Cara Memperbaiki Hp Oppo Bootloop

3 Cara Memperbaiki Hp Oppo Yang Hanya Muncul Tulisan Oppo

Posted on

GihPhone.com – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas trik keren tentang cara memperbaiki hp Oppo yang hanya muncul tulisan Oppo. Munculnya masalah ini bisa disebabkan karena adanya kegagalan flashing ulang. Sehingga membuat ponsel tidak bisa masuk kedalam layar utama.

Selain itu, penggunaan firmware / room smartphone android yang tidak sesuai dengan hp Oppo kalian. Sehingga terjadi crash dan tidak bisa melakukan tugas yang seharusnya dilakukan. Nah jika kalian kebetulan mengalami masalah ini, kita akan memberikan beberapa langkah untuk mengatasinya yang bisa kalian coba.

Yaa wajar  perangkat android, masalah memang tidak pernah luput. Yaa karena sebagai perangkat elektronik hal ini masih wajar. Ada sejumlah masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna, mulai dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar. Sehingga membuat pengguna harus melakukan tindakan khusus untuk mengatasinya. Baiklah tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Hp Oppo Yang Hanya Muncul Tulisan Oppo

Cara Memperbaiki Hp Oppo Yang Hanya Muncul Tulisan Oppo Alias Bootloop

Langkah Pertama : Restart Hp Oppo

Cara memperbaiki hp Oppo yang hanya muncul tulisan Oppo pertama untuk kalian lakukan kali ini adalah langkah sederhana, yaitu dengan merestart smartphone kalian. Tujuan dari melakukan restart ini adalah agar bisa melakukan refresh kembali pada hp Oppo kalian yang bermasalah tersebut. Untuk caranya bisa kalian lakukan dibawah ini:

  • Langkah pertama silahkan matikan hp Oppo
  • Tunggu hingga smartphone kalian benar-benar mati
  • Setelah itu silahkan kalian lepaskan berbagai komponen yang ada didalamnya, seperti kartu SIM, MicroSD, serta baterai jika bisa dilepas
  • Diamkan hp Oppo kalian selama beberapa menit, setelah itu pasang kembali komponen tersebut
  • Lalu coba kalian hidupkan kembali hp Oppo kalian

Biasanya jika masalah yang dialami oleh hp Oppo kalian tidak parah, maka dengan melakukan restart seperti ini sudah bisa mengatasinya. Tapi jika masih belum berhasil, maka kalian bisa mencoba cara selanjutnya kali ini.

Langkah Kedua : Hard Reset hp Oppo

Cara selanjutnya ini memang sering kali jadi andalan seseorang sebelum membawa ponsel mereka ke tukang service. Dengan melakukan hard reset, maka akan membersihkan semua data yang ada didalam hp Oppo kalian, kecuali untuk aplikasi bawaan dari perusahaan.

Dengan melakukan hal tersebut, maka segala penyebab error yang ada didalam ponsel kalian pun bakal teratasi, dan membuat hp Oppo kalian terasa seperti baru beli. Cara ini pas banget dilakukan untuk kalian yang memiliki smartphone dengan baterai tanam, untuk caranya silahkan simak di bawah ini.

  • Langkah pertama silahkan kalian matikan hp Oppo terlebih dahulu
  • Setelah itu, silahkan tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan dalam beberapa saat (Kebanyakan versi Hp Oppo menggunakan kombinasi dua tombol ini untuk masuk Recovery Mode, namun jika tidak bisa bisa kalian cari di Google yaa)
  • Setelah berhasil masuk kedalam Recovery Mode, kalian pilih bahasa Inggris agar memudahkan saat melakukan pengaturan
  • Lalu selanjutnya silahkan kalian pilih menu Wipe Data and Cache
  • Setelah itu kalian akan diberikan beberapa opsi seperti hanya menghapus data atau hanya mengahpus cache yang ada didalam smartphone. Nah pada opsi ini silahkan kalian pilih mneu Wipe Data and Cache
  • Tunggu prosesnya hingga selesai, dan jika sudah silahkan restart hp Oppo kalian untuk proses penyelesaian

Sekedar saran, sebelum kalian melakukan hard reset pada hp Oppo ini sebaiknya melakukan backup data di smartphone kalian terlebih dahulu. Karena dengan hard reset ini akan membuat semua data kalian hilang dan membuat ponsel saat pertama kali beli dulu.

Langkah Ketiga : Flash Ulang hp Oppo dengan Firmware

Cara memperbaiki hp Oppo yang hanya muncul tulisan Oppo selanjutnya yang bisa kalian pakai adalah dengan flash ulang. Dengan melakukan flash ulang hp Oppo memakai Firmware bertujuan untuk menginstal ulang software smartphone seperti bawaan dari pabrik, dengan begini perangkat memiliki sistem baru seperti pertama kali beli. Untuk tutorialnya bisa langsung kalian simak dibawah ini:

  • Langkah petrma yang harus kalian lakukan adalah dengan mendownload terlebih dahulu firmware hp Oppo yang akan kita pakai untuk melakukan flash ulang tersebut. Pastikan jika firmware yang kalian download tadi sesuai dengan tipe hp Oppo yang kalian miliki. Untuk mendapatkan firmware ini kalian bisa mendapatkannya di situs resmi Oppo atau buka tautan berikut ini: https://support.oppo.com/id/software-update/
  • Jika sudah didownload, silahkan kalian pindah firmware tadi kedalam microSD, lalu pasangkan pada hp Oppo kalian yang mengalami masalah tadi
  • Pada saat kondisi hp Oppo kalian mati, langsung saja kalian tekan tombol power + volume atas secara bersamaan untuk masuk kedalam Recovery Mode
  • Setelah itu silahkan kalian pilih bahasa Inggris untuk memudahkan pengoperasian kalian. Untuk melakukan navigasi didalam Recovery Mode ini kalian tidak bisa menggunakan touchscreen, tapi mengandalkan volume up dan volume down untuk ke navigasi, setelah untuk tombol power untuk enter / konfirmasi.
  • Setelah itu kalian pilih menu Wipe Data and Cache, setelah itu pilih Yes
  • Langkah selanjutnya silahkan kalian pilih install from SD Card (untuk nama firmware ini sendiri tergantung dari yang kalian download tadi)
  • Lalu cari dan pilih firmware yang telah kalian masukkan kedalam MicroSD tadi, lalu pilih Yes dan tunggu hingga proses flashing ini selesai
  • Jika proses flash hp Oppo kalian sudah selesai, selanjutnya pilih reboot smartphone untuk menyelesaikan dan keluar dari Recovery Mode
  • Selesai
      KETAHUI JUGA !!!

Memang cukup ribet ya dalam melakukan proses flashing di hp Oppo ini, maka dari itu jika kalian tidak yakin melakukannya lebih baik membawa ponsel kalian ke tukang service agar nantinya ponsel kalian benar-benar bisa kembali normal, tidak malah tambah rusak. Selain itu, sebelum melakukan flashing pastikan jika baterai hp Oppo kalian minimal masih 50% ya.

Satu lagi, untuk langkah flashing ini tiap tipe Hp Oppo pasti beda, jadi jika dengan cara di atas tidak berhasil atau tidak menemukan menu-menu sesuai langkah-langkah, bisa kalian cari terlebih dahulu di Google atau Youtube. Intinya, kuasai terlebih dahulu medan perangnya, jika sudah yakin baru eksekusi permasalahannya.

Cukup sekian dulu ya ulasan kita kali ini tentang cara memperbaiki hp Oppo yang hanya muncul tulisan Oppo, semoga apa yang sudah kita bahas ini bermanfaat dan bisa kalian jadikan referensi nantinya. Selamat mencoba dan jika sudah menyerah, tidak yakin untuk memperbaiki sendiri, sebaiknya dibawa saja ke service center atau service langganan. Untuk berjaga-jaga agar permasalahan tidak merembet kemana-mana. Yang terakhir, jangan lupa untuk backup data terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *