adalah, dimana mereka seringkali mengecharge ponsel sambil memainkannya karena berbagai alasan. Dan mungkin sudah banyak yang menyadari, jika kebiasaan buruk ini ternyata bisa membuat smartphone panas.

Bagi kalian pengguna hp Xiaomi maupun dari vendor lainnya, sebaiknya jangan pernah memakai smartphone ketika di charge, alangkah baiknya jika sebaikya ponsel dimatikan pada saat di charge. Hal ini agar baterai smartphone bisa cepat penuh serta suhu dari baterai smartphone tidak panas berlebihan karena hal tersebut bisa sangat berbahaya, yang paling fatal ialah ponsel bisa meledak.

Nah setelah mengetahui resikonya, mulai sekarang sebaiknya jangan pernah mengecharga smartphone sambil digunakan untuk bermain. Jika memang sedang menunggu kabar dari orang penting, sebaiknya ya cukup biarkan smartphone menyala sambil di charge tanpa digunakan, ataupun jika memang tidak dipakai sebaiknya dimatikan saja agar baterai hp Xiaomi kalian cepat penuh.

Batasi Durasi Main Game Atau Nonton Video di Smartphone

Sebenarnya penyebab hp Xiaomi kalian cepat panas ini adalah karena kesalahan dari pengguna itu sendiri, salah satunya seperti bermain game maupun menonton video dengan durasi yang sangat lama. Dan perlu kamu tahu, jika hal ini bisa membuat smartphone cepat panas dan baterainya bakalan cepat habis.

Apalagi casing dari hp Xiaomi ini terbuat dari bahan metal, sehingga panas yang dihasilkan oleh baterai ini pun juga menjadi lebih banyak jika dibandingkan casing yang menggunakan material plastic. Aktifitas main game maupun nonton video memang merupakan hal yang eru, namun jika kalian tidak kenal waktu saat memainkannya maka hal ini tentu akan sangat berbahaya untuk smartphone kamu. Jadi mulai dari sekarang sebaiknya kalian atur durasi waktu main game maupun nonton video agar ponsel kalian tidak cepat rusak nantinya.

      KETAHUI JUGA !!!

 Menggunakan Smartphone Pada Ruangan Bersuhu Panas

Kondisi luar yang panas seperti dibawah terik matahari atau di dalam mobil tanpa AC dikala siang hari juga mempengaruhi perangkat smartphone cepat panas. Sebaiknya tidak usah melakukan aktifitas mainan HP jika memang benar-benar tidak dibutuhkan. Karena kondisi luar saja sudah panas, apalagi ditambah dengan suhu smartphone yang bekerja keras dan panas juga, tentu sangat menyengat sekali.

Pakai Smartphone Sewajarnya

Dan langkah terakhir yang bisa kalian lakukan kali ini adalah dengan menggunakan smartphone sewajarnya, tidak berlebihan, dan menggunakannya sesuai kebutuhan saja. Seperti contohnya jika kalian menggunakan hp Xiaomi ini untuk browsing, ya pakailah sewajarnya. Begitupun untuk bermain game maupun aktifitas lainnya, juga pakai sewajarnya saja. Tentu jika kalian bisa mengontrol pemakaian smartphone secara wajar, maka hal ini juga akan membuat usia dari smartphone ini juga semakin memperpanjang usianya.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya adalah, untuk hp Xiaomi yang semakin cepat panas seperti ini sebenarnya penyebab utamanya bukan dari perangkat itu sendiri, tapi lebih dikarenakan oleh cara pemakaian penggguna. Maka dari itu, agar smartphone kalian tidak cepat panas, maka silahka coba ikuti sejumlah cara diatas tadi. Jangan lupa juga untuk rutin update versi MIUI untuk mengatasi bug yang sudah diperbaiki.

Cukup sekian dulu ulasan kita kali ini tentang cara mengatasi hp Xiaomi cepat panas, semoga apa yang sudah kita bahas tadi bermanfaat dan bisa membantu mengatasi masalah kalian nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *