Cara memilih charger hp yang bagus

6 Cara Memilih Charger Hp Yang Bagus Tidak Gampang Rusak

Baterai menjadi sumber daya dari Hp yang sangat penting. Tanpa adanya baterai tersebut maka hp atau smartphone tidak akan bisa menyala. Untuk mengisi daya baterai ini, maka pastinya tiap ponsel dibekali dengan charger. Nah, ngomong-ngomong soal charger, pada kesempatan kali ini kita ingin membahas ulasan tentang cara memilih charger HP yang bagus untuk kalian semua.

Karena begitu vitalnya keberadaan baterai pada ponsel, maka kalian tidak boleh sembarangan dalam memilih charger. Pasalnya hal tersebut akan berpengaruh juga pada baterai diponsel kalian. Jika daya yang masuk tidak sesuai standardnya maka bisa menyebabkan kerusakan yang membuatnya cepat drop.

Pastinya kalian tidak inginkan baterai ponsel yang awalnya normal karena memakai charger imitasi dengan iming-iming harga murah membuatnya jadi rusak? Untuk itu kalian perlu memahami cara memilih charger HP yang bagus untuk smartphone yang wajib dipahami.

Tips merawat charger hp

6 Cara Memilih Charger HP yang Bagus

Dalam membeli charger untuk smartphone memang tidak disarankan sembarangan. Pasalnya hal tersebut bakalan sangat berpengaruh pada kondisi baterai ponsel kalian nantinya. Jika membeli charger yang abal-abal atau tak sesuai, maka hal ini bisa saja merusak baterai smartphone nantinya.

Ada beberapa tips membeli charger hp yang bagus untuk kalian coba. Lebih lengkapnya bisa kalian simak ulasannya di bawah ini :

1. Beli dari Service Center atau Seller yang Sudah Teruji Soal Kualitasnya

Cara memilih charger HP yang bagus yang pertama tentu kita merekomendasikan kalian untuk membelinya dari seller resmi ponsel kalian. Produk original dari vendor tentu sudah paham betul mengenai charger yang sesuai dengan mempertimbangkan daya yang dihasilkan. Dengan begini maka kondisi baterai kalian pun bakalan aman nantinya.

Namun yang jadi kendala adalah, terkadang produk charger original ini lebih mahal harganya sehingga membuat seseorang berifkir dua kali sebelum membelinya. Sebagai alternatif, kalian bisa membeli dari seller lain namun yang sudah teruji kualitas produknya. Dengan begini kamu bisa mendapatkan charger yang aman untuk ponsel serta kantong kalian nantinya.

2. Charger Bekas Tapi Original? Tidak Masalah

Poin kedua ini juga layak untuk kalian pertimbangkan jika ingin membeli charger untuk ponsel kalian. Umumnya charger bekas ini bakalan dijual dengan harga yang sangat murah. Namun sebagai charger original tentu hal ini sangat layak untuk dipertimbangkan dibandingkan beli charger baru namun abal-abal.

Umumnya mereka yang jual charger original bekas ini dikarenakan ponselnya yang hilang, rusak, dan lain sebagainya. Untuk itu daripada tidak kepakai, maka chargernya pun di uangkan saja dan ini jadi kesempatan kalian dapatkan charger berkualitas selama masih layak pakai.

3. Charger Dari Pihak Ketiga yang Kualitasnya Sudah Teruji

Terdapat sejumlah produsen charger pihak ketiga yang memiliki nama besar dan teruji akan kualitasnya. Sebut saja seperti Miniso, Ugreen, Aukey, dan masih banyak lagi. Jika kalian para pengguna perangkat iPhone, ketiga charger dari produsen diatas tadi sudah teruji akan kualitasnya.

Mereka sudah mendapatkan sertifikat MFI (Made for iPhone). Maka dipastikan jika charger yang mereka pasarkan sudah dapatkan verifikasi dari pihak Apple. Jadi ini bisa kalian jadikan opsi jika kebetulan mencari charger ori dari perangkat iPhone tersebut tidak menemukannya.

4. Pakai Charger Milik Vendor Pesaing Asalkan Cocok dan Original

Cara memilih charger HP yang bagus memang yang original. Namun kalian tidak dituntut untuk selalu memakai dari vendor yang sama. Kalian tidak dilarang memakai charger dari vendor sebelah yang original dan memiliki tegangan yang sama dengan charger milikmu sebelumnya.

Selain itu pastikan jenis lubang yang digunakan juga sesuai. Apakah menggunakan microUSB type 2.0 (yang kecil), atau memakai USB Type-C yang memiliki lubang lebih besar. Alasan kenapa kalian diperbolehkan menggunakan charger dari vendor sebelah yang original adalah, selain sebagai solusi juga charger tersebut pastinya sudah melalui berbagai uji kelayakan sehingga aman untuk digunakan.

Jadi, jika kalian menemukan penjual charger baru/bekas, original, dan cocok dengan daya ponsel kalian, maka tidak ada salahnya untuk membelinya.

5. Sesuaikan Daya Charger dari Baterai Dalam Ponselmu

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas tadi, dimana kalian diperbolehkan memakai charger dari vendor apapun selama cocok. Selain cocok dari lubang USB-nya, juga cocok dengan daya yang dihasilkan oleh charger tersebut.

Jika kebetulan ponsel kamu mampu menerima arus listrik sebesar 2 ampere, maka dari itu pastikan jika membeli charger baru lagi juga mengeluarkan arus listrik 2 ampere. Jangan lebih atau kurang. Karena besarnya ampere yang dihasilkan juga bakalan berpengaruh pada usia baterai ponsel kalian nantinya.

Semakin tinggi ampere yang dihasilkan oleh charger tersebut, maka semakin cepat membuat baterai ponsel kalian panas ketika dilakukan pengisian ulang. Jika kondisi ini dibiarkan, maka lama-kelamaan baterai ponsel kalian akan kalah atau rusak.

6. Pehatikan Garansi Charger

Cara memilih charger HP yang bagus selanjutnya kali ini kalian juga bisa memperhatikan garansi yang diberikan pada produsen charger yang akan dibeli. Tentu ini berlaku untuk kalian yang membeli charger dalam kondisi baru.

Kondisi ini sangatlah penting untuk memastikan kalian dapat jaminan perbaikan atau penggantian perangkat apabila ada masalah, padahal masih digunakan dalam waktu sebentar. Pastinya kalian tidak mau dirugikan ya sudah membeli charger mahal namun rusak dalam pemakian normal dalam waktu sebentar.

Jangan sungkan untuk menanyakan pada pemilik toko soal garansi tersebut, jika memang tidak tersedia kalian bisa mengambil keputusan untuk membelinya apa tidak.

Tips Agar Charger Tidak Gampang Rusak

Setelah paham bagaimana cara memilih charger HP yang bagus, pastinya kalian harus tahu cara atau perawatan supaya charger yang baru kalian beli ini tidak gampang rusak. Nah berikut kita-kita yang bisa kalian lakukan supaya charger tidak mudah rusak, diantaranya:

  • Jangan terlalu sering menggulung, menarik, memutar, atau menekuk kabel charger karena hal ini bisa membuat serabut didalam kabel putus
  • Pastikan untuk beli charger original, karena pasti dari segi kualitas maupun kuantitas charger tersebut aman untuk ponsel kalian nantinya
  • Saat mencolokkan kabel USB ke lubang charger di smartphone secara benar, jangan asal colokkan saja karena nanti bisa merusak ujung charger tersebut
  • Pastikan untuk rajin membersihkan debu yang masuk kedalam lubang charger, supaya nanti tidak menghalangi aliran listrik kedalam ponsel
  • Jika charger sudah tidak dipakai, sebaiknya dilepas dari sumber listrik
  • Simpan charger ditempat yang aman, supaya tidak ketindih ataupun kabel kelipat yang bisa menyebabkan putus ketika ditarik
      KETAHUI JUGA!!!

Mungkin cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara memilih charger HP yang bagus dan cara penyimpanannya. Intinya jangan malu beli charger bekas selama itu masih normal, daripada kalian beli charger imitasi yang kualitasnya belum terbukti. SSemoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.