5 Penyebab Fingerprint Rusak Gampang Error Pada Smartphone

Posted on

5 Penyebab Fingerprint Rusak Gampang Error Pada Smartphone – Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu kian meningkat saja. Hal ini terbukti dengan adanya sensor sidik jari atau lebih dikenal fitur fingerprint yang diterapkan pada smartphone Android sebagai pengganti atau sistem keamanan ganda setelah kunci pola. Disamping itu juga mempercepat membuka smartphone Android.

Perkembangan tersebut memang dapat diacungi jempol, namun akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengalami keresahan dimana sensor fingerprintnya tidak fungsi alias error. Hal ini memang cukup membingungkan apa yang bisa menyebabkan fingerprint bisa error. Nah, dari latar belakang tersebut, gihphone.com akan berbagi informasi apa saja penyebab fingerprint rusak gampang error. Jadi, nantinya kamu bisa was-was dan lebih hati-hati untuk penggunaannya. Baik, berikut 5 penyebab fingerprint rusak gampang error pada smartphone

penyebab fingerprint rusak

5 Penyebab Fingerprint Bisa Error

1. Terjadinya gesekan atau goresan pada scanner

Penyebab fingerprint rusak tidak bisa mendeteksi sidik jari kita yang sudah didaftarkan yang pertama adalah karena scanner tergores benda tajam. Ini bisa terjadi mungkin ketika saat Anda mengantongi bersama kunci atau benda keras lainnya di saku yang cukup ketat. Akhirnya menyebabkan goresan pada bagian scanner. Untuk itu, alangkah baiknya kamu membelikan dompet khusus smartphone.

2. Melakukan scan jari dengan tangan basah atau kotor

Penyebab fingerprint rusak atau tidak bisa fungsi selanjutnya adalah menggunakan jari yang basah. Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Dimana para pengguna tidak peduli tangannya basah atau tidak tetap menggunakannya untuk melakukan scan. Akhirnya, scanner tidak berfungsi dan error. Selain basah, bisa juga karena sidik jari Anda kotor, kena debu yang menempel. Jadi, pastikan Anda membersihkan tangan Anda dan pastikan juga dalam keadaan kering.

3. Menggunakan sensor sidik jari di bawah hujan

Melakukan scan jari katika tanggan basah saja sudah tidak boleh apalagi di bawah hujan. Ini benar-benar harus Anda hindari. Karena, ada yang menginformasikan disela-sela sidik jari terdapat lubang kecil yang bisa menyebabkan air masuk. Sehingga bisa menyebabkan sensor sidik jari rusak dan malah smartphone juga ikut rusak.

4. Terlalu banyak mendaftarkan jari

Memang fitur fingerprint ini dirancang dapat menampung semua jari manusia. Mulai dari ibu jari, jari telunjut, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking. Ini bertujuan untuk mempermudah pengguna jika sidik jari satu terkendala. Namun, dengan mendaftarkan semua sidik jari malah bisa menyebabkan fingerprint rusak.

Karena mereka bekerja keras untuk mendeteksi jari mana. Sebaiknya, cukup daftarkan dua sidik jari saja. Jadi, sistem tidak terlalu bekerja keras dan tidak terjadi penumpukan sidik jari. Disamping itu, para pengguna fingerprint paling sering hanya menggunakan jari-jari tertentu saja.

5. Sering mencoba atau me-scan bagian kulit lain

Sistem fingerprint hanya dirancang khusus untuk mendeteksi sidik jari. Jika Anda sering melakukan atau mencoba-coba scan bagian kulit lain maka akan menyebabkan fingerprint cepat rusak. Begitu juga berlaku untuk jari yang tidak didaftarkan. Jadi, jangan coba-coba melakukan hal ini. Lakukan sesuai prosedur dan dengan jari yang sudah didaftarkan.

Demikian informasi 5 penyebab fingerprint rusak gampang error pada smartphone. Semoga informasi di atas bermanfaat. Oh ya, jika sudah mengetahui penyebab fingerprint cepet rusak, sekarang Anda juga harus mengetahui cara merawatnya agar tetap awet. Caranya berikut 5 cara simpel merawat sensor sidik jari agar tidak mudah error.

Jika ternyata sensor fingerprint Anda sudah terlanjur error, maka Anda meperbaikinya dengan 5 cara mudah memperbaiki masalah fingerprint error tidak berfungsi. Untuk HP Xiaomi lebih spesifik saja penanganannya yaitu mengatasi fingerprint Xiaomi error tidak berfungsi semua tipe.
TAMBAHAN : Untuk HP merek Samsung bisa gunakan 7 cara paling mudah atasi fingerprint error Samsung semua merek.

Sudah jelas semua berarti yaa… Ada penanganannya sendiri-sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Artikel ini diambil dari berbagai sumber. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *