Cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sama sekali

5 Menit Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Posted on

GihPhone.com – Bukan menjadi hal yang baru jika saat ini perangkat ponsel hampir semuanya telah dikemas dengan dukungan layar sentuh atau touchscreen. Kehadiran ponsel layar sentuh ini sekaligus menggantikan era ponsel dengan keypad numerik yang saat ini dinilai jadul karena tergantikan dengan ponsel pintar touchscreen baik berbasis Android maupun iOS. Namun nyatanya ponsel dengan layar sentuh memiliki resiko tersendiri yakni ketika layar sentuhnya tiba-tiba tidak berfungsi. Tentunya ada cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi pada smartphone yang dapat anda coba jika masalah ini menimpa perangkat ponsel anda.

Sebelum anda mencoba untuk memperbaiki layar sentuh ponsel anda nampaknya anda perlu cermat mengetahui penyebab touchscreen smartphone anda tidak berfungsi. Lain halnya jika memang layar sentuh ponsel anda rusak atau bahkan retak lantaran terjatuh karena anda perlu membawanya ke service center terdekat. Untuk itu langsung saja kita simak bersama trik keren cara memperbaiki layar touchscreen tidak berfungsi sama sekali berikut ini.

Mengatasi layar touchscreen tidak merespon

Tips Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Samasekali

1. Tetap Tenang dan Biarkan Smartphone Bekerja

Layar sentuh tidak berfungsi pada smartphone bisa terjadi karena mesin smartphone sedang bekerja berat. Mungkin ada banyak aplikasi yang kamu jalankan dan sistem bekerja keras. Langkah yang tepat untuk menyikapi hal ini adalah tetap tenang dan jangan panik. Yang sering dilakukan kebanyakan pengguna smartphone adalah menekan tombol home atau back berkali-kali. Itu malah menambah beban kerja sistem. Jadi, biarkan sejenak bekerja dan jangan menyentuh layar sekalipun. Jika lebih dari 5 menit, maka anda bisa melakukan eksekusi selanjutnya.

2. Bersihkan Layar Dari Kotoran Yang Menempel

Layar touchscreen tidak merespon bisa juga terjadi karena kondisi layar kotor banyak debu menempel. Bisa juga kerena tangan anda lembab akhirnya sentuhan jadi susah. Jika memang ini permasalahanya, maka anda cukup membersihkan layar dengan kain halus yang bersih. Anda bisa mengantisipasi permasalahan ini dengan memberikan casing yang ada penutup layarnya.

Ketahui Juga ! Analisis, Cara Paling Mudah Mengatasi HP Android Lemot Lambat Bekerja

3. Restart Smartphone Agar Kembali Fresh

Langkah berikutnya untuk memperbaiki layar sentuh tidak merespon adalah dengan melakukan restart smartphone. Ini bertujuan untuk memulihkan kembali kondisi smartphone lebih fresh. Beban kerja akan berhenti dan kembali normal. Untuk smartphone dengan baterai removable alias dapat dilepas bisa melakukan pencopotan baterai untuk restart. Sementara untuk smartphone dengan baterai non-removable bisa dengan menekan tombol power bebera detik.

4. Cek Penggunaan RAM pada Perangkat

Saat terjadi masalah touchscreen tiba-tiba tak berfungsi maka belum ponsel anda mengalami kerusakan hardware. Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah memeriksa penggunaan RAM pada smartphone. Jika layar sentuh tak begitu responif maka kemungkinan antarmuka yang digunakan mengalami lag. Cek kapasitas RAM yang masih tersedia dan jika dipernuhi aplikasi maka anda dapat menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Pasalnya masalah ini dapat membuat touchscreen tak responsif lantaran user interface mengalami lag atau macet.

5. Aktifkan GPU 2D Rendering

Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi di samartphone selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Force GPU Rendering. Pasalnya masalah ini kemungkinan terjadi pada sektor transisi yanng buruk. Dengan mengaktifkan fitur ini maka eleman antarmuka perangkat akan lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Cara mengaktifkan Force GPU Rendering adalah buka menu Settings>Developer Option>Force GPU Rendering. Namun jika menu tersebut tidak tersedia maka klik Setting>About Phone>Build Number, klik sampai tujuh kali untuk mengaktifkan Developer Options.

6. Lakukan Kalibrasi Layar

Selanjutnya cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi adalah dengan melakukan kalibrasi layar smartphone. Pasalnya dengan pemakaian ponsel yang sering tentunya sedikit banyak mempengaruhi tingkat responsibilitas layar sentuhnya. Untuk mengkalibrasi layarnya anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga contohnya ‘Touchscreen Calibration’. Cara ini dapat anda coba sebelum anda terburu-buru membawa ponsel cerdas anda ke service center. Kalibrasi layar ini juga dapat digunakan untuk koreksi warna layar smartphone.

7. Unduh Aplikasi MultiTouch Tester

Jika masalah layar sentuh smartphone android kamu masih belum teratasi maka jangan dulu menilainya rusak. Kemungkinan perangkat tersebut bermasalah pada multitouch-nya sehingga terlihat rusak padahal hanya alami lag atau macet. Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi ini anda dapat mengunduh aplikasi ‘Multitouch Tester’ secara gratis. Setelah mengunduhnya maka anda dapat menempelkan semua jari dan cek apakah terhitung semuanya ataukah tidak. Umumnya ponsel android memiliki kemampuan multitouch dari dua jari, lima jari hingga sepuluh jari dimana setelah anda mencobanya maka akan ketahuan hasilnya.

8. Masuk ke Menu Safe Mode

Jika masalah touchscreen smartphone kamu masih juga belum teratasi maka bisa jadi itu karena anda menginstall banyak aplikasi. Untuk itu coba masuk ke menu Safe Mode untuk mengatasinya karena dengan ini maka platform hanya akan menjalankan aplikasi bawaan saja sehingga sistem operasi yang berjalan lebih ringan. Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi dengan Safe Mode adalah dengan menekan tombol Power, pilih dan tahan lebih lama power off maka akan muncul Reboot to Safe Mode, klik OK.

Ketahui Juga ! 9 Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi Semua HP Android, Cek Yuk!

9. Gunakan Charger Asli

Jika layar sentuh smartphone anda mendadak tidak berfungsi ketika di charge atau diisi ulang dayanya maka masalahnya bukan pada hardware atau sistem namun pada charger. Masalah ini cukup kerap terjadi karena pengguna memakai charger sembarangan untuk mengisi baterainya. Untuk itu usahakan anda selalu menggunakan charger baterai asli bawaan perangkat.

Buka layar smartphone tidak berfungsi

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh Akibat Kerusakan Parah

Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi diatas adalah cara yang dapat anda coba jika touchscreen tiba-tiba tidak berfungsi karena tidak mengalami penyebab lain seperti terkena air maupun terbanting. Lain halnya jika smartphone terkena air atau sempat terendam air dimana anda dapat memperbaikinya dengan membongkar semua perangkat dengan hati-hati. Akan lebih baik anda menyerahkan kepada ahlinya di service center.

Namun jika anda kekeuh ingin mencoba membongkar smartphone maka harus hati-hati dengan mengikuti buku panduan untuk membongkarnya. Jika telah dibongkar maka masukkan semua bodi ponsel yang kemasukan air dalam beras dengan memendamnya selama 1 sampai 2 hari. Setelah itu angkat dan bersihkan seluruhnya. Cara ini cukup ampuh untuk ponsel yang kemasukan air karena beras dapat menyerap partikel air.

Sementara jika layar sentuh smartphone tak berfungsi lantaran terbanting atau jatuh dari ketinggian berbeda lagi. Cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi ini tentunya dengan membongkarnya untuk mengetahui bagian maka yang rusak. Jika anda dapat menemukannya maka anda dapat membersihkannya dengan penghapus dan menutup ponsel kembali. Selanjutnya masuk ke menu pengaturan dan kalibrasi. Untuk cara satu ini, anda juga dapat menyerahkan kepada ahlinya alias service center terdekat.

Itulah beberapa cara memperbaiki layar sentuh tidak berfungsi pada smartphone android anda. Semoga saja informasi diatas dapat membantu anda dan bermanfaat bagi anda yang tengah binggung mencari solusi memperbaiki touchscreen ponsel cerdas yang tengah error.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *