Cara cek kesehatan baterai tanam xiaomi

5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Xiaomi Paling Work

GihPhone.com – Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas artikel yang ada kaitannya soal baterai, yaitu cara cek kesehatan baterai tanam Xiaomi. Melakukan cek kesehatan baterai ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena nantinya hal ini bisa meyakinkan anda jika baterai smartphone tersebut siap menunjang aktifitas anda sehari-hari.

Baterai memang menjadi komponen yang sangatlah penting dalam sebuah smartphone, karena memang komponen ini menjadi sumber daya utama dari sebuah ponsel agar nantinya bisa digunakan secara normal dalam aktifitas sehari-hari.

Karena perannya sangat penting, maka jika ada masalah pada baterai ponsel maka secara otomatis kalian harus segera menggantinya agar tidak mengganggu aktifitas. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memastikan kesehatan dari baterai hp Xiaomi tersebut, dan langkah-langkahnya bisa kalian coba di bawah ini.

Cek kesehatan baterai tanam xiaomi

Menggunakan Kode Rahasia

Cara cek kesehatan baterai tanam Xiaomi yang pertama kali bisa kalian coba adalah menggunakan panggilan dial / panggilan telepon. Cara ini cukup efektif, hanya saja beberapa orang tidak mengetahui caranya karena memang tidak bisa diakses sembarangan.

Untuk melakukan cara ini, kalian perlu memasukkan kombinasi nomor kode rahasia yang tak banyak orang tahu, kode tersebut adalah *#*#4636#*#*. Caranya silahkan kalian masukkan kode tersebut pada panggilan telepon di hp Xiaomi kalian.

Setelah itu kalian bakal secara otomatis diarahkan menuju kedalam sebuah sistem pengujian rahasia didalam smartphone. Ada banyak menu didalamnya, hanya saja kali ini kalian silahkan memiliki menu Info baterai untuk melihat status dari baterai hp Xiaomi kalian, mulai dari kondisi, level, kapasitas, skala, hingga suhu baterai.

Didalam menu ini nantinya akan muncul sebuah keterangan mengenai kondisi baterai dari hp Xiaomi kamu, apakah baik-baik saja atau ada masalah. Cukup mudah bukan?

Melalui Menu Pengaturan

Jika cara diatas ternyata masih belum berhasil, maka cara selanjutnya yang bisa kamu mengecek kondisi baterai Xiaomi adalah dengan menggunakan fitur pengaturan yang ada didalamnya.

  • Langkah pertama silahkan buka menu Pengaturan / Setelan dalam hp Xiaomi kalian
  • Selanjutnya tap pada bagian menu Tentang Ponsel, setelah itu silahkan tap menu Versi Kernel tiga kali hingga kalian dibawah masuk kedalam sistem Pengujian
  • Setelah itu silahkan kalian pilih menu Single Item Tes
  • Disini kan muncul berbagai sistem pengujian yang bisa kalian lakukan nantinya, seperti SIM Card, Key, Bluetooth, Speaker, Headset, Vibration. LED, Wifi, Camera, hingga baterai.
  • Silahkan kalian pilih bagian Baterai sebagai tujuan kita awal tadi
  • Setelah itu kalian bakal diarahkan menuju pada menu Enginering Mode yang mana akan memberikan informasi soal status, level, kesehatan, skala, tegangang, hingga suhu pada baterai Xiaomi kamu
  • Disini kalian bisa melihat informasi pada bagian Battery Healthy, jika terdapa keterangan Good maka kondisi baterai hp Xiaomi kalian sehat tidak ada masalah.

Gunakan Baterai Dalam Kondisi Full Load

Untuk cara cek kesehatan baterai tanam Xiaomi selanjutnya kali ini kita akan diminta untuk melakukan penelitian pada hp Xiaomi milik kita sendiri. Dimana dalam penelitian kali ini kita akan akan menggunakan hp Xiaomi secara full load untuk melihat ketahanannya dalam melayani berbagai aktifitas yang dilakukan pengguna.

Contoh sederhananya sangatlah mudah, kalian bisa mencoba menggunakan hp Xiaomi ini untuk melakukan pekerjaan berat, seperti contonya bermain game. Selain itu cara lainnya bisa kalian gunakan dengan cara membuka fitur kamera didalamnya.

  • Silahkan buka aplikasi kamera di hp Xiaomi kalian
  • Setelah itu silahkan buka fitur video untuk melakukan proses perekaman
  • Biarkan proses perekaman berjalan sekitar 5 menit
  • Silahkan kalian periksa pada bagian indicator baterai, apakah pengurangan dayanya berjalan cepat atau normal

Jika baterai hp Xiaomi kalian normal, maka biasanya untuk menghabiskan 1 persen kapasitas baterai ini membutuhkan waktu sekitar 30 detik – 2 menit atau bahkan lebih, tergantung dari kapasitas baterai dari hp yang digunakan.

Jika baterai hp Xiaomi kalian bermasalah, maka biasanya dalam proses perekaman ini maka kapasitas baterai bakalan berkurang dengan sangat cepat, bahkan dalam waktu 10 detik saja bisa menghabiskan daya sekitar 2% sampai dengan 3%.

Menggunakan Aplikasi

Jika cara manual diatas tadi belum memberikan kepuasan untuk kalian, maka cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan meminta bantuan dari aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah aplikasi AccuBattery.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk segala jenis smartphone, baik yang menggunakan sistem baterai tanam maupun baterai lepas. Untuk cara menggunakannya pun cukup mudah, kalian bisa menyimaknya di bawah ini :

  • Pertama, silahkan kalian download dan install aplikasi AccuBattery di hp Xiaomi kalian
  • Setelah itu silahkan kalian habiskan daya baterai hp Xiaomi hingga 0%
  • Selanjutnya sambungkan hp kalian dengan charger, lalu nyalakan
  • Pastikan selama proses charging ini, aplikasi AccuBattery ini sudah berjalan ya
  • Tunggu hingga kapasitas baterainya hingga 100%
  • Lepaskan charger, setelah itu silahkan kalian buka aplikasi AccuBattery tadi. Nah didalam aplikasi ini kalian bakal disediakan informasi soal kesehatan dari baterai hp Xiaomi serta estimasi soal daya tahannya.

Aplikasi ini banyak direkomendasikan oleh berbagai situs teknologi international, sehingga tidak ada salahnya jika kalian coba untuk mempraktekannya.

      KETAHUI JUGA !!!

Cobalah Untuk Kalibrasi Baterai

Cara lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan mencoba mengkalibrasi. Untuk caranya gampang, kalian bisa melihat pada panduan berikut cara kalibrasi baterai hp Xiaomi, jadikan lebih jreng dan tahan lama. Jika sudah berhasil melakukan kalibrasi baterai, coba cek kembali kondisi baterai dengan cara-cara di atas, serta amati perbedaannya.

Cukup sekian dulu ulasan kita kali ini tentang cara cek kesehatan baterai tanam Xiaomi, semoga apa yang telah kita bahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan kalian nantinya.

KESIMPULAN

Ada banyak cara cek kesehatan baterai tanam Xiaomi. Kalian bisa memilih salah satu atau mencoba semua dari cara-cara di atas. Namun biasanya jika kondisi baterai sudah melemah tanda-tandanya sangat mudah sekali, yaitu berkurangnya ketahanan baterai. Kalian bisa mengingat-ingat kembali jika baterai dalam kondisi penuh dulu bisa bertahan berapa jam dan sekarang hanya berapa jam. Jika di rasa sudah lemah dan membuat aktifitas tidak nyaman, sebaiknya ganti saja dengan yang baru. Yaps, meski kondisinya baterai tanam, tapi tetap bisa diganti yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.