Cara cek rom xiaomi asli atau palsu

5 Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau Palsu Mudah dan Cepat

Posted on

GihPhone.com – Di pasar Indonesia saat ini memang telah banyak beredar smartphone Xioami secara resmi yang banyak diminati konsumen tanah air. Meskipun beredar secara resmi namun nyatanya masih banyak konsumen tanah air yang membeli ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi karena tergiur banderolan harga yang lebih murah dimana hadir di Indonesia secara illegal.

Smartphone Xiaomi yang tidak resmi ini kadang membawa ROM abal-abal atau palsu yang membuat sistem operasinya kerap hang bahkan terdapat banyak iklan. Untuk itu anda perlu mengetahui cara cek ROM Xiaomi asli atau palsu untuk memerikasa apakah ponsel Xiaomi anda memiliki ROM asli atau abal-abal.

Memang sejak smartphone Xiaomi populer dan diminati banyak konsumen di pasaran, banyak beredar ponsel Xiaomi dengan modifikasi sistem dimana disisipi bloatware pada MIUI yang seharusnya bersih sehingga muncul banyak iklan menganggu. Banyak pengguna awam yang tertipu lantaran iklan tidak terlihat saat kita baru menggunakan perangkat dengan ROM abal-abal.

Namun berselang 6 bulan pemakaian kita akan diganggu dengan kemunculan iklan bahkan perangkat Xiaomi yang kinerjanya agak lamban. Untuk itu kita harus menjadi konsumen pintar dengan mengetahui ROM Xiaomi asli atau palsu. Berikut cara cek ROM Xiaomi asli atau palsu secara mudah dan cepat.

Perbedaan rom xiaomi asli atau palsu

Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau Palsu Dengan Mudah

1. Pada smartphone Xiaomi anda, buka menu Setting > About Device atau tentang perangkat atau About Phone.

2. Selanjutnya pada menu setelan di menu Tentang Ponsel, scroll kebawah dan cari menu MIUI Version. Cara cek ROM Xiaomi asli atau palsu anda dapat mengamati versi MIUI yang tertera pada perangkat anda di menu ini.

3. Jika versi MIUI Xiaomi anda terdiri dari 4 digit angka dipisah tiga titik (contohnya v9.0.6.0) maka berarti versi ROM Xiaomi anda asli dari Xiaomi alias original. Sementara jika bahasa yang disediakan hanya Cina dan Inggris maka ROM perangkat merupakan Official Cina yang 100% asli. Sedangkan jika bahasa yang tersedia memiliki bahasa Indonesia dan beberapa bahasa lain maka versi ROM berarti Global Official dimana juga 100 persen asli.

4. Cara cek ROM Xiaomi asli atau palsu selanjutnya jika ROM Xiaomi palsu atau dari distributor abal-abal umumnya terdiri dari 5 digit angka yang dipisahkan 4 titik (contohnya v9.0.6.1.0) meskipun telah tertera tulisan Global…|Stabil.

Jika ROM Xiaomi smartphone anda terdiri dari 5 digit nomor seri maka dipastikan bahwa ROM Xiaomi kamu palsu atau rom abal-abal atau rom distributor. Untuk ROM jenis ini umumnya tidak dapat melakukan pembaruan atau update software via OTA (Over The Air) dan seringkali terdapat banyak bloatware (aplikasi bawaan yang tak berguna) bahkan kerap muncukl klan secara tiba-tiba yang cukup mengganggu

5. Sementara jika nomor versi Xiaomi terdapat tulisan Beta maka umumnya merupakan jenis versi ROM Developer Cina (ROM tester fitur terbaru Xiaomi). Hal ini bagus lantaran jenis ROM ini akan diutamakan untuk memperoleh dan mencoba fitur terbaru yang diluncurkan meski belum resmi dirilis dibandingkan versi stabil atau stable version. Namun perlu diingat bahwa tulisan Beta tidak akan pernah hilang meskipun anda berkali-kali melakukan pembaruan atau update.

Meskipun selalu memperoleh update terbaru lebih dulu namun versi Beta ini masih mempunyai banyak bug dibandingkan versi stabil lantaran fitur-fitur anyar yang dicobakan akan langsung di update pada versi Beta ini. Bukan hanya itu saja kadangkala muncul fungsi dan fitur yang akan membuat ponsel Xiaomi error lantaran developer tengah melakukan uji coba versi Beta sehingga pengguna perlu berlapang hati menerima resiko tersebut.

Jika sudah mengetahui cara cek ROM Xiaomi asli atau palsu, anda dapat memeriksa perangkat Xiaomi anda. Jika ROM Xiaomi anda asli baik itu ROM Global Official maupun China Official atau Developer China dijamin bagus dan original. Namun jika palsu atau abal-abal maka anda dapat melakukan upgrade menjadi ROM Global namun dengan cara-cara khusus atau tetap mempertahankannya selama anda merasa nyaman.

Demikian ulasan mengenai cara cek ROM Xiaomi asli atau palsu yang dapat saya sampaikan pada kali ini untuk sobat pembaca sekalian. Semoga saja informasi diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi serta membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *