Cara cek hp xiaomi asli atau palsu
Source : tekno.kompas.com

11 Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu Dengan Mudah Hanya 3 Menit

Posted on

GihPhone.com – Smartphone Xiaomi yang telah beredar di Indonesia memang diluncurkan oleh distributor resmi dimana kini telah memiliki toko resmi atau Mi Store. Namun beberapa tipe yang tidak diluncurkan banyak beredar di pasar gelap. Ponsel android Xiaomi memang menawarkan spesifikasi mumpuni namun dengan penawaran harga cukup murah yang membuatnya banyak menjadi pilihan dan incaran konsumen di tanah air. Bahkan brand Xiaomi sendiri sudah memiliki banyak pelanggan loyal di Indonesia yang membuat berapa pihak memanfaatkannya dengan menghadirkan produk KW alias palsu dengan harga dibawah pasaran tentunya. Lantas bagaimana cara cek Xiaomi asli atau palsu dengan kode ?

Di pasaran Indonesia sendiri banyak beredar smartphone Xiaomi palsu alias KW dimana desain dan jeroannya nyaris mirip dengan versi asli meskipun masih ada sedikit perbedaan. Namun apabila anda melihatnya sepintas tentunya sulit untuk membedakannya. Kali ini kita akan membahas trik keren cara cek Xiaomi asli atau palsu bagi anda yang memang berencana membeli ponsel Xiaomi maupun telah memilikinya.

Cara Cek Xiaomi Original atau KW Dengan Mudah Dan Beberapa Pertimbangan

Cara cek serial number hp xiaomi
Source : wasiwa.com

1. Cek Fisik HP Xiaomi, Apakah Ada Kode Keamanan, Sertifikasi Replacement, dan Juga Garansi

Untuk cara cek Xiaomi asli atau palsu yang pertama adalah dengan langsung melihat kondisi fisik smartphone Xiaomi.Cara ini memang cukup mudah dilakukan karena anda hanya melihat bagian belakang casing. Jika pada ponsel Xiaomi asli atau original akan terlihat kode keamanan, sertifikasi replacement dan juga garansi maka pada smartphone Xiaomi KW atau palsu di bagian belakang casingnya terlihat blur dan tidak ada sertifikasi serta kode keamanan. Selain itu smartphone Xiaomi palsu juga mempunyai bagian ujung kotaknya yang tidak terlalu tajam juga kartu garansi yang terlihat murahan.

2. Cek Secara Online di Situs Mi Verification

Selanjutnya cara cek Xiaomi asli atau palsu yang juga cukup mudah adalah dengan melakukan pengecekan pada situs Mi Verification yakni jd.mi.com dimana dapat dilakukan melalui browser di ponsel atau PC. Selanjutnya anda dapat mendownload file APK dalam situs itu dan menginstalnya dalam smartphone Xiaomi yang akan anda cek originalitasnya. Setelah terpasang, tinggal mengaksesnya dengan scan kode QR dalam situs itu yang akan memberikan informasi apakah ponsel Xiaomi anda asli atau KW. Namun perlu dicatat, bahwa smartphone Xiaomi jadul seperti Redmi 1S dan Redmi 2 tidak mendukung cara ini.

Ketahui Juga ! 17 Kode Rahasia Cek HP Android Semua Merek Yang Wajib Kamu Tahu

3. Cek dengan Factory Reset atau Reset Pabrik

Selanjutnya sobat dapat melakukan cara cek Xiaomi asli atau palsu dengan melakukan Factory Reset atau kembali ke pengaturan pabrik untuk menghapus aplikasi yang telah anda install. Setelah melakukan reset pabrik maka install aplikasi seperti Antutu, CPU-Z maupun sensor Box untuk melihat detail hadrware ponsel Xiaomi anda. Anda dapat memeriksa apakah yang ditampilkan sesuai dengan tipe yang dituliskan dalam kotak penjualannya. Cara ini dapat anda lakukan jika anda ragu membeli smartphone Xiaomi dibawah harga pasaran yang beredar.

4. Cek Sistem Operasinya dan Versi MIUI Yang Digunakan

Perlu diketahui bahwa smartphone Xiaomi asli dikemas dengan tampilan antarmuka MIUI. Umumnya smartphone Xiaomi asli yang ada di pasaran telah menggunakan MIUI versi stabil dari vendor. Namun jika anda melakukan pengecekan sistem operasi dan MIUI masih tertulis versi beta maka anda perlu curiga karena kemungkinan ponsel anda merupakan Xiaomi KW dengan dukungan MIUI abal-abal tentunya. Untuk mengetahui versi MIUI tipe smartphone Xiaomi anda, dapat mengecek di intenet dan menyamakan dengan ROM MIUI anda.

5. Cek Baterainya, Apakah Sudah Sesuai Kapasitasnya dan Warna Baterai

Untuk mengetahui ponsel Xiaomi original atau KW anda juga dapat melakukannya dengan melihat baterainya. Jika baterai ponsel anda berwarna jingga atau orange maka perangkat tersebut asli lantaran smartphone Xiaomi memang ditenagai baterai dengan desain dan warna orange sebagai ciri khasnya. Namun jika baterai berwarna lain maka anda patut curiga ponsel Xiaomi anda palsu. Namun beberapa smartphone Xiaomi terbaru menggunakan baterai Non Removable yang tidak dapat dilepas kecuali anda membongkar casing perangkat. Di sisi lain anda juga dapat melihat kapasitas baterainya apakah telah sesuai atau tidak.

Cara cek imei hp xiaomi
Source : kawaiitechnews.com

6. Cek Serial Bumber dan Nomer IMEI

Yang paling sering dilakukan sebagai cara cek serial number Xiaomi asli atau palsu adalah dengan melihat nomer IMEI perangkat sebagai identitasnya. Semua smartphone memiliki nomer IMEI dan serial number dimana anda dapat melihatnya pada paket penjualan apakah sesuai dengan yang dilekatkan pada bodi ponsel. Selain itu anda juga dapat mengecek dengan dial *#06# di ponsel Xiaomi anda maupun melihat pada menu Pengaturan> Cek About Phone>IMEI. Jika nomer IMEI di kotak penjualan tidak sama dengan IMEI di perangkat maka dipastikan ponsel anda palsu atau KW.

Ketahui Juga ! 5 Cara Paling Ampuh Mengecek HP Android Bekas Masih Bagus atau Tidak

7. Cek Layar Perangkat, Apakah Sudah Terlihat Jernih dan Cerah

Cara cek Xiaomi asli atau palsu selanjutnya adalah dengan melihat layar perangkat. Karena untuk ponsel Xiaomi KW menawarkan layar berbeda dengan Xiaomi asli. Untuk smartphone Xiaomi asli layarnya terlihat jernih dan cerah sementara untuk Xiaomi abal-abal umumnya memiliki warna kekuningan. Hal ini akan terlihat jelas saat digunakan memutar video dengan kontras warna tinggi dimana jika tampak warna kekuningan maka besar kemungkinan ponsel Xiaomi anda palsu.

8. Cek Kamera dan Hasil Fotonya

Selain itu anda dapat mengetahui Xiaomi original atau KW dengan melihat kamera dan hasil bidikannya. Anda dapat melihat spesifikasi kameranya dan mencocokkan dengan spesifikasi di laman resmi. Namun hasil bidikan fotonya yang bagus juga tidak menandakan smartphone anda palsu ataupun asli.

9. Cek dengan Mengakses Mi Recovery

Cara cek Xiaomi original atau tidak juga dapat anda lakukan ddengan mengakses Mi Recovery dimana cara ini dapat dilakukan ketika perangkat dalam kondisi mati. Selanjutnya tekan volume Up dan Power bersamaan dan selanjutnua akan keluar tampilan kelinci MI tengah mengoperasikan robot android. Selanjutnya akan muncul opsi bahasa China dan Inggris. Namun jika akses Mi Recovery ponsel anda langsung ke Mi Recovery dan melewati tahap pemilihan bahasa maka besar kemungkinan ponsel anda abal-abal.

10. Pastikan Bertanya / Cari Tahu Di Forum-forum

Cara yang bisa dibilang cukup simple untuk mengetahui HP Xiaomi yang ingin anda beli itu asli atau palsu adalah dengan bertanya pada seseorang yang update HP Xiaomi, atau bisa juga dengan searching di internat dan cari tahu di forum-forum. Karena biasanya setiap ada isu baru atau barang baru telah diulas di forum-forum. Jadi jangan malu untuk bertanya, jika kurang yakin tanya saja.

11. Xiaomi Asli Dijual oleh Penjual Resmi

Dan cara cek Xiaomi asli atau palsu yang terakhir adalah melakukan pembelian ponsel Xiaomi pada penjual atau distributor resminya. Anda dapat melakukan pembelian smartphone Xiaomi di Mi Store maupun Erafone dan Oke secara offline. Selain itu anda juga dapat melakukan pembelian secara online di official store Xiaomi yang ada di sejumlah e-commerce seperti Lazada maupun Shopee.

Sekian ulasan mengenai cara cek Xiaomi asli atau palsu yang dapat saya sampaikan pada kali ini. Semoga saja informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu anda yang bingung mengecek ponsel Xiaomi anda asli atau abal-abal. Sebagai tambahan, ada 10 cara simple mengetahui HP Android asli atau palsu yang bisa dijadikan reverensi, dan sebenarnya mengecek asli atau palsu saja tidak cukup, anda juga harus tahu bagaimana kondisi HP Xiaomi tersebut. Caranya ? berikut cara cek kondisi HP Xiaomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *