Informasi Spesifikasi HP Android, Harga HP Android Murah, Kelebihan HP, dan Kekurangan HP Ter-Update

Wednesday, 22 March 2017

Analisis, Cara Paling Mudah Mengatasi HP Android Lemot Lambat Bekerja

Cara Paling Mudah Mengatasi HP Android Lemot Lambat Bekerja – HP Android saat ini memang sudah tenar disemua kalangan. Sekarang, setiap orang pasti memiliki HP Android. Memang, HP Android ini memiliki banyak fungsi dan memudahkan setiap kebutuhan manusia.

Namun disisi lain, HP Android juga memiliki kelemahan. Masalah yang paling sering dijumpai pada HP Android adalah lambatnya bekerja alias lemot. Jika sudah begini, tentu para pengguna akan kesal dan bawaan emosi.

 Analisis, Cara Paling Mudah Mengatasi HP Android Lemot Lambat Bekerja

Akhirnya, mereka-mereka mencari solusi bagaimana mengatasi HP Android yang lemot ? Dengan tujuan satu yaitu HP Android kembali seperti semula alias kenceng lagi.

Sebenarnya mengatasi HP Android lemot itu susah susah gampang. Kenapa demikian ? HP Android lemot itu disebabkan banyak hal. Selain itu, maksud HP Android lemot itu juga banyak. Lemot dalam menjalankan aplikasi, lemot dalam browsing internet, atau lemot dengan sendirinya.

Untuk itu, cara mengatasi HP Android lemot adalah Anda sendiri yang tahu dengan menganalisa kenapa HP Android bisa lemot.

Tapi tenang, pada kesempatan kali ini GihPhone akan memberikan informasi apa saja yang bisa menyebabkan HP Android Anda menjadi lemot. Jadi, Anda bisa mengira-ngira apa penyebab HP Android lemot.

Sebelum melangkah mengatasi HP Android lemot, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab HP Android lemot.

Penyebab HP Android Lemot


1. Ketahui batas kemampuan HP Android alias Spesifikasi HP Android


Langkah pertama adalah mengetahui seberapa hebat smartphone Android yang Anda miliki. Maksudnya adalah seberapa besar spesifikasi HP Android sobat. Titik utama yang perlu menjadi pertimbangan dalam hal ini adalah pada memori RAM dan processor. Jika memiliki memori RAM kecil dan processor rendah, kemudian Anda menginstal aplikasi yang besar dan terjadi lemot. Berarti HP Android Anda tidak kuat dengan aplikasi tersebut. Atau kesimpulannya aplikasi tersebut terlalu berat untuk spesifikasi HP Android sobat.

2. Terlalu banyak aplikasi yang dipasang/install

Terlalu banyak apalikasi yang terpasang pada HP Android juga menjadi salah satu penyebab lemot. Setiap aplikasi yang diinstall akan memakan space memori. Jika diinstall terlalu banyak akhirnya space memori menjadi penuh. Sehingga menjadikan keterbatasan ruang gerak akhirnya menjadi lemot. Ini berhubungan dengan point pertama, dimana sobat harus mengetahui seberapa batas HP Android sobat untuk dipasangi aplikasi.

3. Memory Eksternal (Micro SD)

Biasanya, HP Android yang mempunyai memori internal kecil pasti akan menambah dengan memori eksternal. Mulai dari besaran 4GB, 8GB, 16GB, atau 32GB. Yang perlu diperhatikan disini adalah, slot memori eksternal pada HP Android memiliki kapastias maksimal. Untuk HP Andriod dahulu batas maksimalnya sekitar 8GB, namun sekarang bisa mencapai 128GB. Artinya, jika sobat menambahkan memori eksternal dengan besar melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan bisa menyebabkan HP Android lemot. Disamping itu, untuk menambahkan memori eksternal yang perlu sobat perhatikan adalah Class memori tersebut. Semakin besar angka Class memori maka semakin baik.

4. Update aplikasi Android

Kenapa update aplikasi Android bisa menyebabkan Android lemot ? Jawabannya cukup simple yaitu banyaknya memakan space memori. Memang benar, update aplikasi ke versi baru akan menambah fitur lengkap dan keamanan aplikasi lebih bagus. Namun, dari update aplikasi ini menjadikan size aplikasi bertambah besar. Nah, jika sobat memperbarui aplikasi Android hingga menyebabkan memori penuh maka besar kemungkinan Android menjadi lemot.

5. HP panas akhirnya menjadi lemot

Penyebab HP Android panas adalah karena terlalu beratnya sistem bekerja akhirnya menjadikan HP Android lemot. Ini biasanya terjadi ketika HP terkoneksi dengan WiFi dan menjalankan pembaruan otomatis ketika tersambung WiFi. Jika, spesifikasi HP sobat rendah dan terlalu banyak aplikasi yang bekerja ketika mendapat sambungan WiFi bisa menyebabkan Andriod lemot.

6. Usia HP Android

Jangan dikira HP Android tidak punya batas kemampuan yaa.. Perangkat hardware yang terpasang pada HP Android memiliki batas usia tertentu. Ada yang bisa berusia lama, dan ada juga yang berusia pendek. Ini tergantung dari sisi pemakaian. Jika sudah menyangkut hardware, mau tidak mau sobat harus menggantinya.

Setelah mengetahui apa saja penyebab HP Android lemot, sekarang waktunya adalah mengatasi HP Android lemot. Kenapa sobat diharuskan mengetahui penyebab HP Android lemot di atas ? Karena untuk mempermudah menemukan solusi untuk mengatasi HP Android lemot sobat.


Cara Mudah Mengatasi HP Android Lemot


1. Unistall aplikasi yang tidak diperlukan

Untuk mengatasi masalah HP Android lemot pertama adalah menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Fungsinya untuk mengurangi space memori yang penuh agar bisa bernafas lega dan bekerja dengan maksimal. Tidak membebani kerja procesoor.

2. Hapus Widget pada Home Screen


Mengurangi widget yang terdapat pada menu home screen juga dapat mengatasi HP Android lemot. Memang, tampilan home screen dengan banyak menu bisa menambah kesan keren. Namun, efek negatifnya bisa menjadikan HP Android lemot. Untuk itu kurangi widget yang ada di home screen. Pilih yang benar-benar berguna saja.

3. Atur sinkronisasi aplikasi dengan internet

Setting pengaturan aplikasi ketika terhubung dengan paketan data internet. Yang perlu diperhatikan adalah fitur sinkronisasi otomatis. Untuk rekomendasi aturlah sinkronisasi manual, atau bisa juga dengan sinkronisasi ketika terhubung dengan jaringan WiFi.

4. Atur tampilan Wallpaper, jika perlu gunakan wallpaper standart


Sebuah HP Android memang terlihat keren jika dipasang wallpaper-wallpaper. Namun, disisi lain dari pemasangan wallpaper ini adalah bisa menyebabkan HP Android sobat lomat. Akan tetapi, tidak berlaku untuk semua HP Android. Biasanya pada HP Android yang memiliki spek rendah.

5. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

HP Android dengan multi tasking memang begitu mudah untuk beralih satu aplikasi ke aplikasi lain. Namun dengan membuka aplikasi secara bersamaan, bisa menyebabkan HP Android lemot. Atau juga, banyak yang mengira jika aplikasi yang awalnya terbuka kemudian menutup dengan menekan tombol home pada HP, aplikasi tersebut sudah tertutup. Padahal masih berjalan di backgroud. Caranya menutupnya cukup gampang, bisa menggunakan Clean Master atau bisa juga dengan fitur yang sudah disediakan HP Android. Jika HP sobat Xiaomi Redmi 3s Prime, cukup dengan menekan tombol sisi kiri home dan bersihkan.

6. Gunakan antivirus terbaik

Menginstall antivirus juga dapat mengatasi Android lemot. Antivirus akan membersihkan file-file yang corupt atau rusak, dan memberihkan file-file sampah. Ada antivirus yang dapat mematikan secara paksa aplikasi yang dianggap mengambil space memori RAM yang berlebihan. Namun, yang perlu sobat perhatikan ketika menggunakan antivirus adalah kadang aplikasi yang dianggap sobat perlu tapi malah dimatikan oleh antivirus ini. Jadi, pandai-pandai memilih antivirus

7. Restart HP Android

Cara mengatasi HP Android lemot adalah dengan merestart HP tersebut. Cara ini memang terbilang siple namun cukup ampuh untuk mengatasi HP Android lemot. Dengan melakukan restart HP Android, maka secara otomatis sistem dan aplikasi serta tugas-tugas yang berjalan akan berhenti. Setelah terbuka, HP Android sobat akan kembali fresh.

8. Kembalikan kepengaturan pabrik

Jika dari berbagai cara di atas belum bisa mengatasi HP Android sobat yang lemot, maka solusi terakhir adalah dengan mengembalikan HP Android kepengaturan pabrik. Dengan ini, semua aplikasi, thema, pengaturan-pengaturan akan kembali kesedia kala seperti awal pertama kali beli. Namun, sebelum melakukan itu pastikan sobat mem-backup data-data penting yang ada pada HP Android.

Nah, demikianlah cara mengatasi HP Android lemot dan sedikit ulasan penyebab HP Android lemot. Memang, ulasan di atas tidak seberapa akan tetapi cukup untuk memberikan wawasan kenapa HP Android bisa menjadi lemot.

Kesimpulan : HP Android lemot terjadi karena banyak sebab, dan seperti yang sudah kami jelaskan di atas yang mana lemot pada HP Android memiliki artian banyak. Lemot pada sistem, lemot ketika browsing, lemot untuk menjalankan aplikasi, atau lemot karena memang sudah usia HP Android. Untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut yang lebih tahu adalah si pengguna HP Android itu sendiri. Mungkin setelah menginstal aplikasi apa, atau setelah melakukan apa, atau karena terkena efek apa. Jadi, analisa terlebih dahulu dan flashback sebelum HP Android sobat lemot dengan panduan penyebab dan cara mengatasi HP Android lemot di atas. Jika sudah mentok, bawa ke tukang service atau service center terdekat. Kalau tidak ganti HP Android baru ^_^

Sekian, terimakasih. Share jika bermanfaat, dan nantikan update terbaru penyebab dan cara mengatasi HP Android lemot
Analisis, Cara Paling Mudah Mengatasi HP Android Lemot Lambat Bekerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nada Fajria Salsabila

0 comments:

Post a Comment