Keunggulan Vivo Y83 Pro
Sumber : Google image

Keunggulan Vivo Y83 Pro, Harga Murah Mesin Helio P22 RAM 4 GB

Posted on

GihPhone.com – Vivo kembali meluncurkan perangkat baru, yang tentunya mengusung spesifikasi unggulan dan fitur lengkap. Perangkat baru tersebut adalah Vivo Y83 Pro. Benar, sebelumnya Vivo sudah pernah merilis perangkat dengan nama Vivo Y83, dan ini adalah generasi penerusnya, yang diberi embel-embel “Pro”. Sebagai sang suksessor, tentu tidak menghadirkan komponen-komponen sembarangan, melainkan sudah dipilih dan dipersiapkan matang-matang.

Vivo Y83 Pro hadir dengan sejuta keunggulan, mesin yang dibawa adalah MediaTek Helio P22. Mesin ini adalah kali pertama yang disematkan pada perangkat besutannya. Dukungan memori RAM 4 GB menjadi pendongkrak yang handal. Siap menggeber sistem kerja smartphone agar lebih powerfull. Dihadirkan juga layar luas berukuran 6.22 inci, dengan tampilan super jernih dan padat. Semakin penasaran apa saja keunggulan Vivo Y83 Pro ? Simak review Vivo Y83 Pro beserta harga dan kekurangannya berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y83 Pro, Spek Tangguh Dukungan Memori RAM 4 GB

Kelebihan Vivo Y83 Pro
Sumber : digit.in

Desain Premium dengan Layar Full View Screen ditambah Konsep Poni/Notch

Vivo Y83 Pro hadir dengan mengusung tampilan desain tidak jauh beda dengan versi Originalnya. Menggunakan bahan material polycarbonat yang dipadukan dengan konsep poni atau notch display. Vivo Y83 Pro juga memiliki layar luas berukuran 6.22 inci dengan aspek ratio 19:9. Layar tersebut sudah didukung teknologi IPS LCD capacitive touchscreen dengan support warna 16M. Sayangnya, layar dengan luas sedemikian ini masih menggunakan resolusi cukup rendah yakni 720 x 1.520 piksel. Meski demikian, kualitas tampilan yang dihasilkan masih bagus. Vivo juga memberikan proteksi kaca anti gores dari Corning Gorilla Glass pada layar luasnya ini.

Mesin Tangguh MediaTek Helio P22 Octa-core dengan Dukungan RAM 4 GB

Masih dengan mesin yang sama seperti versi sebelumnya, Vivo Y83 Pro dijalankan oleh mesin Mediatek Helio P22. Mesin ini memiliki inti 8 alias Octa-core Cortex-A53 dan kecepatan 2.0 GHz. Untuk mendongkrak sistem kinerja lebih powerfull, Vivo menyematkan RAM sebesar 4 GB dan ROM 64 GB. Sementara untuk sistem operasi yang digunakan, dari Android 8.1 Oreo yang dilapisi UI Funtouch OS 4.0. Dengan hadirnya komponen-komponen tangguh ini, kebutuhan akan multitasking dan nge-game berat sekalipun akan tetap enteng tanpa ada hambatan lag. Memori internal yang disediakan dirasa kurang ? Bisa ditambahkan dengan microSD up to 256 GB.

Kamera Fotografi Unggulan, Siap Mengabadikan Memori Spesial dengan Kualitas Tinggi

Keunggulan Vivo Y83 Pro selanjutnya ada pada sektor kamera. Perangkat entry level ini memboyong kamera belakang dua buah dengan besar masing-masing 13 MP PDAF dan 2 MP depth sensor. Kamera belakang milik Vivo Y83 Pro ini sudah dilengkapi dengan fitur unggulan seperti LED flash, HDR, dan panorama. Ingin menciptakan hasil jepretan efek bokeh (background blur) ? Sangan bisa sekali dengan Vivo Y83 Pro. Sementara untuk memanjakan para pecinta selfie, dihadirkan kamera depan berukuran 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan fitur HDR tanpa LED flash.

Fitur Konektivitas Lengkap, Didukung Juga Sensor Fingerprint

Kebutuhan sharing data sangatlah penting, karena itu Vivo Y83 Pro dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas seperti WiFi, hotspot, A-GPS, microUSB, USB OTG. Sayangnya, fitur konektivitas yang cukup unggul yaitu NFC tidak ada pada smartphone ini. Vivo Y83 Pro ternyata juga dilengkapi dengan sensor fingerprint (rear-mounted) untuk memudahkan dalam membuka kunci layar.

Kapasitas Baterai 3.260 mAh, Siap Memanjakan Seharian Penuh

Untuk bisa menikmati segala keunggulan Vivo Y83 Pro, tentu harus didukung dengan daya baterai yang besar, agar bisa menyala cukup panjang. Vivo Y83 Pro dilengkapi dengan kapasitas baterai besar berkapasitas 3.260 mAh. Kapasitas baterai sedemikian besar tersebut, siap memanjakan pengguna seharian penuh dengan pemakaian normal. Sayangnya, baterai ini tidak dapat dilepas alias non-removable dan tidak didukung juga oleh teknologi fast charging. Jadi, akan membutuhkan waktu cukup lama untuk melakukan isi daya.

Spesifikasi Vivo Y83 Pro

JARINGAN
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
BODY
Dimensi 155.2 x 75.2 x 7.7 mm (6.11 x 2.96 x 0.30 in)
Berat 152 g (5.36 oz)
Bahan  –
LAYAR
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 6.22 inches, 96.6 cm2 (~82.7% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density)
Proteksi Corning Gorilla Glass (unspecified version)
PLATFORM
OS Android 8.1 (Oreo) – Funtouch OS 4.0
Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
MEMORI
Internal 64 GB, 4 GB RAM
Card Slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
KAMERA
Kamera Belakang 13 MP, f/2.2, PDAF
2 MP, f/2.4, depth sensor
Fitur
LED flash, HDR, panorama
Video [email protected]
Kamera Depan 8 MP, f/2.2
DATA
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
FITUR
Fitur Tambahan Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAI
Tipe Non-removable Li-Ion 3260 mAh
WARNA
Warna Nebula Purple, Black, Gold
Disclaimer : Kami tidak dapat menjamin bahwa spesifikasi diatas adalah 100% benar.

 

KESIMPULAN

Vivo Y83 Pro memiliki keunggulan yang cukup banyak. Jika diperhatikan seksama, perangkat ini sangat identik dengan varsi originalnya. Bedanya hanya pada kamera belakang, dimana versi originalnya hanya mengusung single kamera sebesar 13 MP, sementara pada versi “Pro” ini mengusung dual kamera belakang yakni 13 MP dan 2 MP. Soal harga Vivo Y83 Pro, kabarnya perangkat ini akan dibandrol pada angka Rp. 2.8 jutaan. Bagaimana menurut kalian ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *