cara mengatasi Google Play download sendiri

Gampang, Cara Mengatasi Google Play Store Download Sendiri

Posted on

GihPhone.com – Bagi kalian pengguna hp android, pastinya didalam smartphone ini terdapat aplikasi bernama Google Play Store. Dimana aplikasi tersebut sangatlah penting karena menjadi tempat mengunduh aplikasi maupun game yang dibutuhkan.

Namun Google memberikan fitur update otomatis kedalam aplikasi Google Play ini untuk memudahkan pengguna dalam melakukan update aplikasi. Tapi ternyata ada beberapa orang yang membenci hal tersebut, dan mencari cara mengatasi Google Play download sendiri untuk menghentikannya.

Sebenarnya fitur ini cukup bermanfaat, karena pengguna tak perlu repot-repot melakukan update. Namun beberapa orang merasa kurang nyaman karena tak jarang update otomatis tersebut membuat kuota mereka cepat habis begitupun dengan memori internal didalam smartphone.

Apakah kalian termasuk yang mengalami masalah tersebut? Jika benar maka tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasinya kepada kalian semua.

Cara Mengatasi Google Play Download Sendiri

Untuk menghentikan layanan update otomatis di Google Play ini sangatlah mudah, namun karena aplikasi ini termasuk jarang di otak-atik oleh pengguna, maka terkadang mereka kebingugan untuk mengatasi hal tersebut. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai caranya dibawah ini:

  • Langkah pertama silahkan kalian buka aplikasi Google Play Store di dalam hp android
  • Setelah itu, tap ikon tiga garis dibagian pojok kiri atas yang berada di dalam kolom pencarian aplikasi
  • Setelah itu klik menu settings atau setelan
  • Selanjutnya silahkan kalian buka pada menu Update Aplikasi Secara Otomatis.
  • Nantinya kalian akan diberikan 3 opsi yang bisa dipilih, yang pertama adalah ‘Melalui Jaringan Apapun’ yang artinya jika terdapat update aplikasi maka secara otomatis melakukan update saat terhubung ke internet, baik melalui sambungan wifi atau paketan data. Kedua ‘Melalui Wifi Saja’ yang berarti update akan terjadi jika smartphone terhubung ke jaringan internet wifi. Yang terakhir adalah ‘Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis’ yang berarti semua pembaruan aplikasi akan terhenti tanpa mendapat persertujuan dari kalian.
  • Pilihlah pada opsi terakhir untuk menghemat kuota internet serta kapasitas memori didalam smartphone
  • Selesai

Nah setelah kalian mengaktifkan cara mengatasi Google Play download sendiri diatas tadi, maka dengan begini smartphone kalian tidak akan melakukan update aplikasi secara otomatis nantinya. Meskipun begitu, disarankan anda tetap mengaktifkan pembaruan update aplikasi, tujuannya agar anda tidak ketinggalan informasi update dari aplikasi yang mungkin anda gemari.

Selain itu, update aplikasi sangat penting dilakukan karena ada beberapa penambahan fitur baru yang lebih menarik, dan juga penambahan sistem keamanan pada aplikasi tersebut. Jadi, meski sudah dinonaktifkan update otomatisnya, sebaiknya tetap melakukan update aplikasi.

Kelebihan mematikan update otomatis ini adalah bisa memilah dan memilih aplikasi mana yang sering digunakan dan perlu diupdate. Jadi tidak perlu semuanya, yang paling sering digunakan saja. Tapi jika memori smartphone Anda masih banyak, sah-sah aja untuk update semua aplikasi yang terinstall. Berikut caranya !

Cara Update Manual Aplikasi di Google Play Store

  • Silahkan kalian buka aplikasi Google Play Store
  • Setelah itu, tap ikon tiga garis dibagian pojok kiri atas yang berada di dalam kolom pencarian aplikasi
  • Pilih menu Aplikasi & Game Saya
  • Pada bagian menu Update, maka kalian bakal melihat aplikasi apa saja yang membutuhkan update didalam smartphone kalian.
  • Jika terdapat aplikasi yang kalian sukai membutuhkan update, maka silahkan klik menu Update yang ada disamping aplikasi tersebut. Dengan begitu maka nantinya akan melakukan pembaruan.
  • Sementara jika memori kalian masih banyak, bisa memilih menu Update Semua. Dengan begitu semua aplikasi yang ada didalamnya bakal diperbarui langsung secara bergantian nantinya.
  • Selesai

Jika kedua langkah-langkah di atas sudah dilakukan. Yang tak kalah penting lagi adalah mengaktifkan notifikasi pembaruan aplikasi. Yaps, ini bertujuan untuk memberitahu Anda jika ada aplikasi yang harus diperbaruhi.

Tentu sangat merepotkan bukan jika harus mengecek tiap hari apakah ada aplikasi yang perlu diperbaruhi. Malah-malah ada yang sampai lupa tidak perlu membuka Google Play Store untuk cek apakah ada aplikasi yang perlu diperbaruhi. Karena itu, kita bisa memanfaatkan fitur notifikasi yang ada pada Google Play Store. Penasaran bagaimana caranya ? Berikut !

Cara Mengaktifkan Notifikasi Pembaruan Aplikasi

  • Buka aplikasi Google Play Store
  • Setelah itu, tap ikon tiga garis dibagian pojok kiri atas yang berada di dalam kolom pencarian aplikasi
  • Setelah itu klik menu Settings atau Setelan
  • Lalu buka pada menu Notifikasi, setelah pada bagian menu Update silahkan aktifkan Toogle dalam mode ON atau berwarna hijau. Degan begini kalian bakal tetap mendapatkan informasi update aplikasi meskipun fitur auto update tadi dimatikan.
KETAHUI JUGA !!!

KESIMPULAN

Sebenarnya Google Play Store tiba-tiba download aplikasi sendiri adalah hal yang wajar, karena sebagian smartphone settingan ini sudah menjadi dafault. Harapannya para pengguna bisa menikmati fitur baru serta mendapat tambahan keamanan sistem aplikasi.

Namun sebagian orang malah menganggap hal ini sangat menjengkelkan, karena terus memakan memori smartphone dan menjadikan permasalahan memori penuh. Selain itu, takutnya data internet terkuras terus dengan keluh kesah “Paket data internet baru saja diisi kok sudah habis, tidak bisa digunakan”

Nah, karena itu langkah-langkah di atas adalah cara yang paling tepat mengatasi Google Play Store download/update aplikasi sendiri. Tapi jangan lupa untuk tetap melakukan update beberapa aplikasi yang dirasa penting dan digunakan sehari-hari. Agar tidak ketinggalan fitur dan keamanan sistem baru.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang cara mengatasi Google Play download sendiri / update sendiri yang bisa kami bagikan. Gimana? gampang banget bukan? Cukup sekian dulu ya ulasan kali ini, semoga apa yang kita sampaikan ini bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk kalian semua nantinya. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *