5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone

5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone – Memiliki smartphone memang banyak manfaatnya. Namun, semua itu akan hilang jika baterai yang digunakan bermasalah. Ini tentu sudah tidak asing lagi, banyak pengguna smartphone yang sering membicarakan masalah baterai smartphone.

Jika mengacu pada hukum alam, memang benar adanya. Setiap barang yang ada didunia pasti lambat laun akan mengalami kerusakan.

5 Langkah Simple Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone

Akan tetapi permasalahannya disini adalah, pemakaian baterai smartphone masih baru tapi sudah mengalamai kerusakan. Ini yang menjadi pertanyaan besar.

Untuk mengetahui kondisi baterai smartphone memang susah susah gampang. Bisa dilakukan dengan mengecek kondisi fisik, atau juga bisa dilakukan dengan melakukan analisa kenapa bisa terjadi masalah.

Berikut, beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui baterai HP Android bermasalah atau tidak.

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Rusak

1. Buka casing smartphone dan lihat tampilan visual baterai

Pertama yang bisa sobat lakukan adalah dengan melepas baterai tersebut dari bada smartphone. Kemudian, lihatlah dan amati fisik baterai tersebut. Apakah terjadi pembengkakan atau terjadi korosi pada logam baterai.

Baterai yang mengalamai korosi, biasanya ditandai dengan warna logam menjadi kehijau-hijauan atau keputih-putihan. Jika hal demikian diterjadi, segera untuk mengganti baterai yang baru. Jangan memasang kembali baterai lama karena bisa merusak elemen-elemen lain yang ada pada smartphone.

Sayangnya, tips ini hanya bisa dilakukan pada smartphone terdahulu dimana baterai masih dapat dilepas. Untuk smartphone sekarang cukup sulit, karena sifatnya yang non-removable alias tidak dapat dilepas.

Sebenarnya masih saja dapat dilepas, hanya saja membutuhkan obeng dan melepas semua baut (jika ada).

2. Cek kondisi fisik baterai dengan memutarkan pada bidang datar

Langkah kedua mengetahui baterai smartphone masih bagus atau tidak yaitu dengan memutar baterai pada bidang datar. Ini berfungsi untuk mengetahui apakah kondisi fisik baterai mengalami pembengkakan atau tidak.

Sebenarnya sama dengan langkah nomer 1, akan tetapi langkah ini dilakukan jika baterai tidak mengalamai pembengkakan ringan alias tidak terlalu menonjol. Jadi perlu diputarkan pada bidang datar. Jika terjadi putaran yang cukup kencang berarti baterai tersebut mengalamai pembengkakan.

3. Ketahui kinerja baterai, seberapa cepat habisnya

Langkah yang ketiga ini perlu penganalisaan lebih dalam. Maksudnya kamu harus mengetahui kondisi sebelum dan pas baterai bermasalah. Coba ingat-ingat, mampu bertahan berapa lama baterai tersebut dalam kondisi full, dan bedakan dengan sekarang setelah mengalami masalah.

Apakah terjadi rentang waktu yang cukup banyak ? Jika iya, berarti ada masalah dengan baterai.

Namun sebelum itu ketahui dahulu. Apakah smartphone menjalankan sistem yang besar. Seperti update sistem ketika konek wifi, atau banyak aplikasi yang berjalan. Jika iya, berarti bukan baterai yang bermasalah. Bisa dikatakan wajar, karena baterai harus mengangkat semua kinerja sistem yang berjalan tersebut.

4. Cek kondisi baterai dengan tools pen-diagnosa baterai

Langkah mengetahui baterai smartphone masih bagus atau tidak yang keempat ini cukup mudah. Yaitu dengan menggunakan aplikasi pendiagnosa baterai. Bagi pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi bernama iBackupBot.

Untuk caranya yaitu cukup menghubungkan smartphone dengan laptop yang sudah terinstall aplikasi iBackupBot ini. Dengan begitu, aplikasi akan memberikan informasi mengenai kondisi baterai smartphone.

Bagi pengguna Android malah lebih gampang lagi. Yaitu dengan memasukkan kode *#*#4636#*#* (bintang, pagar, bintang, pagar, empat, enam, tiga, enam, pagar, bintang, pagar, bintang). Kemudian, akan tampil informasi detail kondisi baterai smartphone.

5. Bawa ketempat service terpercaya

Jika dari keempat langkah diatas belum menemukan solusinya juga. Artinya masih belum yakin pada kondisi baterai. Kami rekomendasikan untuk membawa ketempat service terpercaya. Dengan begitu disana sobat bisa tanya-tanya dan sekalian bisa mengecek kepastian kondisi baterai. Yang terpercaya dan jujur yaa…

Demikian informasi 5 langkah simple mengetahui kondisi baterai masih bagus atau tidak. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bantu kami untuk share artikel ini yaa.. Semoga kamu diberi rezki yang banyak. Amiin.

sumber : tekno.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *