Cara Backup Data Xiaomi Sebelum Ganti Perangkat
Source : pcsuite.mi.com

Mudah ! 4 Cara Backup Data Xiaomi Sebelum Ganti Perangkat

Posted on

GihPhone.com – Produsen smartphone Xiaomi memang terbilang sukses menggebrak pasaran dengan menghadirkan smartphone berkualitas mumpuni namun dengan harga ramah dikantong. Bahkan kehadiran ponsel Xiaomi perlahan-lahan mulai menggeser eksistensi smartphone Samsung yang mendominasi pasaran tak terkecuali di Indonesia. Tak khayal dengan seringnya meluncurkan smartphone terbaru dengan harga murah, konsumen pun tergoda untuk berganti ponsel Xiaomi tipe terbaru. Namun bagaimana cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat agar masih dapat diakses di perangkat baru?

Untuk anda yang memang berencana berganti smartphone Xiaomi baru dan memiliki banyak data di perangkat lama, disarankan untuk melakukan backup data-data di ponsel lama. Nantinya data-data tersebut dapat dipindah ke perangkat Xiaomi baru dengan mudah. Apalagi dengan backup data, sobat tak perlu cemas jika sewaktu-waktu ponsel mengalami kerusakan maupun file tak sengaja terhapus. Lebih jelasnya langsung saja kita simak cara backuo data Xiaomi sebelum ganti perangkat.

Tips Backup Data Xiaomi
Source : recoverandroid-data.com

Tips dan Cara Backup Data Xiaomi Sebelum Ganti Perangkat Baru

1. Masuk pada menu Settings > Additional Settings > Backup & Reset > Local Backups

2. Setelah itu pilih menu Backup. Dalam menu Backup tersebut akan ada tiga pilihan yakni System, Apps dan Accounts & Contacts. Secara default ketiga pilihan tersebut akan memilih semua backup. Namun anda juga dapat memilih sendiri data penting mana yang patut untuk dicadangkan karena tidak perlu semua data di back-up. Caranya klik tanda panah pada masing-masing menu dan centang aplikasi apa saja yang ingin dicadangkan.

3. Selanjutnya jika semua sudah anda tentukan aplikasi dan data yang ingin dicadangkan maka tinggal tap OK > Backup. Tunggu hingga proses backup selesai kemudian pilih OK.

4. Apabila proses backup selesai maka file hasil backup akan disimpan dalam memori internal Xiaomi. File tersebut dapat anda temukan dalam folder MIUI > Backup > AllBackup

Ketahui Juga ! 5 Cara Cek ROM Xiaomi Asli atau Palsu Mudah dan Cepat

Backup Data Xiaomi dengan PC/Laptop

Untuk lebih aman lagi, cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat adalah dengan mencangkan file atau folder hasil backup untuk disalin ke PC atau laptop maupun perangkat lain. Pasalnya beberapa proses update apalagi yang menggunakan Mi Flash Tool akan menghapus semua data dalam memori internal ponsel.

Untuk memudahkan backup ke komputer anda dapat memanfaatkan aplikasi Mi PC Suite. Caranya instal aplikasi tersebut, hubungkan smartphone Xiaomi dengan komputer melalui kabel data serta jalankan aplikasi untuk backup data.

Backup Data Xiaomi dengan Mi CLoud

Selain itu cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat adalah dengan menggunakan layanan Mi Cloud. Cara ini akan meringankan beban penyimpanan pada perangkat dengan menghapus data lokal dan memindahkannya dalam Mi Cloud. Caranya anda perlu Login di akun Mi anda, setelah itu masuk menu Settings > Mi Account > aktifkan semua konfigurasi sinkronisasi seperti SMS, kontak telepon, foto, video dan lainnya.

Backup Data Xiaomi dengan Google Drive

Bukan hanya dengan layanan Mi Cloud saja, cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat adalah dengan menggunakan layanan penyimpanan awan lain seperti Google Drive, Mega, DropBox dan masih banyak lagi. Untuk Backup dengan Google Drive caranya masuk menu Settings > Sync > Add > Google. Kapasitas yang ditawarkan dalam Google Drive cukup besar yakni 15GB untuk tiap akun Google.

Selain mencadangkan atau backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat anda jugaa dapat restore atau mengembalikan data tersebut ke perangkat baru. Namun untuk cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat sekaligus restore hanya dapat dilakukan antar sesama ROM berbasis MIUI saja.

Cara restore data Xiaomi ssama seperti cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat. Masuk menu Settings > Additional Settings > Backup & Reset. Selanjutnya pilih Local Backups > Pilih File Backup > Restore. Selanjutnya proses restore semua data dan juga aplikasi akan diproses dan tunggu hingga selesai.

KESIMPULAN

Ada beberapa opsi cara untuk melakukan backup data Xiaomi. Mulai dari backup ke memori internal, backup ke PC, backup ke akun MI, dan backup ke Google Drive. Dari beberapa opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal Anda nyaman pada opsi yang mana. Jika suka dengan perkembangan teknologi maka pastinya lebih memiliki ke cloud MI atau Goodle Drive. Namun jika rawan sering lupa dengan akun dan password, maka bisa menggunakan opsi manual yakni backup ke memori internal atau PC/Laptop.

Ketahui Juga ! Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi 3 Menit Selesai

Demikian ulasan mengenai cara backup data Xiaomi sebelum ganti perangkat yang dapat saya sampaikan pada kali ini untuk sobat pembaca sekalian. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi serta bermanfaat untuk anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *