10 Cara Simple Mengetahui HP Android Asli atau Palsu

Posted on

Cara mengetahui HP Android asli atau palsu ini membutuhkan pengalaman yang cukup. Masalahnya apa ? Sekarang ini sudah banyak HP Android palsu/replika/KW yang sama persis mirip dengan aslinya. Mulai dari tampilan luar hingga jerohan HP Android. Ini sama halnya dengan cara mengecek HP Android bekas masih bagus atau tidak.

Meski secara terlihat sama persis, yang namanya palsu/replika/KW tetap memiliki perbedaan dengan yang asli. Namun dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan tentang HP Android yang cukup tinggi.

Sebenarnya untuk cara mengetahui HP Android asli atau palsu ini sudah banyak dibahas diinternet. Disini gihphone hanya menyampaikan ulang dan memberikan sedikit tambahan penjelasan agar mudah dimengerti sehingga dapat dengan mudah membedakan mana HP Android palsu dan mana HP Android asli.

Cara mengetahui hp android asli atau palsu

Cara Cek Keaslian HP Android

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui HP Android tersebut asli atau palsu. Mulai dari pengecekan IMEI, kamera, spesifikasi jerohan, layar, dan masih banyak lagi. Nah, berikut step-step yang bisa sobat lakukan untuk cek HP Android asli atau palsu

Pertama, Cek IMEI HP Android

Setiap HP Android khususnya yang asli pasti memiliki nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nomor terdiri dari 14 sampai 16 dijit angka. Dengan adanya nomor ini sobat bisa mengetahui tentang HP sobat. Bahkan jika terjadi kehilangan, sobat bisa memblokir HP sobat dengan melaporkan nomor IMEI ini.

Kembali pada cek HP Android asli atau palsu. Sobat bisa memanfaatkan nomor IMEI ini untuk mengetahui apakah HP Android tersebut asli atau palsu. Sobat bisa mengetahui nomor IMEI yang ada pada HP Android dengan berbagai cara. Bisa dengan kode panggilan yaitu *#06#. Atau mencari di menu pengaturan bagian tentang ponsel. Selain itu bisa juga pada bagian dalam ponsel. Biasanya di bawah baterai smartphone.

Meski sudah pernah dilakukan beberapa kali reseter, nomor IMEI tetap muncul dan sama seperti bawaan pabrik. Setelah menemukan nomor IMEI, cek kebenaran informasi di situs imei.info. Jika informasi yang ditampilkan sesuai dengan smartphone Android, besar kemungkinan HP tersebut asli.

Kedua, Cek sample kamera dan ukuran file image yang dihasilkan

Cek HP Android asli atau palsu bisa juga dengan test camera. Cobalah melakukan beberapa kali foto dengan kamera HP Android tersebut. Lihat hasilnya, apakah benar-benar sesuai dengan besar piksel kamera. Kamera yang memiliki piksel sebesar 13 megapiksel, bisa menghasilkan foto dengan ukuran 2-3 MB. Jika tidak sebesar itu, bisa dipastikan HP Android tersebut palsu.

Untuk lebih yakin, sobat bisa membukanya pada PC/Laptop. Klik kanan image dan pilih propertise. Selanjutnya pilih summary dan klik advenced. Perhatikan bagian pada “Equpment Make” dan Camera Model”. Jika ada keterangan yang tidak sesuai dengan HP Android tersebut, maka HP Android tersebut palsu.

Keempat, Cek spesifikasi HP dengan An Tu Tu Bechmark atau CPU-Z

Cara cek HP Android asli atau tidak selanjutnya dengan melihat spesifikasi HP Android tersebut. Sobat bisa masuk pada menu pengaturan dan pilih tentang ponsel. Namun untuk informasi lebih detail, sobat bisa menggunakan aplikasi An Tu Tu Bechmark/CPU-Z. Aplikasi ini akan memberikan informasi sedemikian detail mengenai spesifikasi HP Android.

Setelah mendapatkan informasi perangkat Android tersebut, sekarang buka situs resmi HP Android tersebut. Cari tipe HP Android sobat dan bandingkan informasi spesifikasi yang sobat peroleh tadi. Jika mencari situs HP Android kesulitan, bisa cek di situs gsmarena.com. Jika hasilnya tidak sesuai, maka bisa dikatakan HP Android tersebut palsu.

Sebagai catatan : Sekarang ini ada beberapa HP Android tertentu yang sudah dipasangi aplikasi An Tu Tu Bechmark/CPU-Z, dan aplikasi ini bawaan tidak bisa dihapus. Maka bisa langsung dipastikan HP Android tersebut adalah palsu atau replika. Karena dalam informasi yang dihasilkan oleh An Tu Tu Bechmark/CPU-Z bawaan tersebut sudah dimanipulasi sesuai informasi aslinya.

Kelima, Cek dengan membuka website http://apps.opera.com/

Cara cek HP Android asli atau palsu dengan cara berikut ini cukuplah simple. Sobat hanya perlu terkoneksi internet dan buka situs http://apps.opera.com/. Setalah terbuka, langsung scroll ke bawah dan lihat nama HP Android yang muncul. Jika HP Android sobat palsu atau replika (tak terkecuali merupakan Android lokal/china) maka akan muncul tulisan “Your device is Android Generic Android”.

UPDATE : Cara kelima ini sekarang tidak bisa. Admin coba buka situs http://apps.opera.com/ maka teredirect ke aplikasi.opera.com/store. Dan setelah saya scroll ke bawah tidak ada informasi terkait seperti yang tersamapaikan di atas.

Keenam, Cek KIES/SUITE pada HP Android untuk test mode

Cara selanjutnya yaitu dengan cek KIES. Ini tidak sama dengan nomor IMEI, dan kode untuk mengetahuinya juga tidak. Sobat bisa menggunakan kode dial/panggilan *#0*#. Jika berhasil maka akan muncul test mode. Namun jika ternyata tidak muncul, maka HP Android tersebut termasuk palsu/replika atau KW.

Dengan test mode ini sobat bisa melakukan bebarapa test fungsi HP Android. Misal dengan memilih bagian sensor. Maka ketika sobat menggerakkan tangan di atas sensor secara otomatis layar akan berubah warna.

Bisa juga dengan test image, yaitu dengan memilih image test. Jika muncul sebuah gambar Cihuahua (log Android) berarti bisa dipastikan HP Android tersebut adalah asli.

Cara lain untuk mengetahui KIES/SUITE HP Android yaitu dengan menginstal aplikasi PC Suite di Laptop/PC. Anda bisa download terlebih dahulu di internet. Jika HP sobat Asus, maka bisa menggunakan kata kunci pencarian “download asus suite PC”.

Setelah terpasang pada Laptop/PC dan HP Android sudah dihubungkan dengan kabel USB maka seharusnya akan muncul kode KIES/SUITE nya. Jika ternyata tidak muncul, berarti besar kemungkinan HP Android tersebut palsu.

Ketujuh, Bandingkan spesifikasi OS Android

Untuk mengetahui HP Android tersebut asli atau palsu bisa dilihat dengan cek OS Android tersebut. Caranya masuk pada menu pengaturan dan pilih tentang ponsel. Setelah itu lihat atau pilih Android version. Jika sudah mendapatkan informasi, bandingkan dengan informasi yang ada di internet. Pastikan pada situs spesifikasi HP Android yang terpercaya. Jika sama maka bisa dibilang asli. Namun jika tidak maka HP Android tersebut palsu.

Sebenarnya cara ini kurang profesional. Karena, bisa saja OS Android tersebut sudah pernah di update ke versi lebih atas. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk dicoba dan dijadikan perbandingan.

Kedelapan, Harga yang ditawarkan

Harga tinggi berbanding lurus dengan kualitas. Ini sudah pasti tentunya. Jika harga yang dibandrolkan dibawah standar harga HP Android bekas. Maka bisa dipastikan HP Android tersebut adalah palsu. Untuk itu cari informasi harga-harga HP Android bekas.

Kesembilan, Teliti kondisi smartphone baik luar dan dalam

Untuk mengetahui HP Android tersebut asli atau palsu dan masih bagus atau tidak bisa di cek pada bagian fisik smartphone. Lihatlah apakah segel smartphone masih ada dan benar-benar segel asli. Lihat juga bentuk fisiknya apakah sama dengan yang asli. Ini memang cukup sulit karena HP Android palsu atau replikas didesain fisik sama seperti aslinya.

Kesepuluh, Test Screenshot dengan tombol Power dan Home

Untuk mengetahui HP Android asli atau palsu bisa dengan melakukan test screenshot. Cobalah untuk melakukan screenshot layar dengan kombinasi dua tombol power + home secara bersamaan. Jika berhasil maka HP Android tersebut asli, jika tidak bisa maka palsu.

Cara ini bisa dilakukan untuk tipe HP tertentu. Karena ada tipe HP yang fitur screenshot nya dengan kombinasi dua tombol power + volume donw.

Tapi cobalah untuk keduanya. Jika ternyata tidak bisa untuk screenshot maka HP Android tersebut adalah palsu.

UPDATE : Untuk lebih spesifik mengetahui HP Android tersebut asli atau palsu, gunakan kode rahasia cek HP Android. Berikut 17 kode rahasia cek HP Android semua merek HP

Demikian 10 cara simple mengetahui HP Android asli atau palsu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan dalam mengetahui HP Android asli atau palsu. Sebagai saran dari Admin, pastikan sobat membeli HP Android di gerai resmi dan terpercaya. Jika perlu pilih yang menjanjikan garansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *