HP Xiaomi Terbaru Mi A2
Sumber : cbsistatic.com

Kelebihan Xiaomi Mi A2, HP Android One Tenaga Snapdragon 660

Posted on

GihPhone.com – Belum cukup lama, Xiaomi sudah dikabarkan merilis perangkat ponsel pintar baru lagi, yang masih tergabung dalam progam Android One. Ya, kerja sama antara Xiaomi dan Google. Ini adalah perangkat Android One selanjutnya yang sudah pernah diluncurkan Xiaomi. Awalnya mereka telah berhasil dengan Xiaomi Mi A1, dan kali ini telah dirilis smartphone baru lagi yaitu Xiaomi Mi A2.

Tentu saja ada kelebihan sendiri dengan bergabungnya pada Android One. Jika pada smartphone Xiaomi biasanya cukup lama mendapatkan update MIUI dengan sistem baru, maka tidak lagi pada progam Android One ini. Perangkat akan mendapatkan update yang sangat cepat. Penasaran dengan apa saja kelebihan Xiaomi Mi A2 ini ? Simak ulasan berikut ini :

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2 (Mi 6X)

Layar Terbentang Luas Beresolusi Full HD

Keunggulan Xiaomi Mi A2 yang pertama adalah pada sisi layar. Tentu ini sudah sangat jelas dipandang tampak mata. Ya, smartphone satu ini membawa layar seluas 5,99 inci, dengan aspek ration 18:9 tanpa adanya poni. Bisa dikatakan layar penuh atau Full View. Resolusi yang dimilikinya cukup tinggi yakni Full HD 2.160 x 1.080 piksel, lengkap dengan dukungan teknologi IPC LCD. Soal tampilan, tidak bisa diragukan lagi, pastinya menghasilkan tampilan sangat baik.

Mesin Garang dari Snapdragon 660 Octa-core

Kelebihan Xiaomi Mi A2 selanjutnya ada pada mesin jerohan. Perangkat satu ini mengandalkan mesin chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core dengan proses teknologi 14nm. Untuk mendukung kinerja yang sempurna, dihadirkan memori RAM besar. Ada tiga varian yang bisa dipilih yaitu satu dengan varian RAM 4 GB  ROM 32 GB, RAM 4 GB ROM 64 GB, dan satu lagi RAM 6 GB ROM 128 GB. Ketiga varian sama-sama dibekali dengan pengolah grafis Areno 512.

Dual Kamera Belakang 12 MP + 20 MP

Kamera dual yang disematkan pada sisi belakang smartphone nampaknya sudah menjadi tren masa kini. Xiaomi Mi A2 pun tak kalah ketinggalan. Perangkat satu ini juga dibekali dual kamera belakang sebesar 12 MP + 20 MP lengkap dengan fitur PDAF dan LED flash. Dengan adanya dual kamera ini, tentu menghasilkan foto berefek bokeh (background blur) dapat dilakukan dengan sangat baik.

Kamera Selfie 20 MP AI (Artificial Intellegence)

Untuk memanjakan para pecinta selfie, Xiaomi Mi A2 dilengkapi dengan kamera depan sebesar 20 MP. Ya, aktivitas foto selfie, vlog, video call memang sudah menjadi tren sekarang, karena itu memiliki smartphone dengan kamera depan besar adalah suatu kebutuhan. Kamera depan milik Xiaomi Mi A2 ini mampu menghasikan kualitas bidikan yang bagus, apalagi didukung dengan teknologi Ai (Artivicial Intellegence). Jadi, hasil foto blur tidak akan terjadi disini.

Android Murni dan Mendapatkan Update Terdepan

Jika pada smartphone Xiaomi lainnya menggunakan MIUI, pada Xiaomi Mi A2 ini murni menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Ini tentu memiliki keunggulan yang cukup signifikan. Karena, dari sebagian mereka mengemukakan jika MIUI sangat berat dan boros di RAM. Nah, Android murni ini tentu tidak demikian. Sistem operasi ini memiliki kecepatan yang bagus dan sangat ringan. Bahkan, Google telah menjamin update sistem operasi Android terbaru akan lebih duluan jika dibangingkan dengan produk dari perusahaan lainnya.

Fitur Keamanan Fingerpirnt Sensors dan Face Unlock

Jika pada smartphone Xiaomi sebelum-sebelumnya hanya memiliki fitur keamanan fingerprint sensor, maka pada Xiaomi Mi A2 ini lebih ditingkatkan lagi yakni diberi tambahan face unlock. Dimana sistem keamanan yang menggunakan wajah. Dengan adanya fitur ini, keamanan smartphone akan lebih unggul, dan kebutuhan membuka homescreen tidak terlalu ribet-ribet lagi.

Spesifikasi Xiaomi Mi A2 (Mi 6X)

JARINGAN
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
BODY
Dimensi 158.7 x 75.4 x 7.3 mm (6.25 x 2.97 x 0.29 in)
Berat 166 g (5.86 oz)
Bahan Front glass, aluminum body
LAYAR
Tipe LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.99 inches, 92.6 cm2 (~77.4% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~403 ppi density)
Proteksi  –
PLATFORM
OS Android 8.1 (Oreo); Android One
Chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660
CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
GPU Adreno 512
MEMORI
RAM 6 GB / 4 GB
ROM 128 GB / 32/64 GB
KAMERA
Kamera Belakang 12 MP, f/1.8, 1/2.9″, 1.25µm
20 MP, f/1.8, 1/2.8″, 1.0µm, PDAF
Fitur
Dual-LED flash, HDR, panorama
Video [email protected], [email protected] (gyro-EIS), [email protected]
Kamera Depan 20 MP, f/2.2, 1/2.8″, 1.0µm
DATA
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
FITUR
Fitur Tambahan Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, Charging 5V/2A 10W (Quick Charge 3.0)
BATERAI
Tipe Non-removable Li-Po 3000 mAh
WARNA
Warna Black, Gold, Blue, Red, Rose Gold
Disclaimer : Kami tidak dapat menjamin bahwa spesifikasi diatas adalah 100% benar.

 

KESIMPULAN

Xiaomi Mi A2 memang dapat diacungi jempol. Apalagi perangkat ini adalah hasil kerja sama antara Xiaomi dan Google yang disebut Android One. Layar luas, mesin garang, dan memori RAM besar tentu menjadi nilai plus sendiri. Terlebih, Google menjadi update sistem operasi lebih terdahulu. Namun, ada beberapa kekurangan Xiaomi Mi A2 yaitu tidak adanya port microSD, artinya tidak dapat ditambahkan dengan memori eksternal. Xiaomi Mi A2 juga tidak didukung NFC dan port jack audio. Soal harga Xiaomi Mi A2 juga cukup mahal, varian RAM 4 GB dan ROM 32 GB dibandrol 4,2 jutaan, varian RAM 4 GB dan ROM 6 GB dibandrol 4,7 jutaan, dan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB dibandrol 5,9 jutaan. Bagaimana pendapat Anda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *